Perlu kita ketahui bahwa mengelola finansial memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak sekali halangan dan rintangan yang harus dihadapi demi mendapatkan kestabilan dalam finansial. 

Kesalahan dalam mengelola finansial ini dapat dialami oleh semua rentang umur tanpa terkecuali. Kesulitan dalam mengatur keuangan dapat disebabkan oleh beberapa hal. 

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab dari gagalnya mengelola finansial adalah menghabiskan banyak uang untuk memenuhi gaya hidup. 

Gaya hidup yang melebihi pendapatan dapat membuat keadaan finansial menjadi tidak stabil. 

Gaya hidup yang seperti ini kemungkinan dapat terjadi karena pengaruh dari lingkungan sekitar yang memiliki gaya hidup tersebut. 

Lingkungan yang seperti ini justru lebih baik kita hindari, karena semakin lama kita berada di dalam lingkungan yang seperti itu maka semakin kita terbiasa dengan gaya hidup tersebut. 

Dampak buruknya adalah apabila sudah mulai terbiasa maka kita akan mulai menganggap bahwa hal tersebut adalah suatu hal yang lumrah dan pada akhirnya dapat berdampak buruk terhadap diri sendiri apabila kita tidak bijak dalam menyikapinya. 

Padahal setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda-beda dengan keadaan finansial yang berbeda-beda pula. 

Maka dari itu, sebaiknya hindari gaya hidup yang melebihi pendapatan ini. Pilihlah gaya hidup yang sekiranya sesuai dengan kantong serta tidak melebihi pendapatan. 

Akan lebih baik untuk memilih gaya hidup yang sesuai dengan apa yang kita mampu sehingga tidak perlu untuk memaksakan keadaan.

Hal kedua yang merupakan kesalahan fatal dalam finansial yaitu tidak menyisihkan uang untuk ditabung. 

Penyebab dari kesalahan ini adalah mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa menabung bukanlah suatu hal yang penting untuk dilakukan sekarang. 

Namun, ada sebuah peribahasa yang mungkin sudah familiar ditelinga kita. Peribahasa tersebut adalah "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit". 

Peribahasa ini memiliki arti bahwa usaha / upaya sekecil apapun, apabila dilakukan secara terus-menerus pada akhirnya akan membuahkan sebuah hasil yang berarti. 

Menabung sebaiknya dilakukan sedini mungkin dan sebaiknya juga tidak perlu untuk ditunda-tunda. Menabung dapat dimulai dengan nominal yang kecil namun harus dilakukan secara rutin dan terus-menerus.

Penyebab lain dari kesalahan ini yaitu sebagian orang mungkin merasa sangat sulit menyisihkan uang untuk ditabung. 

Keadaan tersebut dapat terjadi karena orang tersebut kemungkinan menghabiskan uangnya untuk memenuhi kebutuhan hidup atau gaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan sehingga tidak ada lagi uang yang tersisa untuk ditabung. 

Kembali lagi, kebiasaan melakukan gaya hidup yang melebihi pendapatan ini memang seharusnya tidak dilakukan dan lebih baik ditinggalkan. Karena kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada keuangan. 

Untuk itu, alangkah baiknya gaya hidup tersebut segera ditinggalkan dan mulailah untuk berbenah diri.

Menabung merupakan sebuah hal yang memang sangatlah penting untuk dilakukan bagi setiap orang dan merupakan sebuah kesalahan yang sangat lumayan fatal apabila kita tidak melakukannya. 

Karena bayangkan saja ketika ada suatu masa di mana kita membutuhkan uang dalam keadaan yang mendesak, dan ternyata kita  tidak memiliki uang tabungan untuk keperluan darurat tersebut. Maka pada akhirnya akan terpaksa untuk meminjam ke sana ke mari. 

Untuk itu, demi menghindari hal buruk yang tidak diinginkan tersebut terjadi, sisihkanlah uang selagi masih bisa. Tidak peduli sekecil apapun nominalnya asalkan dilakukan secara rutin. 

Jadikanlah menabung sebagai salah satu prioritas agar siap setiap saat dalam menghadapi kebutuhan yang tidak direncanakan.

Hal ketiga yang merupakan kesalahan dalam finansial adalah hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja. 

Kebanyakan orang pada umumnya mungkin merasa tidak ada yang salah dengan memiliki satu sumber penghasilan saja. Kebanyakan orang mungkin merasa sudah cukup dan hanya bergantung pada satu penghasilan tersebut. 

Padahal perlu kita ketahui bahwa penghasilan yang diterima dari satu tempat tersebut tidak mungkin bisa selalu stabil pada setiap bulannya. 

Belum lagi adanya risiko pengurangan pekerja yang dapat membuat seseorang kehilangan pekerjaannya dan menjadi pengangguran karena tidak memiliki pekerjaan lain.

Maka dari itu, perlu dipikirkan lagi cara agar tidak bergantung pada satu sumber penghasilan saja. Memiliki beberapa sumber penghasilan dapat memberikan banyak manfaat. 

Manfaat yang dapat dirasakan yaitu kita dapat menghindari ketidakpastian dari tempat kita bekerja. Selain itu juga kita dapat meningkatkan nilai pendapatan dan juga tabungan.

Beberapa kesalahan finansial yang sudah disebutkan di atas memang sepatutnya kita hindari. 

Supaya dapat mengelola keuangan dengan baik maka perlu diperhatikan kembali apa saja yang dapat menjadi dampak buruk bagi keuangan kita.

Karena tanpa disadari, bahkan kebiasaan pun dapat menjadi salah satu penyebab sulitnya mengelola finansial. 

Untuk itu, sebaiknya sekarang mulailah untuk berintrospeksi diri dan mulailah untuk membenahi kebiasaan-kebiasaan buruk agar finansial dapat terkelola dengan baik.