Gamers adalah sebutan bagi seseorang yang gemar bermain game. Industri video game sendiri telah berkembang pesat dalam dekade terakhir. Game virtual telah menjadi pelaku utama dalam kemunculan dunia game.

Penting untuk dapat membedakan antara penggemar video game dan gamers. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki kesamaan, tetapi dalam kondisi yang berbeda.

Melalui sudut pandang ekonomi sendiri, seorang gamers profesional adalah seseorang yang menghasilkan uang untuk bermain video game, sementara seorang amatir bermain hanya untuk bersenang-senang.

Meskipun kesenangan dan pendapatan ekonomi tidak bertentangan, menerima uang untuk bermain adalah yang membedakan seorang gamers dari penikmat game biasa. Apa yang dilakukan gamers untuk mendapatkan uang dengan bermain video game?

Partisipasi dalam acara dan turnamen dengan tujuan yang jelas untuk memenangkan hadiah dan siaran di berbagai platform serta jejaring sosial tentang jam bermain mereka yang biasa dikenal sebagai stremear adalah beberapa faktor mendasar untuk memahaminya.

Level, merupakan suatu cara bagaimana praktik ini dilakukan juga membantu membedakan antara gamers profesional dan penggemar video game. Oleh karena itu, sekelompok pemain yang sangat terbatas menganggap diri mereka sebagai gamer meskipun ada sejumlah besar pengguna dalam game virtual.

Saya sendiri bisa disebut sebagai gamers karena saya sering bertanding pada turnamen dari skala kecil yaitu sparring, hingga skala nasional seperti turnamen yang diselenggarakan oleh organisasi yang dibuat oleh developer game yang saya mainkan.

Game atau permainan yang saya mainkan secara kompetitif ada 2 yaitu game yang bernama Valorant dan Counter Strike : Global Offensive, permainan pertama yang saya mainkan secara kompetitif merupakan Counter Strike, saya mulai aktif bermain dari tahun 2016.

Game Counter Strike sendiri telah launching pada tahun 2013, game ini merupakan permainan bertema pertempuran yang menggunakan sistem FPS (First Person Shoote).

Sistem FPS (First Person Shoote)  sendiri adalah suatu game yang memiliki konsep hampir sama dengan virtual reality (VR), di mana saat kita memainkan game tersebut dapat terasa seperti kita langsung masuk secara nyata di dalam permainan itu.

Hal ini yang membuat game dengan sistem FPS (First Person Shoote) ini lebih digandrungi karena lebih terasa "real". Adanya sistem tersebut tentu lebih menambah rasa antusias bagi penikmat game. Biasanya game ini mulai dimainkan oleh kalangan remaja berumur 16 tahun.

Butuh waktu sekitar 2 tahun bagi saya untuk memahami berbagai fitur yang ada pada game Valorant tersebut hingga saya dapat bergabung dalam tim skala kecil, awalnya tidak mudah untuk saya beradaptasi dari bermain game dengan tujuan bersenang-senang ke bermain dengan tujuan kompetitif.

Saya dan tim berhasil memenangkan 8 turnamen kecil dalam skala kota dan beberapa turnamen berskala kecil. Hal itu merupakan pengalaman yang baru bagi diri saya. Namun, sejak tahun 2020 saya sudah tidak aktif bermain Counter-Strike lagi.

Hal ini terjadi karena didasari oleh rasa bosan yang terjadi pada diri saya, sehingga saya memilih untuk beralih memainkan game Valorant yang masih populer dan sedang gencar dimainkan oleh banyak orang hingga saat ini.

Rasa penasaran akan game Valorant ini yang mendorong saya untuk beralih dari game Counter Strike ke game Valorant. Saya sangat tertarik untuk mengetahui hal yang membuat orang-orang lebih memilih game ini dibandikan game Counter Strike.

Ternyata, kelebihan Valorant sendiri yakni memiliki karakter game yang unik, grafik game yang dihadirkan pun lebih nyaman dilihat bagi penggunanya. Komunitas game Valorant sendiri juga lebih banyak sehingga memudahkan untuk bertukar informasi mengenai Valorant dan memudahkan pemain Valorant baru.

Sedangkan, untuk game Valorant sendiri baru saja di launching pada pertengahan tahun 2020 silam. Game Valorant ini sendiri menganut sistem yang sama yaitu FPS.

Saya mulai aktif bermain game Valorant ini di tahun 2021, karena Valorant sendiri menganut sistem yang hampir sama dengan Counter Strike, hal tersebut yang membuat saya mudah beradaptasi di dalam game ini.

Game ini mulai saya mainkan secara kompetitif di pertengahan tahun 2021 dan sejak saat itu saya dapat bergabung ke sebuah tim yang baru teman saya dirikan, kami melakukan beberapa percobaan untuk mengikuti turnamen dan berakhir buruk pada awalnya.

Namun, hal tersebut tak menjadi penghalang bagi saya dan teman-teman. Hal tersebut justru kami jadikan sebagai pengalaman. Saya dan team tidak mudah menyerah dan pada akhirnya di tahun 2022 awal saya bisa memenangkan 2 turnamen kecil yang berhadiah uang tunai dengan total lebih dari 10 juta rupiah.

Untuk saat ini saya belum bisa bermain game secara kompetitif lagi dikarenakan kesibukan yang sedang saya jalani.

Tidak peduli darimana kamu berasal, ketika kamu tergabung dalam satu tim, maka kamu harus selalu bekerja sama dengan baik.