Pengumuman
5 bulan lalu · 15638 view · 1 menit baca · Info 49484_14710.jpg

Kami Membayar Tulisan Anda

Apakah penulis Qureta dibayar? Berapa honor menulis di Qureta? Ini adalah pertanyaan yang sering kami dengar dari para penulis dan calon penulis Qureta. 

Sejak awal, Qureta diniatkan sebagai media komunitas untuk pembelajaran menulis. Kami menyasar para mahasiswa dan penulis pemula yang ingin menerbitkan tulisannya. Karenanya, sejak awal Qureta tidak memberlakukan sistem honorarium bagi penulisnya.

Namun, dalam perkembangannya, tak hanya penulis pemula yang ikut berkontribusi di media ini. Penulis-penulis besar, bahkan novelis terkenal, turut mengirimkan dan menerbitkan tulisan mereka di sini. Dampaknya, penulis-penulis lain yang profesional dan semi-profesional ikut berkontribusi. Lalu, muncullah pertanyaan-pertanyaan soal honorarium itu.

Bagi media mainstream seperti Kompas, Tempo, dan Media Indonesia, pemberian fee kepada para penulis adalah sesuatu yang lumrah. Begitulah aturan main yang berlaku dalam industri media konvensional pada umumnya. 

Tapi bagi media baru, khususnya media berbasis pengguna (user generated content), pembayaran atau honorarium tak pernah dikenal. Orang menulis di platform UGC bukan karena ingin dibayar, tapi karena mereka semata-mata ingin menerbitkan tulisannya.

Namun, tren ini mulai berubah. Pada 2017, Medium.com, media UGC terbesar di dunia, mulai memberlakukan sistem fee bagi penulisnya dengan cara memasang algoritma tertentu berdasarkan clap (tepukan tangan) pada setiap artikel. Sistem pembayaran ini menuai kontroversi karena dianggap menguntungkan penulis tertentu dan merugikan penulis lain. Medium meresponsnya dengan terus berusaha memperbaiki sistem mereka.

Qureta ingin mencobanya, bukan dengan sistem clapping yang kompleks seperti Medium, tapi dengan sistem view yang kami kembangkan. Qureta akan memberikan honorarium kepada para penulis yang artikelnya telah mencapai 5.000 view.

Redaksi akan menentukan jumlah honorarium, dengan mempertimbangkan kualitas sebuah tulisan dan bagaimana tulisan itu direspons pembaca. 

Mengapa 5.000 view? Ini adalah angka fairness dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Salah satunya adalah soal kediterimaan artikel oleh pembaca. Rata-rata artikel populer yang menjadi trending di Qureta mendapatkan 5.000 view atau lebih.

Ketentuan ini mulai berlaku sejak 1 Desember 2018. Dengan demikian, artikel-artikel lama yang terbit sebelum tanggal itu tidak termasuk dalam ketentuan ini. Jika ada perkembangan baru, kami akan menginformasikannya lebih lanjut di website ini.

Salam hangat dan teruslah menulis.

Artikel Terkait