Gaya hidup atau lifestyle merupakan tingkah laku, pola, cara hidup, atau kebiasaan yang dilakukan seseorang dalam menjalani kesehariannya dan membedakan dengan orang lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda – beda.

Menurut Sumarwan (dalam Listyorini 2012;14) menjelaskan bahwa: “Gaya hidup sering kali digambarkan dengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang, dan lebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagaimana mereka hidup, menggunakan uangnya dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya”.

Gaya hidup setiap orang tentunya mengacu pada gaya hidup sehat yang mampu mendukung dan mengoptimalkan fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan. Tetapi sebagian dari kita belum mengetahui dan menerapkan mengenai gaya hidup yang sehat dalam kehidupan sehari - hari karena berbagai faktor seperti, sibuk dalam pekerjaan, belum mengetahui kiat -kiat hidup sehat, dan masih banyak lagi. 

Gaya hidup sehat penting bagi setiap orang tetapi dalam hal ini khususnya ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan dirinya dan kesehariannya karena jika tidak memperhatikan gaya hidup yang sehat maka akan berdampak terhadap bayi yang sedang dikandung maupun ibunya.

Sudah kita ketahui bahwa tidak sedikit ibu hamil saat ini sangat rentan terserang penyakit salah satunya adalah anemia karena gaya hidup yang kurang sehat selama kehamilan. Kegiatan yang banyak dilakukan ibu setiap harinya seperti bekerja membuat ibu hamil terkadang kurang memperhatikan gaya hidup mereka sehari - hari. 

Anemia secara medis digambarkan dengan kondisi jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam aliran darah lebih rendah daripada batas yang dianggap normal. Sering kita jumpai pada ibu hamil saat ini mengalami anemia karena beberapa faktor penyebabnya.

Salah satunya adalah kekurangan asupan makanan bergizi khususnya zat besi yang sangat penting bagi tubuh ibu hamil. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil akan terus mengalami peningkatan selama kehamilan. Zat besi penting untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah yang bisa mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Beberapa ibu hamil tidak menyadari gejala anemia yang dialaminya karena mereka berpikir bahwa gejala tersebut mungkin hanya karena kelelahan saja padahal bisa berdampak pada kesehatan tubuh ibu. Terlebih lagi pada ibu yang sibuk bekerja kantoran bahkan banyak menghabiskan waktu di kantor daripada beristirahat di rumah.

Oleh karena itu pada pembahasaan kali ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk lebih memperhatikan gejala–gejala anemia seperti pusing, cepat letih, lemas, mata berkuang–kunang , mudah mengantuk, sesak napas, nafsu makan turun, bahkan sampai pingsan.

Selain gejala anemia, tips dan trik gaya hidup sehat untuk mencegah anemia sangat diperlukan dalam pembahasaan ini agar ibu hamil lebih mengetahui bagaimana mencegah atau mengatasi jika sewaktu-waktu pada saat kehamilan mengalami anemia.

Tips untuk mencegah anemia pada ibu hamil dapat dilakukan dengan memperhatikan dan mengatur pola makan menjadi lebih baik daripada sebelumnya dan melakukan hal yang bermanfaat untuk mengembangkan fungsi tubuh seperti yang dijelaskan pada paragraf di bawah ini. 

Ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen asam folat sesuai dosis yang diberikan dokter, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti daging, ayam, ikan, telur, dan gandum sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Serta banyak mengonsumsi vitamin C dalam buah dan sayur segar.

Sebagian ibu hamil susah untuk mengatur pola tidurnya pada siang hari maupun malam hari karena berbagai faktor salah satunya sibuk bekerja. Dalam hal ini menjaga pola tidur, diusahakan jangan begadang menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil.

Minum air putih yang banyak agar tidak kekurangan cairan yang membuat ibu hamil merasa lemas. Rajin berolahraga selama kehamilan, seperti senam hamil maupun olahraga yang tidak terlalu memberatkan ibu dan bayi dalam kandungan.

Jika ibu sudah merasa menjaga pola hidup yang sehat tetapi masih terserang penyakit anemia dan berlangsung selama kurun waktu yang lama bisa segera untuk berkonsultasi dengan dokter maupun bidan untuk segera mendapat perawatan yang lebih maupun konseling karena dikhawatirkan  ibu hamil terserang anemia akut yang berbahaya bagi ibu maupun bayinya.

Selama kehamilan istirahat yang cukup sangat diperlukan ibu dan bayi. Kelelahan yang berlebih sangat berdampak pada ibu dan bayi. Cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target istirahat yang cukup adalah dengan mencoba menerapkan gaya hidup yang sehat dan manajemen waktu yang baik oleh ibu hamil.

Berdasarkan pembahasan di atas bahwa sangat penting bagi ibu hamil untuk mengatur gaya hidup mereka selama kehamilan maupun setelah kehamilan untuk mencegah terserang beberapa penyakit salah satunya seperti anemia yang akan berdampak pada kesehatan ibu dan bayinya.

Jika pada saat kehamilan sudah mengalami gela-gejala anemia segera lakukan pemeriksaan kepada dokter dan tetap menjaga gaya hidup yang sehat. Disarankan ibu hamil untuk memperhatikan gaya hidup sehat  untuk menjaga tumbuh kembang bayi dalam kandungan ibu, karena jika ibu sehat maka bayi dalam kandungan juga akan sehat.