Masa muda memang masa yang menyenangkan yah. Selain punya energi tanpa batas dan rasa ingin tahu yang membuncah yang membuat kita seringkali lupa pada waktu. Kita tidak mungkin selamanya muda terus, hidup berjalan, dan waktu bukan sesuatu yang bis akita hentikan seenaknya.

Banyak juga pemuda yang kemudian menyesali hidupnya baru setelah menyadari betapa banyak waktu yang terbuang percuma, pencapaian yang tidak seberapa. Memang benar kesalahan di masa muda bisa menjadi guru untuk hidup kita selanjutnya. Tetapi kalau bisa menghindari kesalahan tersebut mengapa tidak?

Jangan salah investasi pada hal-hal yang kurang tepat

Rentang usia 15 hingga 20-an adalah masa emas untuk memulai investasi. Tentu saja tidak melulu investasi uang. Tetapi lebih dari itu, investasikan waktu, pikiran, dan tenaga pada hal-hal positif yang mampu membantu kamu mengembangkan diri ke depannya.

Saat ini banyak sekali distraksi yang bisa membuang waktu kita percuma. Scroll screen handphone sambal kepoin social life-nya teman kita di feeds atau story misalnya. Kegiatan ini bisa menyita satu hingga beberapa jam. Jika tidak bisa memilah dengan baik, kegiatan ini menjadi mubazir percuma. Waktu terbuang begitu saja tanpa ada hal berfaedah yang ditimba.

Cobalah untuk sisihkan sedikit waktu untuk membentuk kebiasan baik yang berguna untuk masa depan kita. Misalnya menginvestasikan waktu untuk belajar skill tertentu, belajar memainkan alat music, membaca dan menulis review buku, belajar Bahasa asing, bercocok tanam, dan sebagainya. Apabila kita mampu menginvestasikan waktu, tenaga, dan pikiran kita untuk hal-hal yang tepat, maka kita akan mampu menciptakan self-branding yang baik. Orang-orang akan mengenal kita dengan bakat dan kemampuan yang kita miliki, Lisa yan jago design, Akbar yang pandai bermain gitar, Rike yang jago Bahasa Inggris dan Jepang, dan banyak lagi.

Silakan pilih hal baik apa yang ingin dikembangkan, lalu mulai investasikan waktu tenaga dan pikiran untuk membangun rutinitas pada hal-hal baik tersebut. Kalau sudah begini, kalian tidak akan menyesal ketika sudah berusia 30 tahun nanti, karena sudah punya bekal skill-skill beken yang mumpuni

Jangan takut untuk mencoba

Usia muda merupakan periode berharga untuk memcoba berbagai hal yang positif tentunya. Banyak kesempatan emas yang datang dan bagus untuk mengembangkan potensi, melebarkan jaringan, dan menambah pengalaman. Karena itu mencoba hal-hal baru patut untuk di coba.

Kebanyakan pemuda-pemudi sudah asyik dengan zona nyamannya. Sudah asyik menikmati kehidupan perkuliahan dan pertemanan yang itu-itu saja. Sudah nyaman bekerja sebagai karyawan dengan gaji UMR dan tidak mau ambil resiko. Ini adalah momentum anda untuk berkembang. Jangan hanya mengikuti arus yang monoton, sekolah-pulang atau kerja-pulang. Ambil kesempatan untuk mencoba hal baru.

Ikut kompetisi, ikut konferensi, bergabung dengan berbagai organisasi sosial sebagai volunteer, atau bahkan mencoba bisnis-bisnis baru. Jangan takut gagal, karena di usia muda kita masih punya banyak waktu. So try it!

Jangan Mudah Menyerah

Selagi masih mudah, jangan mudah menyerah kalau menemui kebuntuan atau gagal. Jadikan itu semua sebagai pengalaman dan belajarlah dari semua kegagalan itu. Jangan tergiur dengan kesuksesan instan seperti yang banyak bermunculan di media, kecuali emang kalian anak sultan.

Memang benar ada beberapa orang yang sudah sukses dan bebas secara finansial bahkan di usia yang sangat muda. Tetapi jumlahnya sangat sedikit! Jangan jadikan sebagai patokan masyarakat pada umumnya. Berusahalah sekuat tenaga selagi masih muda, bukan malah menghabiskan waktu untuk senang-senang semata.

Ketika mencoba berbagai hal baru, jangan menyerah ketika gagal atau tidak sesuai dengan target dan harapan. Coba evaluasi kembali proses yang dijalani, dan jadikan semua kegagalan sebagai pelajaran untuk bisa lebih baik ke depan. Ingat, bukankah banyak orang sukses di dunia berhasil menciptakan karya yang melegenda setelah gagal ratusan hingga ribuan kali?

Jangan kebanyakan target

Di era teknologi seperti ini, sosial media menjadi platform favorit untuk menyimpan berbagai hal-hal yang terlihat bagus. Dan buruknya, banyak dari kita yang feeling insecure karena kebanyak melirik kehidupan orang lain yang selalu terlihat “wah”. Melihat teman-teman kita dengan berbagai pencapaian seringnya membuat kita jadi ikut memiliki banyak target. Dari sekedar target menikah di usia tertentu, target memiliki kerjaan tertentu, memiliki rumah atau benda-benda tertentu.

Kebanyakan target membuat kita menjadi tidak fokus. Coba fokus pada beberapa target saja yang feasible untuk dicapai. Misal menargetkan selesai sekolah pada usia tertentu, menargetkan menulis buku atau menciptakan album lagu. Apapun itu, batasi target dalam beberapa list dan buat timeline yang jelas. Agar hidup lebih terarah dan fokus.

Ingat juga, jangan pernah iri dengki dengan pencapaian orang lain, karena kondisi setiap orang beda. Dan bisa jadi apa yang diprioritaskan setiap orang juga berbeda. Cukup fokus pada tujuan kita saja, dan kurangi stalking guys!

Hidup suka-suka dan tidak menjalani pola hidup sehat

Banyak yang beranggapan mumpung masih muda, jadi hidup sesukanya tanpa mengindahkan Kesehatan tubuh. Padahal pola hidup itu dibangun dengan kebiasan-kebiasan mulai dari masa muda. Beberapa contoh pola hidup yang tidak sehat seperti banyak begadang untuk hal-hal yang kurang faedah, makan dan minum junk food sepanjang hari, dan mager yang kebangetan sampai kurang olahraga.

Saat masih muda, memang efek di tubuh tidak begitu berasa. Tetapi semua kebiasaan tidak sehat itu akan terakumulasi tubuh dan memberi efek kemudian hari setelah usia 30 tahun! Jadi mulai perhatikan pola hidup kita saat ini kalau ingin tetap sehat bugar hingga usia lanjut! Biasakan bangun pagi, berolahraga secara teratur dan hidup aktif, kurang-kurangi fast food dan tambahkan menu sehat seperti buah dan sayur ke dalam menu harian. Yakinlah pola hidup sehat yang mulai rutin dilakukan sejak dini akan membuahkan hasil yang baik setelah usia 30 tahun.Kalau tidak, jangan kaget kalau tanda-tanda penuaan dini sudah mulai Nampak di early 30 yah!

Jadi, sebisa mungkin coba hindari kesalahan-kesalahan tersebut jika ingin hidup semakin baik dan sejahtera setelah usia 30 tahun. Bangun kebiasan baik sedini mungkin, manfaatkan waktu dan energi untuk banyak melakukan hal-hal positif , berani mengambil keputusan besar dan jangan takut gagal, plus jaga kesehatan dengan membangun pola hidup sehat sedini mungkin. Yakinlah, semua kebaikan yang ditanamkan sejak dini pasti akan berbuah manis. Hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha kita guys?.