Gaya hidup mewah memang keren, tapi lebih keren lagi kalau mencoba gaya hidup minimalis. Belakangan ini gaya hidup minimalis tengah menjadi trend. Banyak orang mencoba untuk hidup sederhana dengan barang yang memang disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut KBBI, minimalis adalah "Berkenan dengan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik.

Bersumber dari Breakthetwitch, hidup minimalis maksudnya adalah konsep di mana menjalani hidup dengan barang sesedikit dan sederhana mungkin, namun dapat bermanfaat secara maksimal. Slogan yang dikenal dari gaya hidup minimalis adalah "less is more".

Memang, awalnya minimalis dikenal dalam dunia seni, terutama arsitektur dan desain bangunan. Itulah mengapa, sering kali minimalis hanya dianggap sebatas kedua hal tersebut. (Dikutip dari artikel glints)

Pemikiran gaya hidup minimalis menekankan pada 'apa yang dibutuhkan' bukan pada 'apa yang diinginkan'. Sehingga mereka yang menerapkan gaya hidup minimalis akan terlihat lebih sederhana dibanding yang menerapkan gaya hidup mewah. Gaya hidup minimalis juga berfokus untuk memberikan dampak yang besar bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Bagaimana cara memulai gaya hidup minimalis?

Pertama, mulailah untuk berhenti berbelanja yang tidak penting. Mengurangi atau bahkan menghentikan keseringan belanja menjadi cara pertama untuk memulai gaya hidup minimalis. Biasanya yang menjadi jebakkan saat kita berbelanja untuk kebutuhan pokok, adalah mata kita akan tertuju oleh banyaknya diskon yang bertebaran.

Atau saat kita melihat sesuatu yang menurut kita lucu, itu juga menjadi tantangan. Meskipun begitu, kita harus menahan keinginan kita supaya bisa mencapai kesederhanaan dalam hidup. 

Kedua, mengupgrade barang agar memiliki jangka waktu yang lama atau fungsional. Misalnya, jika kamu suka mengoleksi tas. Cobalah untuk menyingkirkan tas kamu dan diganti dengan tas yang memiliki nilai fungsional lebih tinggi. 

Ketiga, membeli satu barang dan mengurangi satu. Maksudnya, jika kita ingin membeli suatu barang, maka singkirkan yang lama. Ini mencengah terjadinya penumpukkan barang-barang yang kita milki.

Keempat, syukuri apa yang kamu punya saat ini dan cobalah untuk melihat kembali apa sebab dan akibat jika kita terlalu konsumtif. 

Dalam menjalankan gaya hidup minimalis juga memberikan banyak manfaat. Dirangkum dari Lifehack dan Nosidebar, berikut ini adalah beberapa manfaat gaya hidup minimalis :

1. Adanya ruang untuk hal yang lebih penting.

Gaya hidup minimalis adalah mengurangi berbagai barang yang kurang memiliki fungsi. Seperti contoh, jika kita mengurangi tumpukan baju yang tidak terpakai di dalam lemari, maka hal itu bisa menjadi lebih menghemat ruang yang ada. 

2. Mengurangi beban pikiran.

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, juga dapat mengurangi beban pikiranmu karena takut kehilangan suatu benda, selain itu juga dapat menyejukkan mata saat melihat kerapihan tanpa banyak barang.

3. Dapat lebih fokus pada hobi dan kesehatan.

Bukan hanya tentang barang, gaya hidup minimalis juga menjadikan kamu lebih banyak memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang kita milki, termasuk waktu. Kita akan mendapatkan waktu lebih banyak untuk melakukan hobi kita dan juga untuk kesehatan kita seperti berolahraga. 

4. Mengurangi ambisi akan hal material.

Jika diterapkan, maka keinginan kita untuk membeli banyak barang akan berkurang, kita akan jauh lebih senang jika membeli 'cukup' barang. Sehingga ini dapat mengurangi atau menghemat pengeluaran kita sehari-hari. 

5. Menghemat lebih banyak.

Orang yang menjalankan gaya hidup minimalis bukan berarti akan minim juga pengeluarannya. Justru, akan terfokus dengan barang yang memiliki fungsi maksimal, yang biasanya biaya yang dikeluarkan juga cukup banyak. 

Meskipun begitu, pengeluaran tersebut tidak berlangsung lama karena kita membeli barang yang fungsional, nyaman dan tahan lama. Dan hitungan jangka panjang, justru akan lebih menghemat pengeluaran.

6. Membersihkan rumah menjadi lebih mudah.

Menerapkan gaya hidup minimalis berarti menyisihkan barang-barang lama yang sudah tidak terpakai. Barang-barang tersebut dapat disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan, ataupun untuk dijual kembali. 

Dengan begitu, rumah akan menjadi lebih lega dan terlihat luas, sehingga kita tidak lagi memakan waktu yang banyak untuk hanya sekedar membersihkan rumah. Selain itu, barang-barang juga akan lebih terorganisir dan ruangan menjadi lebih rapih.

Ada banyak manfaat yang dapat kita raih dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Ini juga dapat menghindari kita untuk menjadi orang yang suka berfoya-foya dan hedonisme

Pada intinya gaya hidup minimalis ini tentang merelakan, bersyukur, dan menghargai yang pada akhirnya ini akan menjadi sebuah maindset bagi pelaku bukan hanya sekedar gaya hidup. (Dikutip dari artikel OSC Medcom.id)

Menjadi pribadi yang sederhana itu menyenangkan dan menenangkan. Menjadi sederhana bukan berarti menjadi miskin. Tidak ada yang perlu ditakutkan untuk memulai hal-hal baik. 

Yuk, mulai sekarang coba untuk menerapkan hidup minimalis!