Siapa sih anak zaman sekarang yang nggak tahu game online? Game yang sedang gencar-gencarnya dimainkan oleh semua kalangan itu loh. Eitss kita bukan membahas akan game onlinenya tetapi membahas permasalahan yang terjadi.

Ada yang tahu nggak soal berita yang beberapa waktu lalu sedang hangat dibicarakan mengenai game online?  Ya berita tentang sebuah video yang tersebar di media sosial mengenai orangtua yang sedang memarahi petugas kasir minimarket. Kejadian ini terjadi karena petugas kasir melayani anaknya dalam pembelian game online seharga 800 ribu.

Dalam video tersebut, Orangtua meminta uang yang sudah dibelikan anaknya dikembalikan lagi karena anaknya yang masih kecil dan belum pantas untuk membeli game online seharga itu. video yang tersebar di media sosial itu diambil dari potongan siaran langsung pada aplikasi facebook akun ibunya.

Dalam video yang tersebar di media sosial itu banyak masyarakat yang menyalahkan tindakan orangtua karena kelalaiannya dalam mengawasi anak menggunakan gadget. Bukan hanya itu mereka berkomentar bahwa tindakannya dalam memarahi petugas kasir minimarket adalah kurang tepat karena petugas kasir hanya menjalankan tugasnya dalam melayani pembeli.

Kejadian seperti di atas terjadi karena pengaruh era globalisasi, kalian tahu nggak sih apa itu era globalisasi? Era globalisasi merupakan perubahan global yang melanda seluruh dunia. Dampak yang terjadi sangatlah besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia.

Aspek kehidupan manusia tersebut yaitu bidang ekonomi, sosial, politik, teknologi, lingkungan, budaya, dan sebagainya. Hal ini disebabkan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan mengubah pola perilaku konsumsi masyarakat. 

Berbicara mengenai era globalisasi pada masa sekarang, tentunya tidak akan jauh dari pembahasan akan penggunaan gadget. Penggunaan gadget bukan lagi melanda pada generasi anak muda saja tetapi semua generasi.

Hal ini karena kegiatan yang mulai dipermudah dengan adanya gadget seperti kegiatan belajar mengajar atau sekolah, bermain game online, mengerjakan dan mengumpulkan tugas, bekerja, dan kegiatan yang lainnya.

Menurut kalian penting nggak sih orangtua mengedukasi akan penggunaan gadget pada anaknya?

Menurut saya pribadi edukasi mengenai penggunaan gadget penting dilakukan orangtua pada anak agar anak mengetahui cara menggunakan gadget yang baik dan benar. Edukasi mengenai penggunaan gadget sangatlah dibutuhkan karena banyaknya kasus yang telah terjadi akibat kurangnya edukasi dari orangtua dalam penggunaan gadget terhadap anak.

Hal apa saja sih yang dilakukan orangtua dalam mengedukasi penggunaan gadget pada anak? Yang dilakukan orangtua sebagai orang terdekat dari anak yang mengetahui baik dan buruknya dalam penggunaan gadget adalah memberikan edukasi dalam penggunaan gadget. 

Edukasi yang diberikan yaitu yang pertama, menjelaskan lebih detail mengenai gadget,fungsi gadget, dan manfaat gadget. Hal ini dilakukan agar anak mengetahui detail dari gadget dan memahami dalan menggunakan gadget sesuai dengan fungsi dan manfaat gadget seusianya.

Yang kedua, memberikan batasan pada anak mengenai penggunaan gadget. Orangtua harus tegas dalam memberikan batasan penggunaan gadget pada anak agar anak dapat mengatahui waktu dalam penggunaan gadget yang baik dan bermanfaat untuk dirinya. Bukan hanya itu hal ini dilakukan agar anak tidak kecanduan dalam menggunakan gadget.

Yang ketiga, menjelaskan akan baik dan buruknya penggunaan gadget terhadap anak. Orangtua harus bisa dalam menjelaskan akan baik dan buruknya penggunaan gadget agar anak dapat menghindari kegiatan yang salah dalam menggunakan gadget. penggunaan gadget yang baik maupun salah dapat mempengaruhi kehidupannya di masa yang akan datang.

Yang keempat, mengawasi dan mengontrol kegiatan anak dalam penggunaan gadget. Orangtua harus dan selalu mengawasi dan mengontrol kegiatan anak dalam penggunaan gadget. Hal ini dikarenakan agar kejadian kasus yang telah terjadi seperti yang dijelaskan di atas tidak terulang lagi.

Pengguna gadget tidak akan bisa dihilangkan atau bahkan diberi batasan seiring berjalannya waktu karena semakin tahun pengguna gadget semakin meningkat. Hal ini dikarenakan faktor dari perkembangan teknologi yang semikin pesat dan didukung juga dengan keadaan sekarang dalam masa pandemi, semua aktivitas dilakukan secara online.

Mulai dari kegiatan belajar-mengajar hingga pengerjaan dan pengumpulan tugas anak. Orangtua memiliki peran besar dalam mengedukasi penggunaan gadget pada anak agar anak tidak salah mengerti akan gadget.

Bukan hanya mengedukasi, orangtua juga harus memantau aktivitas penggunaan gadget pada anak agar anak tidak melakukan kesalahan dalam menggunakan gadget. Edukasi dan pantuan orangtua dalam penggunaan gadget diharapkan memberikan dampak positif bagi anak baik di masa sekarang maupun kedepannya nanti.

Gadget akan selalu menjadi musuh dan teman bagi seorang anak, jika dilihat dari sikap anak dalam menggunakan gadget. Jika anak bersikap pandai dalam menggunakan gadget maka gadget akan menjadi temannya dan jika anak bersikap buruk dalam menggunakan gadget maka gadget akan menjadi musuhnya.