Cantik, saat kita mendengar kata itu akan tergambarkan seseorang dengan wajah yang mempesona, kulit yang putih, dan badan yang ideal. Cantik sendiri didefinisikan sebagai sesuatu yang indah dan menarik. Menjadi cantik merupakan dambaan banyak wanita di luar sana.

Setiap orang membuat standar kecantikannya masing-masing sehingga banyak orang mengatakan cantik itu relative. Namun, karena standar kecantikan itu, tak jarang kita memaksakan diri untuk memenuhi standar tersebut. Banyak membandingkan diri dengan orang lain karena rasa tidak cukup atas apa yang kita punya.

Standar kecantikan orang membuat kita selalu merasa tidak cukup dan menciptakan rasa insecure atau rasa tidak aman. Insecure dapat berupa rasa tidak percaya diri seseorang pada suatu hal karena rasa tidak aman tersebut. Insecure dapat berupa rasa khawatir tentang pendapat orang terhadap diri kita.

Orang-orang berlomba menjadi cantik dengan berbagai perawatan diri dan riasan wajah. Tak sedikit orang yang melakukan semua itu untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Namun juga banyak orang yang melakukan hal tersebut untuk dirinya sendiri sebagai bentuk rasa mencintai diri sendiri atau yang biasa disebut self-love.

Berlomba-lomba menjadi cantik dapat memberikan dampak positif namun juga dapat memberikan dampak negative bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut beberapa dampak positif bagi diri sendiri :

  • Menimbulkan rasa percaya diri
  • Rajin berolahraga
  • Menciptakan pola hidup sehat

Berikut beberapa dampak negative bagi diri sendiri :

  1. Menimbulkan rasa insecure
  2. Diet ekstrim
  3. Tidak bersyukur dan selalu merasa kurang


Rasa percaya diri akan timbul ketika kita mencintai diri sendiri dan sudah merasa cukup atas apa yang kita miliki. Dengan adanya rasa keinginan untuk menjadi cantik kita akan memikirkan bagaimana tubuh kita harus ideal, dengan begitu kita akan rajin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. 

Lalu dengan begitu kita akan mengatur pola makan bahkan hingga pola tidur. Pola hidup sehat akan tercipta sebagai contoh pemilihan asupan makanan sehat bagi tubuh.

Tidak dapat dipungkiri dalam proses tersebut dapat memberikan dampak negative bagi diri sendiri. Rasa tidak aman karena pendapat orang lain atau bahkan pemikiran diri sendiri karena merasa belum cukup atas dirinya. Dengan begitu kita hanya akan terus membandingkan diri dengan orang lain dan tidak bersyukur. 

Lalu ketika kita tidak tahu bagaimana cara yang benar untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kita akan melakukan diet yang ekstrim sehingga dapat berdampak buruk bagi tubuh karena asupan yang tidak terpenuhi dengan baik.

Kini menjadi pertanyaan, lalu bagaimana menghadapi rasa insecure tersebut? Sulit untuk seseorang yang sudah terjebak dalam rasa insecure untuk Kembali percaya diri. Salah satu faktornya ialah mindset dari diri kita sendiri yang sulit untuk melepaskan rasa insecure tersebut. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa insecure :

  1. Bicara dengan orang terdekat
  2. Belajar untuk percaya diri
  3. Menemukan kelebihan diri
  4. Selalu berpikir positif
  5. Melakukan hal yang menyenangkan


Bicara dengan orang terdekat akan membantu kita untuk mengurangi tekanan yang kita rasakan. Walaupun terkadang sedikit sulit untuk membuka diri, tapi kita harus mencoba secara perlahan. 

Karena dengan memendam semuanya sendiri sangatlah tidak baik dan dapat menimbulkan stres bahkan depresi. Mulai dari orang yang kita percaya, menciptakan rasa nyaman saat berbicara maka akan membantu perasaan menjadi sedikit lega. Dengan berbicara dengan orang terdekat, kita dapat membuat lingkungan yang positif untuk diri kita.

Menemukan kelebihan diri lebih baik daripada kita terus mencari kekurangan diri sendiri dan terus membandingkannya dengan orang lain. Dengan menemukan kelebihan diri, kita dapat perlahan belajar untuk menerima dan mencintai diri sendiri serta belajar untuk percaya diri. 

Belajar untuk percaya diri memang bukanlah hal yang mudah. Namun kita dapat memulainya secara perlahan tanpa perlu memaksakan diri secara berlebihan. Dengan begitu, kita juga akan bersyukur atas apa yang kita punya.

Berpikir positif atau yang biasa disebut dengan positif thinking dalam Bahasa Indonesia memiliki arti berpikir positif dengan cara melihat sesuatu tanpa melihat sisi negatif, dan mengambil hikmah dibalik masalah yang menimpa. 

Dengan berpikir positif kita akan lebih kuat dalam menghadapi suatu masalah. Tak hanya itu, berpikir positif juga dapat membantu kita untuk bangkit dari keadaan terpuruk. Karena kita berpikir positif maka kita juga akan menyikapi suatu keadaan dengan positif pula.

 Memberikan penghargaan pada diri sendiri atas apa yang telah dicapai  dengan melakukan hal yang menyenangkan. Dengan begitu, akan membuat perasaan kita Bahagia dan melepaskan pressure yang kita rasakan. 

Tak perlu hal yang mewah, kita dapat memulainya dengan hal sederhana. Banyak hal yang dapat dilakukan contohnya dengan jalan-jalan, berbelanja, menonton bioskop, atau bahkan kuliner-an. Atau tanyakan pada diri kita, apa yang membuat kita senang dan coba lakukan hal tersebut.

Menjadi cantik memanglah impian banyak dari perempuan di luar sana. Namun kita tidak boleh memaksakan diri kita untuk menjadi apa yang orang lain inginkan. Karena kita cantik dengan cara kita sendiri dan kita berharga.