Dalam lingkungan sosial, kentut di tempat umum merupakan tindakan yang tidak sopan, Sehingga kita menahan kentut agar tidak mengeluarkannya. Namun, saat menahan kentut kita pasti merasakan hal yang tidak nyaman, ini dipengaruhi oleh akumulasi gas di dalam perut yang menimbulkan rasa mulas.

Biasanya saat kita ingin buang angin, malah muncul diwaktu yang tidak tepat. Untuk menghindari rasa malu, kita mehanan kentut yang cukup lama, sehingga kita tidak bisa leluasa dalam bergerak, dan  menghambat kita dalam beraktivitas.

Menahan kentut di depan umum, merupakan hal yang biasa. Karena, saat kita ketahuan buang angin oleh teman di sekeliling kita, secara otomatis sebagian orang merasa ilfil, lucu hingga menertawai kita. Inilah salah satu alasan kenapa kita sering menahan buang angin.

Kenapa kentut atau buang angin di anggap lucu?. Ini terbukti saat kita mengelurkan kentut ada yang merasa lucu bahkan menertawai kita dan menjadikan itu sebagai bahan lelucon. Apakah ada yang salah dengan kentut?

Anehnya, setiap seseorang kentut pasti menarik perhatian orang lain. Bukankah lebih baik jika kita buang angin, karena itu akan lebih baik bagi tubuh kita. Sehingga kita tidak perlu merasa risih untuk menahan kentut, atau menahan rasa sakit yang lain akibat menahan kentut.

Sesuatu yang baik seharusnya melekat kuat pada diri kita. dengan begitu kita akan mengerti tidak semua yang buruk berdampak negatif. Sama seperti kentut, walau kesannya tidak sopan  jika buang angin di depan umum, jika keadaannyan mendesak, sebaiknya lepaskan dari pada harus mendengar bunyi aneh dari perut kita.

Siapa yang belum pernah merasakan menahan kentut di depan umum. Sebahagian orang mungkin sudah pernah, akan tetapi ada juga sebagian orang yang memilih melepaskannya dibanding menahannya.

Sebenarnya, kentut merupakan hal yang alamiah, semua manusia pasti pernah merasakannya. Hanya saja budaya yang ada pada masyarakat membuat kita segan untuk buang angin disembarang tempat. Dan hal yang lebih parahnya lagi, apa bila kentut yang kita keluarkan mengeluarkan bunyi dan berbau.

Kentut yang berbau biasanya tidak berbunyi, dan juga kentut yang berbau itu disebabkan menahan gas yang terlalu lama, selain itu kentut merupakan gas yang terdiri dari 21% hidrogen, 7% metana, 9% nitrogen, 9% karbon dioksida, 4 % oksigen, dan 1% hidrogen sulfida yang menjadi alasan utama kentut berbau.

Buang angin di tempat umum memang dianggap perilaku tidak sopan, namun dampak dari menahan kentut yang terlalu lama dapat berdampak buruk bagi tubuh kita. Seperti, perut kembung, mulas, nafas menjadi bau, hingga gangguan pencernaan.

Selain itu, ada resiko lain yang lebih parah dari menahan baung angin. Yaitu, divertikula, yang  merupakan kondisi dimana menahan kentut dapat menyebabkan terbentuknya kantung di dinding usus besar. Walau sangat jarang, kantung ini bisa terinfeksi dan membuat kita butuh perhatin medis.

Sebenarnya, kentut berasal dari gas, yang dipengaruhi oleh penelanan udara yang terlalu banyak, atau makanan yang dapat menyebabkan gas secara berlebihan. Gas yang berlebihan terperangkap di usus, dan bergantung pada aktivitas motorik usus.

Sehingga gas yang menumpuk di usus secara berlebihan akan dikeluarkan melalui dua cara, pertama, ia akan dikeluarkan  melalui sendawa, dan kedua melalui kentut.

 Kentut yang dikeluarkan tubuh menimbulkan kelegaan pada diri kita. Dan kentut sendiri memiliki variasi tersendiri dengan tubuh orang seseorang, karena tubuh memiliki keunikan tersendiri dalam prosesnya.

Dalam frekuensi normal, kentut menandakan bahwa penceraan kita sehat, khususnya lagi pada gerakan peristaltik usus hingga keanus berjalan dengan normal. Jadi tidak ada salahnya jika kita melepaskan gas di sembarang tempat, asalkan bukan di keramaian yang dapat menganggu orang lain.

Kentut memang cukup sedikit menganggu, apa lagi jika kentut yang kita lepaskan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ada beberapa makanan yang mempengaruhi kentut yang kita keluarkan, seperti ubi jalar, kacang-kacangan, dan juga makanan yang berbahan dasar susu.

Selain dampak buruk dari menahan kentut, ada beberapa manfaat yang untuk tubuh kita saat kita mengeluarkan kentut. berikut manfaat kentut yang perlu kita ketahui :

Melegakan

Gas yang kita keluarkan secara otomatis tubuh kita akan kembali menjadi rileks. Hal ini karena, tubuh kita tak perlu lagi menahan sesah di perut karena menahan kentut serta menghilangkan sakit yang kita rrasakan.

Menjaga Kesehatan Usus Besar

Dengan alasan malu, kita memutuskan untuk menahan kentut tatkala berada di sekeliling orang. Jangan sampai kentut kita tahan karena perilaku seperti ini justru berpotensi mengganggu fungsi usus besar di kemudian hari.

Manfaat kentut untuk menjaga kesehatan usus besar ini tak lepas dari kentut itu sendiri yang merupakan reaksi alami dari tubuh untuk tetap menjaga kesehatan, terutama di bagian pencernaan seperti usus.

Menghilangkan Nyeri Perut

Akibat menahan kentut, biasanya akan menimbulkan sedikit masalah di bagian pencernaan kita. Ini disebabkan menahan apa yang seharusnya di keluarkan. masalah ini seperti kebung dan nyeri di bagian perut. Untuk menyebuhkannya, maka keluarkanlah gas yang ada pada lambung kita.

Menahan kentut untuk menghormati orang lain sebenarnya tidak salah, akan tetapi akan berdampak tidak baik bagi tubuh kita. Oleh karena itu jika kita ingin mengeluarkan gas yang berlebihan pada diri kita, hal terbak yang anda lakukan adalah menjauh dari keramaian dan carilah tempat terbuka.