Akhir-akhir ini YouTube menjadi platform yang cukup diminati semua kalangan usia, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Seperti yang kita tahu, banyak sekali artis-artis tanah air beralih dari media mainstream ke kanal YouTube.

Mungkin bagi mereka, selain YouTube sebagai media yang cukup mudah digunakan, penghasilan dari YouTube pun menjanjikan. Saya termasuk orang yang sering melihat dan menikmati youtube-youtube artis tanah air. Terutama kanal youtube yang berisi konten menghibur, meskipun konten-konten itu terkadang berisi gimik yang dikemas secara menarik. Sehingga menjadikan penonton semakin penasaran.

Pada tulisan ini saya mengambil salah contoh kanal youtube artis tanah air yang berisi gimik-gimik yang menghibur. Youtube Andre Taulany atau yang lebih familiar kita kenal dengan sebutan Taulany TV. 

Beberapa hari ini saya menikmati konten-konten yang dibuat Andre Taulany, meskipun bagi saya konten yang dibuat identik dengan gimik-gimiknya. Andre Taulany selalu membuat konten yang menjadikan penonton penasaran, sehingga penonton selalu menanti konten-konten selanjutnya.

Secara tidak disadari konten Andre Taulany mampu membius penonton sehingga larut dan terbawa suasana. Seolah-olah peristiwa yang terjadi di konten-konten Andre Taulany terlihat nyata.

Gimik Andre Taulany dengan mobil wewahnya

Konten terbaru Andre Taulany yang beberapa hari tayang di kanal youtubenya saat bersama keluarga Anang Hermansyah dan Asyanti.

Dalam konten tersebut Andre Taulany sedang membawa mobil Tesla berwarna merah yang dijadikan sebagai DP (Down Payment) rumah Anang Hermansyah. Seminggu sebelumnya dalam konten youtube Andre Taulany. Andre mendatangi rumah artis papan atas Raffi Ahmad. Dalam perbincangannya pun seputar penawaran mobil baru.

Itulah Andre Taulany dengan segudang mobil mewah yang dibuat gimik-gimik menarik untuk menghipnotis penonton sehingga terbawa suasana. Gimik sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah seni gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui "lawan peran”.

Awalnya memang istilah "gimmick" atau gimik ini digunakan di panggung teater seni peran. Peran antagonis dan protagonis dalam drama, film layar lebar dan sandiwara televisi sesungguhnya memang "disetting" sesuai dengan keinginan sang sutradara, itulah gimik.

Membuat gimik tidaklah mudah, perlu riset dan konsistensi yang tinggi. Ketika penonton merasa terbawa dalam suasana, saat itulah gimik kita berhasil.

Hiperealitas dan Gimik Andre Taulany

Menurut Baudrilland bahwa hiperealitas menciptakan satu kondisi yang di dalamnya kepalsuan berbaur dengan keaslian, masa lalu berbaur masa kini, fakta bersimpang siur dengan rekayasa, tanda melebur dengan realitas, dusta bersenyawa dengan kebenaran.

Inilah yang dimaksud sebagai gimik dari konten Andre Taulany. Seolah-olah apa yang dihadirkan di dalam konten-konten youtubenya adalah nyata, padahal hanyalah gimik semata.

Hal ini bertujuan untuk mendramatisasi sebuah peristiwa yang sedang ditonton masyarakat. Dramatisasi sebuah konten yang dihadirkan melalui alur yang penuh aksi dramatis merupakan skema yang dikendalikan oleh Andre Taulany sebagai penginisiasi konten. Sehingga penonton/masyarakat susah bagaimana membedakan yang nyata dari sekadar tontonan.

Pada akhirnya konten-konten yang mengandung gimik tidak memiliki realitas, yang ada hanyalah hiperealitas. Hiperealitas akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap kepalsuan yang berbaur keaslian bukan kenyataan.

Konten-konten inilah yang secara tidak disadari akan menghasilkan pola budaya masyarakat yang mudah meniru dengan apa yang dilihatnya dari sebuah konten di kanal Youtube Andre Taulany dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak dari Hiperialitas dan gimik sebuah konten youtube

Di era perkembangan teknologi yang begitu canggih, serta banyaknya media-media yang variatif. Para konten kreator mampu menjadikan realitas tidak hanya diceritakan, maupun direpresentasikan. Tetapi kini dapat direkayasa, dibuat dan disimulasi.

Konsep Baudrillard mengenai simulasi adalah tentang penciptaan kenyataan melalui model konseptual atau sesuatu yang berhubungan dengan “mitos” yang tidak dapat dilihat kebenarannya dalam kenyataan.

Kalau kita melihat bagaimana konten Andre yang berisi mobil-mobil mewah menjadikan penonton akan meniru bahkan bisa saja membeli mobil yang mirip dengan miliknya Andre Taulany. Hal ini sebagai bentuk eksistensi masyarakat agar terlihat gagah dan meniru gaya kehidupan artis.

Hiperealitas inilah yang membuat masyarakat terlihat berlebihan dalam pola mengonsumsi sesuatu yang tidak jelas manfaatnya. Mengonsumsi barang baru bukan lagi atas  dasar kebutuhan melainkan gaya hidup atas pengaruh tanda-tanda dari simulasi yang dibuat dalam sebuah konten youtube.

Dalam hal ini, masyarakat tidak sadar akan pengaruh simulasi dan tanda-tanda yang dipertontonkan dari sebuah konten di kanal Youtube Andre Taulany. Dengan gimik-gimik yang menarik, penonton akan terbius akan kepalsuan-kepalsuan sebuah peristiwa. Inilah dampak tersirat yang dialami masyarakat konsumtif di era modern ini.

Itulah Andre Taulany dengan konten yang penuh gimik-gimik menariknya. Mungkin sebagian fans dari Andre Taulany menolak kalau konten yang berisi mobil mewah hanya sekadar gimik. Hal itu sah-sah saja. Yang jelas saya hanya mencoba menganalis berdasarkan teori yang ada.

Entah itu gimik atau tidak? Hanya Andre Taulany dan Tuhan yang tahu….