Setiap hubungan itu unik. Anda tidak dapat membandingkan hubungan Anda dengan hubungan orangtua atau tetangga Anda karena kita masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda. Namun, kita dapat mengkategorikan hubungan. Salah satu kategori yang dapat kita gunakan adalah “female led relationship” atau “hubungan yang dipimpin oleh perempuan” yang biasa disingkat FLR. 


Seperti yang mungkin bisa Anda tebak, ini adalah hubungan ketika perempuan memimpin dan pada akhirnya menjadi pasangan yang dominan. Lalu apa peran lelaki dalam hubungan ini? Apakah lelaki juga memiliki “suara”, atau apakah tugas lelaki hanya patuh saja? Kami ingin memberi tahu Anda lebih banyak tentang hubungan yang dipimpin oleh perempuan dan mengapa ini menjadi semakin populer.


Apa yang dimaksud dengan hubungan yang dipimpin oleh perempuan?

Kita telah lama hidup dengan gagasan bahwa lelaki harus menjadi sosok dominan dalam hubungan dan bahwa martabat perempuan dianggap lebih rendah ketimbang lelaki. 

Mungkin Anda sendiri berada dalam salah satu hubungan ini. Era ini hampir berakhir. Kami menyadari bahwa perempuan memiliki “suara” sebanyak lelaki dan memiliki hak untuk didengar. 

Tidak ada lagi kepercayaan bahwa perempuan lebih lemah dari lelaki dan bahwa perempuan tidak dapat melakukan apapun tanpa lelaki. 

Jika Anda benar-benar memikirkannya, apa yang bisa dilakukan lelaki yang tidak bisa dilakukan perempuan? Bisakah Anda menyarankan setidaknya 3 hal?.

Meskipun kami belum memiliki definisi formal tentang hubungan yang dipimpin oleh perempuan, hubungan yang dipimpin oleh perempuan berarti perempuan adalah figur otoritas dan bertanggung jawab. Ini adalah perubahan dinamis dari pandangan yang diyakini nenek moyang kita.

Mengapa beberapa perempuan suka mendominasi?

Ada banyak alasan mengapa perempuan mencari lelaki yang dominan dalam suatu hubungan, tetapi mengapa seorang perempuan ingin mendominasi dalam suatu hubungan? Ada perempuan yang menginginkan hubungan yang dipimpin perempuan karena mereka mengendalikan segalanya mulai dari keuangan hingga pekerjaan rumah tangga. 

Sekarang, itu tidak berarti perempuan seperti itu merupakan jenis sosok yang gila kontrol, itu hanya berarti bahwa mereka menyukai segala sesuatu untuk diatur dan mereka ingin melakukannya sendiri untuk memastikan semuanya dilakukan dengan benar. 

Itu membuat mereka lebih percaya diri karena mereka tahu semuanya sudah beres dan mereka tidak perlu khawatir untuk mengejar ketinggalan.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan perempuan ingin memasuki hubungan yang dipimpin perempuan. Beberapa perempuan berpikir bahwa hubungan yang dipimpin perempuan sempurna untuk membentuk lelaki (kekasih mereka) menjadi sosok yang diinginkan. 

Hubungan yang dipimpin perempuan akan memberi mereka kesempatan untuk memastikan bahwa suaminya memenuhi harapannya sehingga dia memiliki pasangan yang sempurna. 

Lelaki dalam hubungan ini sering tidak peduli bahwa istri mereka mencoba mengubah mereka dan sangat suka diarahkan menuju sosok yang berbeda ketimbang sebelumnya karena lelaki merasa itu membuat mereka menjadi orang yang lebih baik. 

Sejujurnya, itu hanya situasi win-win bagi kedua orang jika mereka merasakan hal yang sama.

Tentu saja, ada juga alasan lain mengapa hubungan yang dipimpin perempuan adalah pilihan ideal bagi sebagian perempuan dan lelaki. Salah satunya adalah kurangnya “perebutan kekuasaan”. 

Anda berdua tahu di mana Anda menumpuk satu sama lain sehingga Anda tidak merasa stres atau tegang mencoba untuk mengecualikan satu sama lain. Anda berdua tahu di mana Anda berdiri dan siapa dalam peran apa. 

Beberapa perempuan juga sangat suka merawat lelaki mereka sehingga mereka ingin mengurus semua aspek kehidupan mereka. Lelaki juga sepertinya menyukai ini karena semuanya sudah diurus. 

Ingat pasangan di mana Anda mendapat getaran alfa yang kuat dari perempuan dalam hubungan itu? Ada kemungkinan besar mereka berada dalam hubungan yang dipimpin perempuan.

Apa saja jenis hubungan yang dipimpin perempuan?

Seperti yang kami katakan sebelumnya, setiap hubungan adalah unik. Artinya, setiap hubungan yang dipimpin oleh seorang perempuan juga unik. Hubungan yang dipimpin perempuan adalah kategori tersendiri, tetapi juga dapat dipecah menjadi empat subkategori.

Kontrol perempuan tingkat rendah

Dalam hubungan yang dipimpin perempuan tingkat rendah, perempuan memiliki otoritas yang rendah. Banyak hubungan pada masa sekarang adalah kontrol perempuan tingkat rendah. 

Keputusan dibuat bersama oleh perempuan dan lelaki. Dalam hubungan seperti ini, perempuan tidak serta merta mengambil kendali. 

Perempuan memang memimpin dalam hal tertentu, tetapi harus mendiskusikan keputusan lain dengan suaminya. Sebagian besar perempuan berada dalam kelompok ini.

Kontrol perempuan tingkat menengah

Ketika seorang perempuan berada dalam hubungan yang dipimpin oleh perempuan tingkat menengah, perempuan tersebut memutuskan seberapa dominan dia ingin menjadi. 

Biasanya, perempuan akan menjadi pemimpin dalam hubungan dan membuat keputusan sehari-hari, tetapi perempuan yang menentukan di mana garisnya dalam hal pengambilan keputusan. Lelaki dalam hubungan sering menghargai pengambilan keputusan istrinya, tetapi diizinkan untuk membuat keputusan ketika istrinya tidak menginginkannya. 

Pada titik ini, kita mulai melihat perempuan menjadi lebih dominan, tetapi kita belum mencapai hubungan yang dipimpin oleh perempuan.

Kontrol yang ditentukan

Di sinilah perempuan mendapatkan kontrol lebih besar atas hubungan. Keputusan dibuat oleh perempuan karena dia juga mengambil peran khas lelaki seperti mengatur agenda keseharian keluarga dan rumah tangga. 

Namun, masih ada celah untuk lelaki dengan tingkat kontrol ini. Tempat perempuan bisa dominan didefinisikan dengan jelas. 

Dengan cara ini, tidak ada kebingungan tentang siapa yang mengambil tanggung jawab apa. Sebagian besar waktu, keputusan besar selalu dibuat bersama, sama seperti hubungan lainnya.

Kontrol ekstrim

Ketika seorang perempuan memiliki kontrol penuh atas hubungan, itu disebut kontrol ekstrim. Perempuan memiliki kekuatan tertinggi dalam hubungan dan menentukan semua tindakan. 

Perempuan seakan menjadikan suaminya sebagai budaknya atau dengan ungkapan lain menikmati perbudakan suaminya. Dalam hubungan seperti ini, lelaki tidak peduli dengan tingkat kontrol istrinya. Bahkan, sebagian besar waktu, dia menghargainya. 

Ini tidak berarti bahwa lelaki itu tidak berkontribusi apa pun pada hubungan itu. Keputusan penting yang mengubah hidup masih dapat dibuat bersama, hanya saja pemutus akhir adalah perempuan.

Apakah Hubungan yang Dipimpin Perempuan Dapat Berjalan?

Tak perlu dikatakan, hubungan yang dipimpin perempuan bukan untuk semua orang. Agar hubungan yang dipimpin perempuan berhasil, kedua belah pihak harus menyetujui persyaratan dan menghormati pilihan yang dibuat. Melepaskan kendali atas beberapa aspek kehidupan Anda bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. 

Itu tidak berarti bahwa hubungan yang dipimpin perempuan tidak berhasil. Faktanya, mereka bekerja dengan sangat baik. Namun, ini tidak akan berhasil jika Anda memiliki dua kepribadian yang sama-sama ingin mengambil kendali. Ini akan menyebabkan “perebutan kekuasaan” yang kita bicarakan di awal.

Kesetiaan, kepercayaan, dan humor penting dalam suatu hubungan, tetapi dapatkah Anda membayangkan sebuah hubungan di mana Anda tidak pernah tahu di mana Anda berada dengan pasangan Anda? Menyebalkan sekali. Hubungan yang dipimpin perempuan bekerja paling baik ketika terdiri dari lelaki yang penurut dan perempuan yang dominan.

Mengapa lelaki mencari hubungan yang dipimpin perempuan?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seorang lelaki mencari hubungan yang dipimpin perempuan. Bukankah setiap manusia harus bertanggung jawab? Lihat, sekarang di situlah kesalahan dibuat. 

Hubungan yang dipimpin perempuan adalah tentang mendobrak penghalang dan membiarkan perempuan mengambil alih. Perempuan jelas dapat memperoleh manfaat dari jenis hubungan ini, tetapi suatu hubungan hanya akan berhasil jika dua pihak terlibat. 

Ini pasti berarti bahwa ada juga lelaki yang benar-benar menikmati hubungan yang dipimpin perempuan. 

Jadi mengapa para lelaki ini menghargai hubungan yang dipimpin perempuan?

Pertama, seorang lelaki dapat memperoleh manfaat dari jenis hubungan ini karena dia tidak perlu membuat keputusan yang sulit atau khawatir tentang konsekuensi dari keputusan itu. 

Dia tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi sebagai akibat dari keputusan tersebut. Ini bisa menghangatkan hati bagi sebagian orang. Selain itu, tidak ada “perebutan kekuasaan” antara lelaki dan perempuan. Mereka berdua tahu di mana mereka berada dan apa yang diharapkan.

Ada juga lelaki yang seluruh aspek kehidupan mereka telah terurus, entah oleh ibu mereka atau oleh perempuan lain. Itu memungkinkan mereka untuk lebih fokus kepada karier atau hobi mereka, dan mereka selalu menikmati cara hidup ini.

Ketika lelaki tiba-tiba harus membuat keputusan sendiri dapat membuat mereka kewalahan, jadi akan sangat menghangatkan hati untuk menemukan seorang perempuan yang juga menikmati hubungan yang dipimpin oleh perempuan.

Bagaimana menciptakan keseimbangan dalam hubungan yang dipimpin oleh perempuan?

Sementara hubungan yang dipimpin perempuan bisa sangat jelas dalam hal batasan, penting untuk menciptakan keseimbangan. Lelaki dalam hubungan selalu memiliki peran penting untuk dimainkan, dan penting bagi Anda berdua untuk mengetahui posisi Anda dalam hal keseimbangannya. 

Seperti hubungan lainnya, komunikasi sangat penting. Adalah penting bahwa perempuan agar mendorong suaminya untuk mengambil inisiatif dan mengambil bagian dari tanggung jawab dalam hubungan. 

Itu tidak berarti perempuan harus bertindak seperti nyonya yang terus-menerus melecehkan suaminya untuk membuatnya melakukan sesuatu. Ini tentang saling menghormati.

Percakapan sederhana tentang apa yang Anda inginkan dari satu sama lain di awal hubungan harus menjadi dasar dari rasa hormat itu. 

Meskipun perempuan adalah pemimpin dalam hubungan, seorang lelaki harus tetap dapat berbagi pemikirannya, dan perempuan harus memperhatikannya. Rasa hormat adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan.

Kapan pun Anda merasa hubungan tidak seimbang atau ada sesuatu yang perlu diubah, inilah saatnya untuk berkomunikasi kembali. Jika Anda merasa berbicara kepada diri sendiri tentang keseimbangan ini tidak menyelesaikan apa pun, bantuan orang lain secara amatur maupun profesional mungkin akan membantu. 

Jika masih tidak berhasil, sebaiknya istirahat dan coba lagi setelah semuanya tenang. Mungkin Anda berdua mendapatkan perspektif baru tentang berbagai hal setelah periode cooldown. Ingat, suatu hubungan hanya berhasil jika Anda berdua bahagia.

K.Ah.Po.280543.010122.19.45