Pada 26 Mei 1940 dengan strategi bulan sabit, tank-tank Jerman melaju cepat mendesak tentara Sekutu hingga selat Channel. Tentara Inggris, dan tentara Prancis, terjebak di Dunkirk, kekalahan telak yang memukul bagi tentara Sekutu.

Dunkirk adalah kota kecil di pinggir pantai barat daya Prancis. Letaknya 39 mil dari Inggris, menyeberangi selat Channel dan sepuluh kilometer dari Belgia. Laut  Dunkirk sangat dangkal. Sehingga hanya kapal-kapal kecil saja yang sanggup merapat. Para tentara itu juga harus melewati dermaga yang sempit dan panjang.

Dikejar angkatan darat Jerman dari belakang dan diburu pesawat-pesawat stuka Luftwaffe (angkatan udara) Jerman dari udara, pasukan Sekutu memang benar-benar menjadi target empuk. Putus asa, letih dan kebingungan itulah yang dirasakan 400.000 pasukan Inggris.

Perdana Menteri Inggris, Winston Chrchill, lalu meluncurkan Operasi Dinamo. Kapal-kapal sipil Inggris diminta menjemput para tentara di seberang selat Channel. Hitler yang diduga berniat mengajukan perdamaian dengan Inggris tidak memerintahkan seluruh pasukannya menghabisi tentara sekutu di Dunkirk.

Hanya pesawat-pesawat Angkatan Udara Jerman yang secara konstan mengebom tentara Sekutu. Itu pun tampak kurang total. Keberanian para nelayan dan pelaut sipil Inggris yang akhirnya turut menyelamatkan ribuan tentara Sekutu. Total 338.226 pasukan Sekutu berhasil selamat.

Sutradara dan penulis naskah Christopher Nolan memotret evakuasi Dunkirk ke dalam film dari tiga sisi. Di dermaga, laut dan udara. Di udara para pilot Royal Air Force (RAF, Angkatan Udara Inggris), Farrier (Tom Hardy) dan Collins (Jack Lowden) bersama komandan skuadron mereka dikirim untuk melindungi tentara di dermaga dan kapal-kapal penyelamat. Mereka terlibat pertempuran sengit melawan pesawat-pesawat stuka Jerman.

Di darat, para prajurit Inggris seperti, Alex (Harry Styles), Gibson (Aunerine Barnard) dan Tommy (Fionn Whitehead), beserta para perwira, Kolonel Winnant (James D’Arcy) dan Komandan Laut Bolton (Kenneth Branagh) beserta ratusan ribu prajurit lainnya berjuang bertahan hidup mengharap segera pulang ke rumah di seberang selat.

Di laut, Tuan Dawson (Mark Rylance), putranya Peter (Tom Glynn-Carney) dan pekerja remaja kepercayaan mereka George (Barry Keoghan) tanpa banyak bertanya segera berlayar ke Dunkirk. Di tengah perjalanan mereka menyelamatkan prajurit Inggris yang mengalami trauma. Di tengah cerita akan terungkap sumber inspirasi patriotisme keluarga Dawson.

Dibuka oleh adegan sekelompok tentara yang berjalan di tengah kota mati dalam kehausan. Mereka lalu ditembaki dari belakang. Suasana sunyi mencekam segera terasa. Atmosfer kesendirian, ditinggalkan, butuh pertolongan dan kegigihan terasa sekali di sepanjang film.

Mimik muka dan bahasa tubuh terancam teror, depresi dan trauma sekaligus patriotisme para pemain terekspresikan ‘sempurna’ tanpa terlalu banyak dialog. Dunkirk juga tak menyajikan kisah satu orang pahlawan.

Tidak ada satu karakter pun yang sangat menonjol. Lupakan saja nama-nama tokohnya. Tanpa menghafalkan nama mereka pun kengerian dan harapan dalam perang pada sepanjang film terasa sekali. Tidak ada tokoh seperti Kapten John Miller (Saving Private Ryan, 1998) atau Mayor Dick Winters (Band of Brothers, 2001). Semua karakter memang dileburkan ke dalam tema cerita.

Untuk ukuran film perang, Dunkirk juga tidak menyajikan adegan tembak-tembakan dan pengeboman penuh darah. Memang masih ada adegan-adegan pertempuran sengit pesawat udara dan kapal terkena bom. Namun semua itu hanya kepingan-kepingan untuk membangun suasana mencekam, ketakutan dan harapan. Sutradara Nolan tidak menawarkan adegan kekerasan ala film perang pada umumnya sebagai sajian utama.

Scoring persembahan Hans Zimmer di sepanjang film sangat mendukung suasana horor. Latar suara dan musik menjadi elemen penting Dunkirk. Pejamkan mata, lupakan gambar dan adegan-adegan film dan kita bisa tetap merasakan suasana mencekam.

Dunkirk menyajikan narasi bercerita yang sangat unik dan istimewa dari film-film perang pada umumnya. Hampir semua klise film perang tidak ditampilkan Dunkirik. Bukan kejutan jika Dunkirk, Christopher Nolan dan Hans Zimmer mendapat Oscar nanti.  

Dunkirk film yang sangat layak tonton. Dunkirk akan membayar lebih tiket bioskop kita. Pastinya akan sulit mengingat nama-nama karakter dalam film. Namun kengerian, ketakutan dan harapan dalam evakuasi Dunkirk yang legendaris akan tetap menempel di kepala setelah keluar bioskop.

Dunkirk Official Trailer