Ada banyak banget shortcuts yang bisa kita lakukan untuk membuat hidup kita feel unhappy, enggak menarik, flat, dan pastinya penuh penyesalan. Yeekan, kita tinggal menghabiskan 24 jam setiap harinya hanya dengan guling-guling rebahan tanpa arti sambil scrolling layer handphone terus menerus, makan snack-snack ultra instan, tiduran aja terus, atau menghabiskan waktu dengan membicarakan keburukan orang lain, dan menimbun hasad akibat kebanyakan stalking. Yah semudah itu, tidak perlu upaya, dan jadilah kehidupan yang monoton, buram, enggak bahagia, dan pastinya enggak bermanfaat sama sekali.

Tapi saya yakin banget deh, siapa sih yang benar-benar ingin menyiakan hidupnya atau benar-benar ingin hidup tidak bahagia selamanya. Boleh jadi ada satu moment dalam hidup kita dimana rasanya kemageran haqiqi sudah menyatu dalam hidup, sehingga seharian kita hanya doing nothing productive. Yah gpp namanya juga life journey, kadang semangat dan kadang juga kehilangan motivasi buat hidup, apalagi saat patah hati menerpa.. uuuu..

Nah, apapun itu sebagai makhluk terbaik yang diciptakan Tuhan dengan kemampuan intelegensi yang mumpuni, harusnya kita bisa terus sadar bahwa hidup kita harus banget bermanfaat! Iya, kalaupun belum bisa bermanfaat buat orang lain paling tidak jadilah bermanfaat untuk diri kita sendiri. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, bermanfaat untuk mengembangkan diri kita, atau pada level yang lebih tinggi bermanfaat untuk orang-orang sekitar kita, dari keluarga, teman, lingkungan, dan sebagainya.

Sebenarnya kunci untuk bisa menciptakan kehidupan yang penuh makna cukup sederhana, just Do Something, anything! Cobalah untuk lakukan sesuatu untuk hidupmu. Pastinya melakukan hal-hal positif, bukan semata menghabiskan seharian dengan nonton-makan-tidur!

  • Lakukan Apa yang Kau Suka

Pasti ada beberapa aktivitas berfaedah yang kamu sukai kan? Misalnya mencoba resep baru, bermain music, menyanyi, menggambar, atau berkebun. Nah cobalah untuk melakukan hal-hal positif yang kamu sukai secara rutin. Mulai saja paling enggak seminggu sekali, lalu jika sudah mulai disiplin tingkatkan lagi menjadi tiga hari sekali hingga setiap hari.

Percayalah, ada hobi-hobi positif yang pasti kalian sukai. Let’s say, kalian adalah k-popers sejati, hobi kalian selain nonton K-pop tentu saja menyanyikan lagu-lagunya. Nah take the positive side, mungkin kalian bisa mulai mempelajari Bahasa korea dengan serius, belajar menulis heagul sembari menulis lirik-lirik lagu favorit kalian. Nah, jika kalian melakukan hal positif ini dengan konsisten bukan tidak mungkin kalian akan mahir berbahasa korea baik lisan maupun tulisan dalam jangka waktu tertentu. Siapa tau, hal positif ini akan mampu membawa kalian selangkah lebih dekat dengan cita-cita kalian menikmati negara ginseng tersebut. Jangan malah hanya larut begitu saja dalam arus kemageran. Alih-alih mimpi kalian untuk bisa jadi se-kece K-pop, yang ada kalian hanya akan menjamur di sudut kamar doank.

Karena itu, coba telaah lagi hal positif apa yang kalian sukai, dan coba kembangkan. Lakukan secara rutin dan konsisten, agar hidup jadi lebih bermakna.

  • Jalan-Jalan Keluar

Iya sih, di masa pandemi gini kita semua diminta untuk lebih banyak stay at home. Di rumah aja, tetapi bukan berarti kita sama sekali tidak membuka jendela rumah kita untuk menikmati sinar Mentari. Jika ada kesempatan, cobalah untuk berjalan keluar. Di masa pandemi ini, kita bisa mencoba berjalan-jalan di spot yang jauh dari kerumunan. Mencoba untuk jogging saat pagi atau petang, mengunjungi tempat beribadah, atau bahkan sekedar jalan santai ke taman kota. Bergeraklah keluar, karena selain aktivitas ini membuat tubuh jadi lebih sehat, pikiran jadi lebih tenang, berjalan keluar juga bisa mendatangkan inspirasi!

Berjalan keluar juga membuka ruang hati kita untuk lebih berempati dan mensyukuri hidup. Alih-alih hanya jalan-jalan jajan buang-buang duit, cobalah telaah kehidupan orang-orang yang kalian lihat di sepanjang jalan. Coba cek, banyak sekali ternyata orang-orang yang less-lucky dibanding hidup kita. Jadinya kita akan lebih bersyukur dengan hidup yang kita miliki.

  • Terlibatlah dengan orang lain

Ingat lho manusia itu adalah makhluk sosial, kita butuh interaksi dengan orang lain. Jangan melulu hanya melalui virtual life saja. Cobalah untuk benar-benar terlibat dengan orang lain, seperti menawarkan bantuan. Ketika di rumah, jadilah pribadi yang bermakna, tawarkan bantuan kepada orang tua kita, lakukan sesuatu untuk orang lain. Misalnya kita bisa membantu berbelanja kebutuhan rumah, sekali-kali juga coba luangkan waktu untuk sekedar duduk mendengarkan cerita ayah dan ibu kita bisa juga kita sambil mijitin bagian tubuh mereka. Di lingkungan sekolah juga cobalah menjadi proaktif, tawarkan bantuan kepada teman yang membutuhkan. Jika bertemu, jadilah orang pertama yang menyapa dengan tulus dan ikhlas, jangan lupa senyum. 

Kalian juga bisa mengingatkan beberapa teman soal tugas atau pekerjaan rumah yang harus dikumpulkan. Di tempat kerja sebisa mungkin bekerja samalah yang baik dengan rekan-rekan sekantor. Jangan hanya duduk di depan computer hingga waktu pulang tiba. Cobalah untuk, berbagai kopi dengan rekan kerja saat pagi hari, tanyakan kabar mereka dan keluarga mereka. Tawarkan bantuan jika memungkinkan. Be proactive, present, and involve to others. Ingatlah, hidup akan semakin bermakna jika semakin banyak kebaikan yang bis akita tebar, salah satunya tentu saja dengan terlibat dengan orang-orang sekitar.

  • Cobalah Hal Baru

Pick something to enrich your life! Cobalah hal-hal baru untuk membuat hidup kita jadi lebih bermakna. Jangan biarkan hidup kita hanya habis dengan monoton tanpa sesuatu yang berarti. Apalagi jika kita sudah terkurung dalam rutinitas monoton. Bangun, sekolah, pulang, tidur atau bangun, kerja, pulang, dan tidur. Hidup seperti apa yang kita harapkan kalau begini? Cobalah sisihkan waktu untuk melakukan hal baru.

Gabung dengan komunitas yang sesuai dengan hobi kita, misal komunitas membaca atau puisi. Cobalah untuk daftarkan diri kita di berbagai kursus yang kita sukai. Atau cobalah hal baru yang menantang, misal saat hobi kita adalah memasak dan membuat kue, cobalah untuk menantang diri dengan membuka pesanan? Atau mencoba hal baru yang dirasa sangat demending di masa yang akan datang, misalnya mencoba belajar mengendarai mobil walaupun kita belum punya mobil. Kita bisa belajar dengan kursus atau otodidak jika ada yang rela meminjamkan mobilnya. Apapun itu, cobalah hal-hal baru. Jangan biarkan hidup kita habis tergerus kemonotonan tak terperi!

Ingat-ingat lagi, satu-satunya untuk mneghindari penyesalan dalam hidup adalah start doing something positive. Waktu hidup kita setiap detik berlalu, jangan biarkan waktu yang amat berharga dalam hidup kita jadi terbuang percuma untuk hal non faedah. Stop mager yuk! Time to move sebelum kita menyesal nanti.