Apa yang terlintas di otak manusia saat mendengar kata evolusi ? Apa itu evolusi ? dan apa yang disebut dengan evolusi manusia ? Evolusi adalah sebuah perubahan yang telah terjadi dari masa ke masa. 

Jadi, evolusi manusia bisa dikatakan sebagai proses perubahan yang dialami oleh manusia dari masa ke masa atau dari zaman ke zaman. Lalu perubahan apa saja yang terjadi pada manusia ? Perubahan yang dialami manusia yaitu dari fisik hingga gen atau susunan organisme yang terdapat di dalam tubuh manusia. 

Contoh evolusi manusia secara fisik adalah perubahan bentuk tubuh, tingkah laku serta pola hidup manusia sedangkan evolusi gen manusia yang biasa disebut oleh rekayasa genetik. Sekarang saya akan membahas tentang evolusi manusia dari 3 masa yaitu : masa purba, masa sekarang dan masa depan.

Manusia Masa Purba

Manusia purba atau manusia prasejarah hidup pada masa purbakala atau zaman batu sudah menjadi penghuni bumi sejak sekitar 4 juta tahun yang lalu. Dimana zaman ini manusia hidup sangatlah sederhana dan bergantung dengan alam dan memiliki pola pikir yang masih primitif. 

Manusia mengalami evolusi sesuai dengan Teori Charles Robert Darwin yang disebut dengan seleksi alam yaitu “Seleksi alam terjadi karena proses adaptasi terhadap lingkungan untuk kelangsungan hidup. Dimana yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup dan yang tidak mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan maka akan mati atau punah".

Diketahui manusia purba hidup dengan keadaan sederhana yang primitif dan bergantung dengan alam. Contohnya manusia hidupnya berpindah-pindah secara berkelompok karena tidak memiliki tempat hunian tetapi tinggal di goa atau pohon besar untuk berteduh dari panasnya sinar matahari atau dinginnya angin malam  serta berlindung dari cekaman hewan liar. 

Tempat tinggal dan memenuhi kebutuhan makanan untuk bertahan hidup yang bergantung pada alam. Mereka makan memetik tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan hewan seperti ikan dan lainnya. Mereka menggunakan batu sebagai senjata untuk membunuh atau mendapatkan hewan yang akan dijadikan bahan makannya.

Hal tersebut sedapat dengan teori use or disuse menurut Lanmark : organisme organ yang selalu digunakan maka organ tersebut akan berkembang maksimal, apabila organ tersebut tidak digunakan maka akan mengalami penyusutan dan tidak berfungsi lagi. 

Manusia Masa Sekarang  

Masa sekarang atau lebih terkenal disebut dengan masa modern. Kenapa disebut dengan masa modern ? Iya kenapa tidak ? Karena sekarang masanya lebih canggih dan modern. Apa yang semakin modern ? Dimulai dari diri teknologi, pola pikir, serta pola hidup yang semakin modern. 

Dari segi teknologi misalnya, sangat berubah drastis dari masa purbakala hingga masa sekarang. Dulu manusia hanya menggunakan batu sebagai senjata mencari makanan yang ada di alam.

Sekarang ? manusia tidak lagi bersusah payah lagi untuk mendapatkan makanan, mereka bisa membeli bahan makanan dengan mudah di pasar tradisional ataupun modern. Jika mereka malas untuk membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri maka bisa hanya menggunakan smartphone saja bisa langsung memilih menu yang diinginkan untuk dipesan dan diantar di rumahnya oleh kurir online yang sudah meraja rela dimasa sekarang ini. 

Begitu mudah kan ?. Selain dari segi senjata atau untuk memperoleh makananan yang telah berevolusi yaitu manusia kini tidak lagi tinggal berpindah-pindah dari goa ke goa atau dari pohon secara berkelompok untuk melindungi diri dari ancaman alam. Kini manusia dengan mudahnya tidur nyenyak tanpa harus berpindah-pindah, manusia telah hidup aman dan nyaman di rumah sebagai tempat tinggal yang menetap.

Dengan berubahnya zaman dan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan modern memberikan dampak pada perubahan pola pikir manusia, pola hidup yang primitif menjadi semakin maju akan kehidupannya. 

Contohnya sekarang manusia sangatlah bergantung dengan teknologi modernnya sebut salah satunya smartphone, bisa digunakan untuk memudahkan kehidupanya dari makan, belajar, kerja, bisnis pun bisa dilakukan dengan smartphone yang ada digenggamannya. Manusia bisa lebih mengenal dunia melalui internet di google dan situs lainnya, belajar, kerja dan bisnis pun bisa secara online tanpa bertatap muka melakukannya.

Jadi hidup sekarang sangatlah lebih memadai dan sejahtera untuk bertahan hidup dibandingkan dengan di masa purbakala dan bisa jadi di masa depan akan lebih canggih lagi bukan ?

Manusia Masa depan

Kita sebagai manusia pernahkan membayangkan bagaimana kehidupan manusia di masa depan ? Mungkin seratus tahun kemudian? Bahkan seribu tahun kemudian ? Apa yang terjadi dengan manusia dan bumi ini ? Apakah manusia akan berevolusi lagi ? Menjadi seperti apakah manusia di masa depan ? 

Mari kita lihat masa depan manusia di bumi menurut prediksi Stephen Hawking ada beberapa prediksi yang diutarakan olehnya yaitu : manusia memiliki waktu 1000 tahun lagi untuk tinggal di bumi, manusia harus berpindah ke planet lain selain bumi, kalau tidak manusia akan mati di abad berikutnya, bumi akan berubah seperti venus yakni menjadi panas dengan suhu 250°C, manusia tergantikan oleh robot.

Bagaimana kita sebagai manusia setelah mendengar prediksi dari Stephen Hawking mengenai masa depan manusia di bumi ? Begitu mengerikan ? Bayangkan dari bumi yang berubah menjadi sangat panas ? Manusia yang harus hidup di planet lain dan peran manusia yang akan digantikan oleh robot ? 

Mungkin jika emang manusia digantikan oleh robot mungkin semua kegiatan yang ada di bumi akan sangat tergantung dengan alat teknologi yang semakin canggih di masa depan, semuanya menggunakan robot . 

Kemudian bumi yang berubah seperti venus yang panasnya mencapai suhu hingga 250°C dan mungkin ini yang menyebabkan manusia harus berpindah ke planet lain ? Kalau manusia tetap di bumi di masa depan mungkinkah manusia akan terbakar dan mati karena tidak bisa menahan panasnya bumi kah ? 

Dan bumi akan menjadi seperti padang pasir yang begitu gersang dan sangatlah panas ? Kita sebagai manusia hanya bisa memprediksi tidak bisa menentukan apakah itu akan terjadi ? Ataukah kehidupan manusia di bumi masa depan bahkan jauh lebih baik dari sekarang ? Kita tidak tahu.