Memilih pekerjaan adalah suatu yang lumrah dan wajib dipertimbangkan saat ingin melamar pekerjaan, karena memilih pekerjaan yang tepat merupakan salah satu keputusan terbaik dalam hidup. Keputusan dalam memilih pekerjaan akan berpengaruh kepada kehidupan Sobat secara langsung baik itu status ekonomi, kesehatan dan kesuksesan Sobat dalam kelangsungan hidup. 

Melihat kasus yang sering terjadi khususnya pada kaum milenial saat ini yang sering kali berpindah-pindah tempat kerja dengan rata-rata alasan fasilitas dan kompensasi yang kurang mencukupi, pekerjaan yang terlalu menyita waktu serta lingkungan dan suasana kerja yang kurang menyenangkan. Faktor itulah yang menyebabkan banyaknya generasi millennial yang berpindah-pindah tempat kerja. 

Karena pada dasarnya pilihan karir yang tepat dapat ditentukan dengan memperhatikan serta mempertimbangkan dari berbagai aspek dan tidak hanya berpusat pada gaji semata. Maka dari itu sebelum Sobat melamar pekerjaan alangkah baiknya untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. So, supaya Sobat tidak terjebak dalam jalur karir yang tidak menyenangkan yuk disimak baik-baik yah. 


1. Kemampuan 

Kemampuan merupakan kapasitas mengenai suatu keahlian untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Apabila Sobat memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan, tentu saja nantinya Sobat akan merasa kesulitan dalam mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh atasan.

Sebaliknya jika Sobat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang Sobat miliki, maka Sobat akan merasa lebih nyaman dengan pekerjaan yang Sobat geluti dan tentunya Sobat akan lebih semangat untuk menjalani hari-hari dalam bekerja. 

So, Sobat bisa tanyakan pada diri sendiri seberapa mampu Sobat dengan job desk yang perusahaan tawarkan? Sebaiknya Sobat bisa pelajari sedetail mungkin yah. Akan tetapi meski pekerjaan tersebut tidak sesuai minat dan dirasa mampu dengan job desk yang perusahaan tawarkan, Why not! 


2. Suasana dan Budaya Perusahaan 

Selanjutnya yang harus Sobat pertimbangkan dalam memilih pekerjaan adalah dengan mencari tahu bagaimana suasana pekerjaan serta budaya perusahaan yang ingin dilamar. 

Karena hal ini sangat akan mempengaruhi kinerja Sobat di perusahaan tersebut, jika suasana pekerjaan dan budaya perusahaan bersifat positif tentunya akan mendorongmu untuk menjadi semangat dalam bekerja. Tetapi sebaliknya jika perusahaan tidak memiliki suasana dan budaya yang baik, maka Sobat tidak akan merasa nyaman saat bekerja. 

Dan ini merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi ketidak fokusan Sobat dalam bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu alangkah baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu terkait perusahaan yang akan Sobat lamar, karena nantinya perusahaan tersebut akan menjadi tempat Sobat untuk berkarir. 


3. Besaran Gaji 

Pada saat melakukan negosiasi gaji, tentu pekerjaan dengan gaji harus sesuai dengan beban kerja yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Sobat dalam tugas tersebut. Dan Sobat tetap harus menghindari apabila harus bekerja dengan porsi tugas yang berat namun tidak mendapatkan gaji yang sesuai. 


Tetapi meski gaji pokok yang perusahaan tawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi yang Sobat harapkan, alangkah baiknya Sobat mencari tahu lebih lanjut mengenai tunjangan dan keuntungan lain yang perusahaan tawarkan. Siapa tahu besaran tunjangan dan keuntungan yang perusahaan tawarkan apabila digabungkan dengan besaran gaji pokok yang ditawarkan akan sesuai dengan porsi beban pekerjaan yang Sobat kerjakan. 


4. Pengembangan Diri 

Di Indonesia saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengadakan training ataupun berbagai pelatihan demi menunjang karir Sobat di perusahaan tersebut. Memang masih terdapat beberapa perusahaan di Indonesia yang tidak mengadakan program training untuk karyawannya, maka dari itu jika Sobat beruntung diterima di perusahaan yang menawarkan program pengembangan diri atau training, wah itu sih gak boleh ditolak hehe. Dan perusahaan-perusahaan seperti itu bisa jadi pertimbangan Sobat untuk dipilih lho, demi meningkatkan perkembangan diri dalam berkarir. 

Apabila nantinya Sobat sudah diterima di sebuah perusahaan dan merasa sudah berkembang dengan maksimal saat bergabung dengan perusahaan tersebut, jangan lupa untuk tetap memperluas networking

Jadi, networking itu adalah relasi atau hubungan baik dengan orang lain selama bekerja entah itu kepada atasan, rekan kerja, atau bahkan hubungan eksternal kantor saat mengunjungi event-event tertentu. 


5. Prospek Kerja dan Kestabilan Perusahaan 

Hal ini pula bisa jadi pertimbangan Sobat dalam memilih pekerjaan dengan melihat perkembangan perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut meningkat atau malah cenderung mengalami penurunan, karena jika perusahaan tersebut cenderung mengalami penurunan Sobat harus tetap waspada jika sewaktu waktu terjadinya PHK di perusahaan tersebut. Tetapi jika perusahaan tersebut cenderung meningkat, maka Sobat memiliki potensi untuk melanjutkan jenjang karier di perusahaan tersebut. 

Dan pastikan pula Sobat bekerja di perusahaan yang memiliki keuangan stabil, dikarenakan jika Sobat masuk ke dalam perusahaan yang tidak memiliki keuangan yang stabil, maka kesejahteraan Sobat selama bekerja di perusahaan tersebut tidak akan terwujud. 

Maka dari itu Sobat harus mencari tahu dengan detail prospek kerja serta kestabilan dan perkembangan perusahaan supaya memiliki kesejahteraan hidup yang baik dalam bekerja di suatu perusahaan. 

Pada intinya Sobat harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang akan Sobat lamar, dan juga untuk tetap memperhatikan kualifikasi yang perusahaan butuhkan supaya Sobat tidak sia-sia saat melamar kerja dan ditolak perusahaan karena faktor kelalaian Sobat tidak memperhatikan kualifikasi yang perusahaan butuhkan.