Keberadaan jerawat tentu sangat mempengaruhi penampilan. Ada semacam rasa ketidakpercayaan saat kita tampil di ruang-ruang publik dengan muka yang penuh benjolan kecil kemerahan ini. 

Sebab itu, banyak orang berusaha mencoba segala cara demi menghilangkan jerawat dari wajah mereka. Sayangnya, beberapa di antara mereka kadang keliru mengambil tindakan.

Alhasil bukan kepuasan yang mereka peroleh, sebaliknya rasa penyesalan dan frustasi karena jerawat yang awalnya hanya berjumlah beberapa biji, lantas jadi berlipat ganda seperti bunga pinjaman online.

Jangan keliru dalam menyelesaikan masalah jerawat

Kekeliruan yang paling umum terjadi adalah memencet jerawat. Yah, mungkin beberapa orang menganggap memencet jerawat adalah langkah solutif untuk segera menghilangkan jerawat dari wajah mereka. 

Namun, pada dasarnya tindakan itu jelas keliru, bukannya hilang malah membuat jerawat bisa makin parah.

Selain itu memencet jerawat juga bisa menimbulkan bopeng di wajah. Tentu kondisi itu lebih menjengkelkan ketimbang keberadaan jerawat. Pasalnya dengan perawatan yang tepat, jerawat akan bisa dihilangkan dengan mudah. 

Berbeda dengan bopeng, yang sulit dihilangkan karena perlu perawatan dan penanganan khusus dari dokter ahli.

Itu pun akan terwujud jika Anda sudah siap keluar duit banyak demi mendapatkan perawatan yang terbilang cukup mahal itu.

Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan masalah jerawat

Sebenarnya untuk mengatasi jerawat, sudah banyak produk perawatan wajah yang mengklaim ampuh menuntaskan masalah-masalah di wajah. Baik sabun, masker, ataupun serum wajah. Namun, hal itu tak lantas bisa jadi sebuah solusi yang paling tepat.

Pasalnya, beberapa produk perawatan wajah bukannya menghilangkan jerawat malah sebaliknya bisa bikin wajah tambah parah, karena ketidakcocokan dengan produk tersebut. 

Sebab itu, memilih produk perawatan wajah juga tak boleh asal pilih, harus sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Sebenarnya selain mengandalkan produk perawatan wajah. Ada langkah yang cukup efektif dan lebih aman yaitu menggunakan bahan alami yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah. Salah satunya dengan memanfaatkan es batu.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar khasiat es batu ini dalam mengatasi jerawat. Saya sendiri sering menggunakan cara ini ketika merasakan adanya tanda-tanda akan munculnya jerawat. Hasilnya cukup ampuh.

Langkah penggunaanya pun tergolong mudah. Ambil es batu kemudian tempelkan pada jerawat sampai batas kemampuan Anda menahan dinginnya es tersebut. Lakukan hal ini secara berulang, untuk membuat benjolan jerawat secara perlahan mengempes dan menghilang dari wajah Anda.

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya yang bisa Anda temukan dengan mudah di dapur atau di warung makan, seperti jeruk nipis. Kandungan yang dimiliki jeruk nipis dipercaya ampuh menghilangkan jerawat membandel.

Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal oleskan perasan jeruk nipis pada jerawat yang tumbuh di wajah Anda. 

Memang sih kadang membuat kulit terasa perih. Namun, untuk hasil yang memuaskan tentu butuh sedikit pengorbanan. Saya sendiri pernah membuktikannya dan cara ini juga cukup ampuh untuk membasmi jerawat.

Melakukan tindakan preventif untuk meminimalisir timbulnya jerawat

Selain langkah mengatasi jerawat, ada hal penting yang juga patut Anda perhatikan, yakni mencegah timbulnya jerawat. Salah satu tindakan preventif yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mencuci wajah.

Pasalnya salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena produksi minyak oleh folikel (akar rambut) yang muncul secara berlebihan serta sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Dengan rutin mencuci wajah maka, minyak berlebih dan sel kulit mati bisa dikurangi.

Namun, dilansir dari laman Alodokter, mencuci wajah terlalu sering juga nggak baik bagi kulit wajah, karena hanya akan mendorong kulit memproduksi lebih banyak minyak. Jadi sebaiknya Anda mencuci wajah dengan sabun wajah maksimal dua kali sehari.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jenis sabun wajah yang Anda gunakan, jangan sampai nggak cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki, tentu hanya akan membikin masalah-masalah baru pada kulit wajah Anda.

Bagaimanapun perkara jerawat hampir dialami semua orang, dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. 

Namun, hanya dengan penangan yang tepat, yang bisa membuat masalah jerawat teratasi. Sedangkan tindakan-tindakan yang keliru, hanya akan memperparah kondisi jerawat yang tumbuh di wajah Anda.