Ketika mendengar kata Indramayu, mungkin anda kenal yakni salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat. Indramayu ini mendapat julukan Indramayu Kota Mangga karena memang memiliki buah mangga yang sangat khas dan merupakan daerah penghasil buah mangga terbesar di Indonesia. Jika masyarakat ke Indramayu pasti yang dicari-cari adalah buah mangganya karena memang sangat terkenal mangga dari Indramayu.

Tetapi di balik itu semuanya sebenarnya Indramayu ini selain memiliki buah mangga sebagai ciri khasnya juga memiliki berbagai keindahan alam yang sebenarnya sangat indah, unik, dan menjadi ciri khas namun mungkin kedengarannya sangat asing bagi telinga masyarakat Indonesia apalagi wisatawan Mancanegara mungkin tidak kenal dengan nama Indramayu.

Indramayu ini sejatinya juga bisa disebut sebagai Indramayu Kota Wisata karena dengan unik dan indahnya destinasi wisata alam dan kuliner yang ada di Kabupaten Indramayu, namun yang menjadi pertanyaan mengapa tidak banyak masyarakat yang kenal dengan destinasi wisata alam yang ada di Indramayu?

Hal ini sudah menjadi ironi bagi pemerintah kabupaten Indramayu karena dengan semakin populernya pariwisata daerah lainnya di Jawa Barat, indramayu semakin tenggelam akan zona wisatanya.

Kekayaan alam di Indramayu salah satunya dan yang paling terkenal adalah Hutan Magrove yang berada di Pantai Karangsong. Di sini anda bisa menikmati keindahan dan asrinya Hutan Magrove yang berada di pesisir Pantai Karangsong yang ada di Indramayu.

Di wilayah Pulau Jawa sendiri mungkin sangat jarang daerah yang memiliki destinasi wisata hutan mangrove karena memang biasanya Hutan Mangrove ini sering berada di wilayah luar pulau jawa seperti Kalimantan, Sumatera, dan wilayah sekitarnya.

Meskipun dinilai sebagai sumber pariwisata yang sangat langka yang ada di Indramayu, namun kepopuleran Hutan Mangrove Pantai Karangsong ini tersendiri masih kalah  jika dibandingkan dengan Kawasan Puncak Bogor maupun kawasan Green Canyon yang ada di Pangandaran.

Inilah yang sangat mengherankan, padahal biasanya destinasi wisata yang sangat langka mampu menyedot perhatian para wisatawan lebih tinggi, namun mengapa banyak yang memilik untung berwisata di Pangandaran, Bandung, atau Bogor dibandingkan ke Indramayu?

Hal ini sudah dipikirkan oleh pemerintah kabupaten Indramayu sejak beberapa tahun yang lalu. Pemda Indramayu menyadari bahwa ada kesalahan pengelolaan dari beberapa destinasi wisata yang ada di Indramayu. Kesalahan tersebut bersifat Internal dan Eksternal.

Kesalahan internalnya adalah kurangnya dukungan dari pemerintah untuk mengelola dan lebih mengeksplorasi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indramayu. Selain itu ada pula faktor eksternal yakni tentang kalahnya pariwisata Indramayu dibandingkan dengan pariwisata di daerah lainnya di Jawa Barat.

Maka dari itu akhir-akhir ini pemerintah kabupaten Indramayu lebih giat untuk mengeksplorasi semua destinasi wisata yang ada di sana agar sektor pariwisata dari kabupaten Indramayu lebih dikenal masyarakat luas dan mungkin bisa menambah banyaknya destinasi wisata di wilayah Jawa Barat terutama di Pantai Utara Jawa karena sejauh ini wilayah Pantai Utara Jawa belum ada yang terkenal dengan sektor pariwisatanya dan masih kalah dengan Jawa bagian selatan.