Isekai adalah sebuah kata yang tidak asing bagi para penggemar kartun Jepang. Kartun yang disebut anime tersebut memiliki banyak penggemar di dunia, terutama anime dengan genre isekai.

Isekai bahkan bukan hanya sebuah genre dalam anime. Sekarang beberapa film, novel, dan juga komik telah menggunakan genre tersebut dalam menarik penontonnya.

Isekai bagi sebagian orang tentunya adalah kata yang asing dan aneh di telinga mereka. Maka dari itu kita akan bahas terlebih dahulu arti kata tersebut.

Isekai sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti “dunia lain”. Dunia lain tersebut bukanlah seperti dunia tempat hantu berada, namun dunia lain di sini memiliki arti dunia khayalan atau dunia fantasi yang berbeda dengan tempat kita berada.

Dalam dunia khayalan atau biasa disebut fantasi tersebut terdapat kebebasan seperti pada dunia asli, sehingga membuat para tokoh atau karakter di dalamnya menjadi nyaman.

Sebelum ada istilah genre isekai, genre tersebut masih termasuk ke dalam genre fantasy. Isekai menjadi genre tersendiri karena banyaknya penggemar dari kategori tersebut

Anime bergenre isekai biasa menceritakan seorang tokoh utama yang biasa saja dan memiliki kehidupan monoton dalam kehidupan aslinya. Tokoh utama tersebut nantinya akan terjebak dalam sebuah dunia fantasi, di mana tokoh tersebut memiliki kebebasan dan kekuatannya sendiri.

Kekuatan tersebut didapat dengan berbagai rintangan yang berupa senjata ataupun sihir. Bahkan mereka terkadang memiliki kekuatan terbang bebas dalam dunia tersebut.

Salah satu contoh anime bergenre isekai yang terkenal adalah “Sword Art Online”.

Anime tersebut menceritakan tokoh utama yang terjebak pada sebuah alat yang membawanya ke dunia fantasi, di mana dia dapat bebas mengimajinasikan kehidupannya. 

Konsep zero to hero yang dibawakan anime tersebut membawa kesan menarik sendiri. Ada juga adegan romantis, aksi, dan ada juga pesan di dalamnya yang dapat diperoleh oleh penontonnya.

Dunia fantasi tersebut tentunya membuat tokoh di dalamnya mempertaruhkan nyawanya yang mengakibatkan ada tantangan tersendiri. Dimana di dalamnya para tokoh harus bertarung hingga akhir agar dapat keluar dari dunia tersebut.

Cerita yang menarik tersebut membuat anime isekai meledak, dan terus mengeluarkan serial terbarunya.

Anime bergenre isekai saat ini sangatlah banyak jumlahnya dan terus bertambah. Anime bergenre isekai sangatlah digemari karena jalan cerita yang unik dan mudah dipahami. Kekuatan unik tokoh-tokoh di dalamnya juga menjadi daya tarik sendiri bagi para penontonnya.

Alasan banyaknya peminat genre tersebut juga karena adanya adegan romantis, komedi, bahkan aksi. Bagi beberapa penggemar, tokoh atau karakter perempuan di dalam anime tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan ada beberapa penggemar fanatik yang menjadikannya waifu idaman.

Waifu sendiri memiliki arti istri dalam bahasa Jepang. Kata tersebut sering sekali digunakan oleh para penggemar fanatik anime. Terdapat juga sebutan bagi para penggemar fanatik yang biasa disebut dengan wibu.

Penggemar fanatik tersebut biasanya akan berkhayal, mengikuti apapun yang berkaitan dengan anime favorit mereka. Mereka pasti juga berharap jika isekai tersebut nyata.

Lalu apakah bisa isekai ini menjadi nyata?

Apabila dijelaskan dengan logika, mungkin hal tersebut adalah sesuatu yang sangat mustahil. Mungkin ada beberapa ilmuan yang mencoba membuktikannya, namun masih belum ada bukti keberhasilannya.

Karena isekai hanyalah sebuah genre dalam sebuah anime, komik, atau novel. Jadi dunia khayalan tersebut sulit apabila diwujudkan dalam dunia nyata kita.

Manusia sendiri sebagai makhluk yang suka berhalusinasi, mungkin mereka bisa menciptakan isekai sendiri dalam khayalan atau mimpi mereka.

Tapi mungkin saja suatu saat akan ada alat yang membawa para manusia ke dunia khayalan atau isekai. Semakin canggihnya teknologi di dunia, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil dalam mewujudkannya.

Mungkin kalian para pembaca yang akan menjadi ilmuan yang dapat menciptakan dunia itu.

Tapi tentu saja dunia khayalan tersebut dalam anime memiliki risiko bagi tokoh utama yang diceritakan. Seperti dalam anime “Sword Art Online” di mana tokoh utama harus berani mengorbankan nyawanya di dunia asli.

Suatu kebebasan akan menghancurkan suatu hal yang sulit dikorbankan.

Lalu apa yang terjadi jika isekai menjadi nyata di masa depan?

Tentu saja hal ini akan menjadi sebuah masalah. Pastinya akan terdapat orang yang pro maupun kontra. Terlebih lagi jika dunia tersebut akan mengorbankan nyawa seseorang.

Akan ada orang yang setuju dengan adanya isekai karena mereka membutuhkan kebebasan dan kebahagiaan, serta karena kehidupannya yang monoton. 

Akan ada juga orang yang tidak setuju karena dampaknya bagi kehidupan asli orang yang masuk ke dalam dunia tersebut.

Bagi para pembaca, menurut kalian lebih baik yang mana? Pro atau kontra dengan adanya isekai di masa depan?