Flag Football adalah varian olahraga dari American Football yang berasal dari Amerika, dimana alih-alih menjatuhkan pemain ketanah, tim defensif harus melepaskan bendera atau sabuk bendera dari pembawa bola (deflagging) untuk mengakhiri permainan. Flag Football sama seperti olahraga futsal yang merupakan olahraga serapan dari suatu olahraga besar, Flag Football adalah serapan dari American Football dan Futsal adalah serapan dari Sepak bola.

Penciptaan permainan Flag Football dapat dikaitkan dengan Porter Wilson, orang yang menemukan ikat pinggang flag-a-tag & bendera yang digunakan sebagai peralatan untuk bermain olahraga. 

Flag Football tercatat pertama kali ditemukan pada tahun 1940 pada saat perang dunia 2, Olahraga ini dimulai sebagai olahraga rekreasi yang dimainkan tentara Amerika guna menghibur dan membantu mereka agar tetap bugar tetapi dirancang untuk mencegah mereka cedera saat bermain. 

Pada saat itu nama olahraga ini masih "Touch and Tail Football", Setelah perang usai, olahraga ini berganti nama menjadi flag football dan dimainkan secara nasional di Amerika Serikat (AS). Sejarah pertama yang dapat ditelusuri adalah dimainkan di Fort Meade, Maryland, Amerika Serikat. Kini, di flag football telah dimainkan secara global di berbagai negara.

Terdapat beberapa perbedaan antara Flag Football dengan American Football, namun yang paling mendasar adalah tackle yang digantikan dengan deflagging. Pada American Football, pembawa bola dinyatakan “down” dan play berhenti apabila defender berhasil mentackle pembawa bola hingga lutut atau siku tangannya menyentuh tanah. 

Pada Flag Football, pembawa bola dinyatakan “down” dan play berhenti apabila defender berhasil mencabut flag yang terpasang di pinggang pembawa bola. Di flag football juga tidak ada Kick TfP / Try for Points setelah Touchdown, sebagai gantinya untuk 1pt conversion diganti dengan down pada jarak 2,5 yard dari endzone, sedangkan 2pt diganti dengan down pada jarak 10 yard dari endzone. 

Dan juga Jika dilihat pada American Football, menggunakan Helmet, Body protector dll sebagai “pakaian dan syarat lengkapnya”, pada Flag Football, tidak perlu menggunakan hal tersebut.

Selain Amerika Serikat, olahraga ini juga terkenal di Inggris di bawah naungan The British American Football Association (BAFA). Bahkan, olahraga ini juga dimainkan di berbagai negara Eropa seperti Swedia, Norwegia, Finland, Denmark, Islandia, dan Skotlandia. Olahraga ini juga dimainkan di Kanada dan Meksiko.

Di Indonesia sendiri olahraga ini baru masuk pada tahun 2000-an namun sempat vakum beberapa tahun lalu aktif kembali dan dibentuklah Indonesian Flag Football Association atau biasa disebut IFFA, dan sejak saat itu Flag Football mulai berkembang hingga saat ini. 

Di Kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya telah diadakan kompetisi Regional antar tim mulai level Minor (SMA sederajat) dan level Major (tingkat universitas - dewasa). Bahkan di Yogyakarta, sudah ada liga Flag Football perempuan. Lalu sementara ada beberapa Region yg hanya mengadakan Major League saja karena belum cukup memiliki pemain atau tim di Minor League. 

Namun, hampir seluruh Region di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini telah memiliki Agenda pasti setiap awal tahun ajaran untuk melakukan sosialisasi ke sekolah - sekolah menengah atas, mengenalkan, mengajarkan, mensosialisasikan apa sih olahraga Flag Football itu.

Untuk kompetisinya sendiri, IFFA memiliki 2 kompetisi tertinggi di Indonesia, yaitu Merdeka Bowl, yang diperuntukkan kepada tiap Regional, merupakan Tournament Nasional tertinggi di Indonesia, dan College Bowl, yang merupakan Tournament Nasional tertinggi yg diperuntukkan kepada Tim – Tim antar Universitas di seluruh Indonesia.

Lalu ada Kompetisi “Friendly”, yg biasa di sebut NFG (National Friendly Game), bisa dibilang level kompetitif nya sedikit dibawah Merdeka Bowl, diperuntukkan kepada setiap tim Regional, atau tim dibawah naungan Regional, dan diadakan 2 tahun sekali berselingan dengan Merdeka Bowl yg juga diadakan 2 tahun sekali. Sementara College Bowl diadakan setiap tahunnya di akhir November.

Di tahun 2018, IFFA semakin gencar untuk mempopulerkan olahraga ini bersamaan dengan adanya Tournament Internasional yg kemungkinan besar akan melibatkan Tim Nasional Flag Football Indonesia. 

IFFA Conference Day merupakan “gerakan” awal IFFA di tahun itu, telah digelar januari 13, awal tahun 2018 dengan misi, menyamakan standard Flag Football di seluruh Region se-Indonesia, mencocokkan jadwal IFFA dengan jadwal Region di seluruh Indonesia, dan membahas masa depan Flag Football di Indonesia. 

Setelahnya, bertahap mulai bulan Februari, telah diadakan seleksi untuk Tim Nasional Flag Football Indonesia, memilih pemain – pemain terbaik untuk mewakili Indonesia diajang Internasional. 

Kutipan – kutipan di atas merupakan “bukti” bahwa, olahraga Flag Football semakin dikenal di Indonesia ini, terutama di wilayah Surabaya-Sidoarjo. Dan lebih menariknya lagi, Olahraga ini bisa dimainkan untuk semua kalangan, semua 'bentuk badan', dari yg berbadan besar, bertubuh tinggi, kecil, dan lain - lainnya, semua bisa bermain di Olahraga Flag Football ini.


Referensi

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/08/09/flag-football-di-indonesia