Anak pertama adalah anak tertua dari sepasang orang tua. Seorang anak pertama juga dapat dikatakan anak sulung, tetapi bukan anak tertua jika ia memiliki saudara tiri yang lebih tua darinya. Menjadi anak pertama perempuan, mempunyai banyak kelebihan dan mempunyai banyak kekurangan.

Menjadi anak pertama perempuan adalah seorang kakak yang baik dan jadi panutan bagi adik-adiknya. Anak pertama apalagi seorang perempuan tidaklah mudah. Karena harapan terbesar dalam keluarga. Dituntut untuk menjadi pribadi yang kuat dan mandiri dibanding dengan saudara yang lain.

Terkadang ingin mempunyai kakak yang bisa menjadi panutan. Setiap anak tentunya memiliki suka dan duka yang ia rasakan, terutama bagi anak pertama itu sendiri. Seperti yang selama ini kita ketahui, anak pertama dikenal sebagai anak yang paling disayang dan dimanja oleh orang tua.

Faktanya, anak pertama terutama perempuan memikul beban yang paling berat dalam keluarga. Anak perempuan pertama selalu dituntut untuk memegang tanggung jawab yang besar dan menjadi contoh untuk adik-adiknya. Hal ini yang menjadikan anak perempuan pertama tidak boleh terlihat lemah, harus selalu tegar, dan mandiri.

Anak perempuan pertama berpotensi lebih hebat daripada anak laki-laki pertama. Namun, terlahir sebagai anak pertama ternyata harus bisa menjadi seorang yang harus bisa mengayomi saudara yang lain. Jika merasa hal itu cukup sulit dilakukan, ingatlah bahwa sosok perempuan hebat dan kuat.

Menjadi anak perempuan pertama memang membuat kita menjadi yang pertama diandalkan dalam berbagi hal, yang sering dilupakan adalah ini juga pertama kalinya kita menjalani kehidupan.

Banyak hal yang tidak kita ketahui dan akhirnya harus kita ketahui dan pelajari dengan sendirinya. Kabar baiknya, kita menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. Tentunya itu sesuatu yang patut disyukuri.

Tapi pada akhirnya kita tidak ingin jadi mandiri dan tangguh sendiri, kita ingin adik kita juga tumbuh seperti kita. Menjadi tangguh dan mandiri juga bukan berarti harus melakukan semuanya sendiri, kita juga manusia yang butuh bantuan orang lain. Banyak hal yang bisa diambil dalam pelajaran hidup.

Wanita menangis bukan berarti lemah, karena terkadang mereka tak tahu bagaimana cara mengatakan apa yang mereka rasakan.

Apa sih kelebihan anak pertama perempuan? Belajar mandiri, anak pertama terkenal mandiri dan cekatan dalam melakukan pekerjaan.

Bisa diandalkan, sifat kepemimpinan dan mandiri yang dimiliki anak pertama perempuan nyatanya membuat ia menjadi seseorang yang bisa diandalkan.

Sosok pendengar yang baik, hal ini pun bisa menjadi dasar sifatnya sebagai sosok pendengar yang baik, bisa dipercaya, dan mampu memberikan tanggapan yang cenderung tepat. Mau mengalah, anak pertama perempuan umumnya juga mau mengalah pada adik untuk menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Pekerja keras, anak pertama menjadi tulang punggung keluarga saat mereka tumbuh dewasa. Andalan keluarga, walaupun perempuan fakta anak pertama tetap menjadi andalan keluarga. Anak pertama perempuan tidak mudah menyerah dalam melakukan pekerjaan.

Andalan Keluarga, Walaupun perempuan, fakta anak pertama tetap menjadi andalan keluarga. Perbedaan gender laki-laki atau perempuan tidak saling mempengaruhi. Sifat mandiri, kepemimpinan anak pertama cewek juga menjadi perhatian dan andalan orang tua.

Cerewet, Fakta anak pertama perempuan dalam keluarga biasanya juga cukup cerewet. Ini karena mereka menjadi kakak untuk adik-adiknya. Mereka terbiasa memberikan nasihat untuk mengajarkan adiknya. Karena dari kecil telah terbiasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tua, nah sifat ini yang akan diteruskan untuk mengajarkan adik-adiknya.

Cenderung Melankolis, kuatnya seorang anak pertama cewek, juga ada sisi emosionalnya. Anak pertama cewek cenderung melankolis apabila sedang ada masalah. Hati yang lembut membuat tindakan atau ucapan sensitif cukup membuat anak pertama cewek mudah teriris.

Punya sifat keibuan, karakter yang paling umum terlihat dari sosok anak sulung perempuan. Kebiasaannya menjaga adik-adik dan mengurus rumah saat orang tua sedang pergi, membuat mereka memiliki sifat keibuan. Mereka sering menggantikan peran sang ibu, seperti memasak, mencuci baju, dan membersihkan rumah.

Pelindung, Anak pertama tumbuh dengan kebiasaan menjaga adik-adiknya, sehingga ia adalah sosok pelindung bagi orang-orang yang dicintainya. Sikapnya yang dewasa, bijaksana tapi tegas membuat anak pertama kadang dinilai sebagai sosok yang cuek dan kaku, padahal sebenarnya ia adalah pribadi yang penyayang.

Apa sih kelemahan anak pertama perempuan? Cenderung sok, mungkin karena merasa lebih tua dan lebih tahu segalanya dibanding adik-adiknya. Susah mengakui kesalahan. Susah minta maaf duluan.

Cara terbaik mengatasi hal ini dengan berpikir bijak. Sebagai kakak tertua, tentu perlu belajar bagaimana menghadapi masalah dengan bijak dan bagaimana agar bisa jadi kakak yang bisa jadi contoh baik untuk adik-adiknya.

Untuk anak pertama perempuan, tetap semangat dan lanjutkan perjuangan kalian karena ada keluarga yang harus dibahagiakan.