Istilah ikan hias pasti tidak asing terdengar bagi semua orang, terutama di kalangan penghobi ikan hias.

Ikan hias merupakan jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut. Tujuan memelihara ikan hias bukan untuk di konsumsi melainkan untuk memperindah ruangan.

Bagi semua orang mungkin tidak asing melihat ikan jenis arwana, lauhan, cupang, bahkan ikan hiu dipelihara di dalam aquarium, tapi pernahkah Anda melihat ikan gabus dipelihara di dalam aquarium? Pasti masih sangat jarang kan?

Ikan gabus atau ikan kutuk merupakan sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan rasanya yang sangat lezat, kaya protein, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ikan gabus dipercaya dapat mengobati luka dan memulihkan cedera.

Selain untuk dikonsumsi, ternyata ikan gabus banyak digemari orang karena keindahannya lho. Ikan gabus yang dimaksud adalah jenis ikan gabus hias atau biasa disebut sebagai ikan chana/snakehead.

Ikan channa atau yang disebut dengan snakehead emperor merupakan ikan gabus hias dengan bentuk kepala yang menyerupai ular. Berbeda dengan ikan gabus pada umumnya, ikan channa memiliki corak tubuh yang unik sehingga tak heran jika ikan ini sangat digemari oleh para pecinta ikan hias.

Habitat ikan channa tersebar luas di wilayah nusantara hingga mancanegara. Ikan gabus hias ini memiliki corak unik dan indah di badannya serta memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda pada setiap daerah atau lokalitinya. Corak dari ikan channa yang indah dan unik membuat harga ikan ini cenderung mahal di pasaran.

Pernahkah anda melihat ikan gabus berwarna merah? Sungguh mengerikan bukan? Ya, yang dimaksud ini adalah ikan gabus dari Kalimantan yaitu channa marulioides.

Channa marulioides merupakan salah satu ikan gabus asli Indonesia, lebih tepatnya dari Kalimantan. Ikan dari kepulauan Borneo ini memiliki warna merah pada tubuhnya. Selain warna merah ada juga yang berwarna oranye kekuningan.

Selain warnanya yang indah Channa Marulioides memiliki corak berwarna putih pada setiap ujung sisik di bagian badan yang disebut dengan bunga. Tidak sampai disitu saja keindahannya, matanya yang berwarna merah tentu membuat ikan ini terlihat sangat keren bukan?

Berbicara tentang badan, ukuran ikan Channa Marulioides dapat tumbuh dengan Panjang maksimal hingga 60cm. Wah lumayan besar juga yaa.

Keindahan corak dan warna dari ikan Channa Marulioides yang memukau serta bentuk tubuhnya yang aduhai membuat ikan ini sangat digemari oleh penghobi ikan hias di Indonesia bahkan mancanegara.

Selain di Indonesia, ternyata di negara India atau yang sering disebut sebagai negri Vrindavan juga mempunya jenis ikan gabus hias yang sangat eksotis loh.

Ikan gabus dari india ini disebut dengan Channa Aurantimaculata. Pesona ikan Channa Aurantimaculata yang sangat indah serta corak yang elok di badannya membuat ikan gabus ini sangat digemari bahkan menjadi populer di dunia.

Channa Aurantimaculata mempunyai corak berwarna biru di siripnya dan corak berwarna oranye di badannya. Selain keelokan corak dan warnanya, Channa Auranti memiliki sifat yang tempramen dan sangat agresif.

Keelokan corak dan warna serta sifat yang tempramen membuat harga ikan ini relatif tinggi. Di Indonesia Ikan Channa Aurantimaculata tergolong kedalam jenis ikan mewah.

Meski tergolong ikan yang elit, ternyata Channa Aurantimaculata tidak membutuhkan perawatan yang istimewa karena ikan Channa Aurantimaculata dapat hidup dalam suhu dan kadar ph air yang ada di Indonesia. Tentu sangat menarik bukan?

Ukuran maksimal Channa Auranti dapat mencapai Panjang hingga 50cm yang tentunya sangat cocok untuk dijadikan display di ruang tamu anda.

Selanjutnya ada ikan gabus dari negara China yang sering disebut sebagai negri tirai bambu. Ikan gabus hias dari China disebut dengan Channa Asiatica.

Channa Asiatica adalah jenis ikan channa yang paling unik karena bentuk tubuhnya yang cenderung panjang bahkan hampir menyerupai ular. Channa Asiatica mempunyai kelebihan pada siripnya yang bisa tumbuh tinggi bahkan dapat 3 kali lipat dari badannya. Maka dari itu sebagian orang menyebutnya sebagai “Kupu-kupu di dalam air”.

Channa Asiatica ini cukup populer karena memiliki kombinasi warna yang berbeda, yaitu hitam, kuning, dan merah. Ikan ini mempunyai corak dengan bintik yang membuat tampilannya menjadi cantik. Oleh karena ikan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghias ruangan.

Channa Asiatica dapat tumbuh dengan ukuran maksimal 40cm. Channa Asiatica juga merupakan ikan channa yang paling agresif diantara yang lainnya. Ikan Channa ini juga suka lompat sehingga diperlukan tutup jika ingin memelihara di aquarium. Tentu akan sangat sedih bukan jika ikan kesayangan terjun bebas ke darat dan mati?

Ternyata ikan gabus yang ada di dunia sangat banyak dan beragam, mulai dari corak, bentuk hingga warnanya. Ada ikan gabus konsumsi ada pula ikan gabus hias. Setelah membaca artikel di atas apakah kamu berniat untuk memelihara? Cobalah dan rasakan sensasinya!!!