Bacaan bismillah memiliki keutamaan yang luar biasa dalam kehidupan seorang muslim. Lafal bismillah berupa bismillahirrahmanirrahim juga menjadi awal dari setiap penciptaan. 

Di dalam bacaan bismillah terdapat keberkahan dalam setiap kebaikan yang dilakukan. Bahkan Malaikat Jibril mengucapkan bismillah sebagai bentuk memuliakan Allah SWT. 

Rasulullah SAW bersabda, “Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkannya dan diberikan kepadaku adalah kata bismillahirrahmanirrahim (Daarulquthni serta Ibnu Umar). 

Betapa mulianya bacaan bismillah dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan sangat dianjurkan untuk mengucapkan bismillah sebelum mulai melakukan aktifitas yang membawa kebaikan. 

Sesuai dengan sabda Rasullullah SAW, Barang siapa yang saat keluar dari rumahnya mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka engkau telah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT telah pula dicukupkan kebutuhanmu, 

dan jika telah telah diberi perlindungan dan penjaganya maka godaan setanpun akan menyingkir.” (HR. Abu dawud Turmudzi dan Nasa’i). Karena bukan hanya kita, semua makhluk yang ada di bumi ternyata juga senantiasa mengucapkan bismillah

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim dengan penuh keikhlasan dan keyakinan karena Allah SWT, maka gunung gunung yang ada didekatmu akan bertasbih namun sayangnya tak seorangpun yang bisa mendengarnya”. 

A. Implementasinya Makna Bismillah

Menurut penafsiran dari Tafsir Misbah karya Quraish Syihab, makna bismillah biasa diterjemahkan dengan nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. 

Jika ada kalimat yang terdapat kata "dengan", mestinya harus memiliki kata sisipan sebagai penyempurna. Misalnya, "(Saya datang) dengan si A yang gagah berani". 

Lalu, apa maksud kata "dengan" dari terjemahan "bismillahirrahmanirrahiim" ?, Ulama-ulama berpendapat bahwa perlu adanya kata sisipan. Salah satunya ulama ada yang berkata bahwa sisipan makna dari "bi" tersebut yakni "Saya mulai pekerjaan saya ini, dengan...". 

Ada juga yang mengatakan terjemahan ini, bisa disisipkan dengan kuasa atau pertolongan Allah. Maka menjadi dengan kuasa atau pertolongan Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Pemaknaan seperti ini, jika diterapkan dalam segala hal aktifitas kita, tentu kuasa dan pertolongan Allah akan tertanam di dalam hati bahwa manusia adalah makhluk yang lemah. Manusia tidak bisa melakukan sesuatu, kecuali dengan pertolongan dan kuasa Allah. 

Contohnya, ketika akan membaca sesuatu, dan berharap bacaannya tidak hanya bisa dipahami, namun juga mendapatkan ganjaran yang kekal. Maka sebelum membaca buku tersebut bisa dimulai dengan "bismillah" dan berharap diberikannya ganjaran yang kekal di akhirat. 

Selanjutnya, ada kata Ar-Rahman dan Ar-Rahiim yang terdapat dalam surat. Penafsiran kata Ar-Rahman yang berarti pelimpah kasih kepada seluruh makhluk baik mukmin maupun tidak, binatang, bahkan tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan kata Ar-Rahiim yang berarti pelimpah rahmat di akhirat kelak. Sehingga, pemaknaan lengkap dari bismillah yakni, "Saya memulai segala aktifitas dengan menyebut nama Allah yang melimpahkan kasih kepada seluruh makhluk dan melimpahkan rahmat di akhirat kelak.".

B. Keutamaan Membaca Bismillah

Dalam melakukan aktifitas, sangat dianjurkan untuk mengamalkan bacaan bismillah. Selain memberikan keberkahan didalamnya, membaca bismillah juga memiliki keutamaan lain, diantaranya:

1. Sebagai Pembatas dengan Setan

Setan selalu berusaha menggoda manusia untuk berperilaku menyimpang dari jalan kebenaran. Sehingga membaca bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. 

Dengan begitu setan tidak akan bisa mengganggu setiap aktifitas baik yang akan dilakukan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan "bismillahirrahmanirrahim", amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib). 

2. Melindungi Diri Saat Tidur
Salah satu keistimewaan dari bacaan bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang dari Imam Ahmadas-Syowi dalam kitabnya “ kasyifatusaja”. 

Yang bunyinya sebagai berikut : “ Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya”.

3. Mencegah dari Musibah

Allah SWT yang Maha Menguasai segala sesuatu. Dan Allah yang berkehendak atas setiap takdir bagi umat manusia. Maka hanya kepada-Nya seharusnya kita sebagai makhluk senantiasa memohon pertolongan dan perlindungan.

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’’ Ali kemudian mengiyakan. 

Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim, niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi). 

4Sunnah sebelum Beribadah

Membaca bismillah adalah sunnah bagi seorang muslim untuk membuka banyak ibadah. Termasuk wudhu, mencuci, dan tayamum.

5. Sebagai Dzikir

Juga telah disyariatkan dalam semua kondisi manusia seperti berdiri, duduk, makan, membaca Al-Quran, dan lain-lain agar orang tersebut tetap berdzikir (mengingat) kepada Allah SWT. Memohon keikhlasan kepada-Nya dalam segala perbuatannya, dan untuk meminta berkah.