Besok hari pertamamu magang? Bingung nanti mau ngapain aja di sana? Takut enggak bisa ngerjain kerjaan? Sudahi overthingking-mu kawan, karena sejatinya ia adalah aktivitas menyenangkan kok. 

Seperti yang kita ketahui bersama, magang jadi ajang untuk belajar secara langsung dari ahlinya atau profesional di bidangnya. Artinya, kamu akan ikut merasakan bagaimana rangkaian sebuah pekerjaan dilakukan.

So, supaya magangmu berjalan lancar, yuk simak dahulu 5 tips magang di hari pertama! Apa saja?


1. Memakai Pakaian Sopan 

Terdengar sepele memang, tetapi kamu enggak mau kan jadi pusat perhatian satu kantor karena salah kostum. Jadi, sebelum masuk hari pertama magang cari tahu atau tanyakan terlebih dahulu mengenai ketentuan dresscode yang digunakan. Apakah harus mengenakan pakaian hitam putih, batik, atau bebas?

Apabila dibebaskan, alangkah baiknya gunakan pakaian sopan. Pakailah kemeja agar terlihat lebih formal dan juga hindari memakai jin!

Jangan lupa pula untuk menyetrikanya supaya rapi yes! Sebab bagaimanapun, penampilanmu merupakan hal pertama yang akan dinilai. Well, silakan tentukan pakaian mana yang hendak kamu pakai!


2. Jangan Sampai Telat, Beneran deh!

Hari pertama magang munculkan kesan yang baik, jangan sampai terlambat! Usahakan untuk datang 15—3o menit sebelum jam masuk kantor. Enggak apa-apa ketika kamu datang menjumpai suasana kantor masih sepi.

Hal itu lebih baik ketimbang terlambat di hari pertama magang. Sembari menunggu, kamu bisa memanfaatkannya untuk jalan-jalan mengenal lingkungan sekitar. Mungkin, mencari tempat makan atau ngopi?

Nah, untuk mengantisipasi datang terlambat berangkatlah dari rumah lebih awal. Apalagi kalau tahu jalanan menuju kantor magangmu sering macet atau kamu biasa naik transportasi umum yang sewaktu-waktu bisa saja telat datangnya.

Pokoknya, pastikan jangan berangkat mepet! Oleh sebab itu, siapkan segala sesuatu di malam harinya, mulai dari pakaian, laptop, buku catatan, handphone, ataupun charger. Setelah semuanya siap, di pagi harinya tinggal cus berangkat!


3. Perkenalkan Diri dan Bangun Hubungan yang Baik

Hari pertama magang kamu akan berkenalan dengan pembimbingmu. Orang ini nantinya bakal sering tektokan denganmu. Mulai dari koordinasi kerjaan, revisi, sampai hal-hal yang kamu bingungin selama magang boleh ditanyakan ke dia. Jadi, bangunlah hubungan yang baik dengan pembimbingmu

Cobalah ajak ngobrol-ngobrol ringan seputar budaya kantor misalnya. Namun ingat! Jangan langsung ngobrolin hal-hal bersifat personal! Misalnya, keluarga, fisik, atau percintaan.

Begitupun dengan karyawan lainnya, kamu juga perlu berkenalan sama mereka. Enggak menutup kemungkinan beberapa pekerjaan melibatkan karyawan dari lintas divisi atau departemen.

Ya, hitung-hitung nambah kenalan kan! Toh, kalau ada apa-apa kamu juga bisa meminta bantuan dari mereka juga! Intinya, jangan sungkan untuk berkenalan!

4. Enggak Dikasih Pekerjaan? Don’t wory!

Kalau di awal-awal magang kamu merasa enggak dapet pekerjaan atau terkesan “dianggurkan” its okey my friend! Serius deh, namanya juga anak magang baru, atasan sama pembimbing juga mungkin masih ragu buat ngasih kerjaan. Maka dari itu, kamu lah yang harus jemput bola.

Tanyakan ke pembimbingmu apakah ada yang sekiranya bisa dikerjakan. Nah, kalau selanjutnya diberi tanggung jawab pekerjaan maka kerjakanlah hal tersebut dengan serius! 

Seumpama dirasa belum paham dengan deskripsi pekerjaannya, tanyakan lagi pada pembimbingmu. Jangan sampai malu bertanya. Ingat, malu bertanya sesat di jalan!

Oh iya, kalaupun di awal-awal magang pekerjaanmu terkesan remeh seperti fotokopi, ngirim faksimile, ngirim email, atau nerima telepon, ya enggak apa-apa! Jangan lantas kamu remehkan. Karena kalau kerjaan kecil gitu aja enggak bisa, bagaimana dengan pekerjaan yang lebih besar?

Berawal dari perkerjaan yang sepele pastinya atasan atau pembimbingmu akan memberi tanggung jawab lebih besar lagi seiring berjalannya waktu.

5. Be Active! 

Magang itu jadi tempat belajar! Siapa yang belajar? Ya kamu! Makanya, usahakan untuk selalu aktif! Tanyakan hal-hal yang memang kamu belum tahu, minta ajari hal baru, serap ilmu sebanyak-banyaknya! Sebab pada masa magang inilah banyak ilmu yang mungkin enggak ada di bangku kuliah.

Jangan takut untuk ikut berpartisipasi. Kalau memang punya ide, cobalah untuk menyampaikannya. Percayalah, mereka pasti akan mengapresiasinya! 

Bukan hanya itu, ketika kamu merasa ingin mendalami pekerjaan dari divisi atau departemen lain, kamu juga bisa bilang ke pembimbingmu bahwasanya tertarik buat ngerjain pekerjaan departemen tersebut! 

Karena biasanya di beberapa tempat magang enggak hanya akan belajar di satu divisi saja, melainkan dari beragam divisi lainnya.

Demikian tadi 5 tips hari pertama magang yang bisa kamu terapkan. Jangan terlalu dipikirkan! Kamu enggak harus kok jadi anak magang yang perfect. Punya ide segudang, mahir mengerjakan banyak hal, dan selalu menyenangkan semua orang di kantor.

Cukup kerjakan pekerjaanmu sebaik mungkin dan bersikap baiklah kepada orang lain. That’s enough!