"Seorang gadis datang menyelamatkan dinasti, menjadi pemimpin dari sepasukan pemberani."

Cerita Hua Mulan yang diangkat Disney ternyata satu dari sekian versi cerita rakyat China yang berkembang. Ada versi lain di mana Mulan dikisahkan berakhir tragis dengan mati bunuh diri. Alkisah setelah pulang ke desanya tak ada satu pun orang yang mempercayainya sedangkan ayahnya yang sangat dia sayangi sudah lama meninggal. 

Tapi banyak versi lain yang juga berkembang seperti Mulan yang akhirnya diangkat menjadi jenderal dan pulang menemui keluarganya. Penyamarannya sebagai prajurit lelaki baru ketahuan setelah Marsekal He, pemimpin tertinggi tentara dinasti menemui ayahnya untuk mencari Mulan, sang jenderal muda yang ingin dinikahkan dengan anak gadisnya.

Dari banyak versi cerita Mulan, agaknya sangat wajar ketika kisah-kisah legenda heroik berbau dinasti selalu identik dengan cerita epik yang luar biasa. Namun, demoralisasi dengan akhiran buruk sering kali muncul dengan tujuan politis oleh dinasti berikutnya.

Setidaknya cerita Hua Mulan yang diangkat versi disney sudah mewakili representasi resmi dari tafsir pemerintah China, yang mengangkat kembali Hua Mulan sebagai simbol keberanian dan dedikasi perempuan pada negerinya.

Pemerintah China mengabaikan dua kritik publik menyangkut film ini. Pertama, ucapan terima kasih untuk otoritas Xinjiang di mana pengambilan gambar dilakukan.

Kedua, kritik internasional menyangkut suara pembelaan Liu Yifei terhadap kekerasan untuk memadamkan demonstrasi di Hongkong pada twitternya setahun lalu.

Keduanya dibela penuh oleh juru bicara kementerian luar negeri China, bahkan pemerintah China melarang pemberitaan negatif terkait film ini

Terlepas dari aroma politik terkait perkembangan politik China, film ini agaknya sengaja dibuat untuk memadukan suara kaum perempuan sekaligus menggaet pasar China.

Disney bersaing ketat dengan Universal, Sony, Paramount, Waner Bross, Columbia Pictures, dan lain-lain untuk memperebutkan pasar hiburan di China yang merupakan pasar terbesar di dunia di luar AS. Mereka berusaha keras mengajak mitra-mitra potensial seperti alibaba, wanda group, shanghai film, dll.

Cerita Mulan versi disney menceritakan Mulan anak seorang mantan prajurit yang berjasa. Namun, sang ayah yang sudah terlalu tua untuk mengikuti perang berikutnya. Mulan pergi diam-diam di malam hari untuk menggantikan ayahnya ke medan perang.

Kisah lain tentang Mulan menceritakan ayahnya adalah jenderal yang sudah tua ketika hendak berangkat Mulan melarangnya dan menantangnya dengan perjanjian kalau dia bisa mengalahkan ayahnya, maka Mulan yang akan menyamar menjadi prajurit ke medan perang sehingga kepergian Mulan sepengetahuan ayahnya.

Yang tak berbeda, Mulan diceritakan berhasil menumpas musuh dari utara, bangsa nomaden dari mongol, yang dipimpin Boris Khan. Ia lalu menyelamatkan kaisar dinasti tang.

Di akhir kisah seperti di atas diceritakan beda, Mulan versi film diangkat menjadi pengawal istana setelah berhasil menyelamatkan kaisar, meski ia menolak namun kembali diundang oleh jenderal Tung yang mengenal baik ayahnya untuk kembali menerima mandat sebagai pemimpin prajurit khusus pengawal kaisar.

Perempuan-Perempuan di Balik Takhta Kuasa Dunia

Di luar cerita Mulan, ada hal yang menarik dalam politik dunia menyangkut kehadiran perempuan di balik dinasti. Ada tiga pemimpin dunia yang sangat atraktif dan ketiganya punya putri perempuan. Tentu, bukan mustahil mereka dipersiapkan untuk menjadi pemimpin berikutnya untuk meneruskan dinasti politik ayahnya.

Pertama, Ivanka Trump. Ia sekarang menjadi penasihat resmi kebijakan luar negeri ayahnya. Ivanka yang juga model dan pengusaha ini bahkan rumornya ikut menentukan banyak kebijakan strategis di gedung putih. Ia dan suaminya terlibat dalam banyak pembicaraan resmi Trump dengan beberapa kepala negara.

Yang kedua, Xi Mingze, putri satu-satunya presiden Xi Jinping. Ia misterius karena pemberitaan tentangnya dibatasi. Namun, ia juga sosok yang terdidik lulusan Harvard University, terlibat dalam bisnis yang kabarnya di dunia fashion.

Selain itu, dia juga aktif dalam kegiatan volunter di China. Belum ada kabar ia aktif atau tidak aktif di PKC, tapi kabar yang terdengar Xi Jinping justru mempersiapkan Hu Hefei, putra Hu Jintao utk menjadi penggantinya.

Yang ketiga, dua putri presiden Rusia, Vladamir Putin, Mariya (masha) dan Yakaterina (katya), dua-duanya menekuni science. Masha seorang ahli biologi genetika yang didukung penuh oleh sang ayah dalam riset-risetnya.

Sedangkan adiknya, Katya, mengembangkan riset artifisial intelegence. Bahkan beberapa media menyebutkan risetnya dikawal penuh oleh mantan agen senior KGB yang khusus ditugaskan ayahnya sebagai pendamping riset untuknya.

Dari ketiganya, hanya Ivanka yang banyak muncul ke publik sedangkan putri Xi dan Putin justru ditutupi sedmikian rupa dari publik. 

Akankah mereka menjadi sosok Hua Mulan bagi negaranya? Sebagai perempuan yang datang memimpin negerinya dan menyelamatkan dinasti politik keluarganya, tentu menarik, karena ketiga negeri itu, di era modern, tak pernah sekalipun dipimpin seorang perempuan.