Semester gasal belum juga selesai namun beberapa sekolah sudah memulai promosinya. Banyaknya bentuk promosi sekolah kadang membuat orang tua bingung memilih sekolah mana yang tepat untuk buah hati. Setiap orang tua tentunya menginginkan sekolah yang bukan hanya terbaik namun juga sesuai dengan kebutuhan anak.

Untuk mendapatkan sekolah yang terbaik kita perlu mengetahui informasi tentang sekolah tersebut. Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi tentang sekolah melalui sosial media, website sekolah, atau informasi dari teman.

Namun itu saja tidak cukup. Survei langsung ke sekolah adalah cara tepat agar kita mendapatkan informasi yang valid. Mengajak anak untuk mengikuti trial class juga dapat memberikan gambaran bagaimana proses pembelajaran sekolah tersebut.

Lantas informasi apa saja yang perlu kita gali dari pihak sekolah pada saat observasi?

Kurikulum

Ada dua jenis kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum internasional. Kurikulum nasional yang saat ini dijalankan di Indonesia adalah kurikulum K-13. Sementara kurikulum internasional meliputi kurikulum IB (International Baccalaureate), Cambridge, dan Montessori.

Mengetahui kurikulum sekolah membantu kita mengetahui kebijakan ataupun fokus pendidikan dari sekolah tersebut.

Waktu Belajar Efektif

Berdasarkan waktu belajar, ada dua jenis sekolah yaitu full day school dan half day school. Sekolah full day mulai pukul 07.00-15.00 sementara sekolah half day mulai pukul 07.00-13.00. Tentunya hal ini akan mempengaruhi besaran biaya sekolah.

Di era new normal, tanyakan apakah sekolah sudah mulai masuk efektif seperti biasa atau belum. Jika belum, tanyakan berapa kali pertemuan dalam seminggu. Jangan lupa tanyakan pula durasi setiap kali pertemuannya.

Kegiatan

Ada banyak kegiatan yang ditawarkan oleh sekolah di luar kegiatan kelas misalnya outing class, outbond, market day, swimming, manasik haji, home visit, kegiatan parenting dsb.

Tanyakan apakah kegiatan ini tetap berjalan selama pandemic ini. Ada beberapa sekolah yang terpaksa menghentikan semua kegiatan. Namun ada juga yang tetap menjalankannya dengan melakukan beberapa inovasi seperti outbond menggunakan metode drive thru, market day secara online dll.

Target Lulusan

Ini menjadi hal penting karena sebagai orang tua tentunya kita memiliki keinginan setelah anak kita lulus ingin menguasai sesuatu. Ada sekolah yang target lulusannya hafalan Qur'an juz 30, hafalan dan praktik Shalat dengan benar, mampu berbahasa inggris dll.

Lingkungan Sekolah

Lingkungan ini bukan hanya soal bangunan fisik saja namun juga manusia yang ada di dalamnya yaitu guru, karyawan, dan siswa. Bangunan sekolah bagus, megah namun kita juga perlu tahu kualitas dari sang pendidik.

Ketika observasi, biarkan anak berinteraksi dengan para guru dan perhatikan bagaimana gaya komunikasinya. Kita juga bisa mengamati bagaimana interaksi siswa-siswa lain dengan cara membiarkan anak kita untuk berkomunikasi dengan siswa lain.

Fasilitas

Orang tua perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas sekolah. Fasilitas sekolah terdiri dari tenaga pendidik, ruang kelas, tempat bermain, toilet, ruang kesehatan atau UKS, perpustakaan, dan juga konsultasi psikologi. Fasilitas-fasilitas tersebut apakah cukup bersih, sehat dan aman untuk anak kita.

Fasilitas layanan konsultasi psikologi menjadi hal penting karena tentunya orang tua perlu mengetahui perkembangan anak selama di sekolah bukan hanya dari rapor saja. Berkonsultasi kepada ahlinya langsung tentang kendala yang dialami anak ataupun keterlambatan perkembangan anak adalah sebuah kesempatan baik.

Jarak

Jangan lupa untuk mempertimbangkan jarak. Apalagi di masa pandemic sekolah belum bisa masuk efektif seperti biasa. Seminggu hanya dua sampai tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan hanya dua jam saja. Bisa dibayangkan bagaimana jika jarak rumah dengan sekolah terlampau jauh. Jangan-jangan baru saja masuk rumah, harus keluar lagi untuk menjemput.

Biaya

Saya rasa ini adalah hal yang pasti akan ditanyakan. Perihal biaya tanyakan sedetail mungkin. Perlu diketahui bahwa ada banyak komponen biaya yang perlu dibayarkan orang tua saat menyekolahkan anak.

Biaya administrasi. Biaya yang dikenakan pada awal saat pengambilan formulir pendaftaran. Besaran biayanya relatif paling kecil.

Biaya pembangunan. Kebalikannya biaya administrasi, besaran biaya pembangunan adalah paling besar dari komponen biaya yang lainnya. Biasanya bisa dibayarkan beberapa kali atau dicicil. Tanyakan apakah ada diskon. Makin awal kita mendaftarkan anak biasanya akan semakin besar diskon yang ditawarkan.

Biaya kegiatan. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan-kegiatan di luar proses pembelajaran kelas seperti berenang, outing class, parenting dll. Ada yang dibayarkan setiap tahun, ada juga yang dibayarkan setiap semester. Besarannya tidak semahal biaya pembangunan, namun lebih mahal dibanding SPP.


SPP. Tanyakan apakah sudah termasuk dengan makan siang dan snack. Karena ada beberapa yang ternyata belum termasuk makan siang dan snack.

Seragam dan Buku. Tanyakan berapa steel seragam yang diterima. Apakah sudah siap pakai atau masih dalam bentuk bahan. Sudah termasuk kerudung atau belum bagi siswa perempuan.

Jika sudah mengetahui cukup informasi tentang hal-hal di atas, saatnya untuk menganalisis. Sekolah mana yang sesuai dengan goals orang tua tanpa mengesampingkan kondisi anak dan kondisi keuangan kita. Jangan sampai terlalu memaksakan diri menyekolahkan anak di sekolah yang mahal sementara masih ada jenjang pendidikan lain yang akan mereka tempuh.

Hal lain yang tak kalah penting, saat survey ajaklah anak agar dia pun merasakan bagaimana suasana sekolahnya. Jangan lupa libatkan anak dalam memutuskan sekolah mana yang akan dipilih. Semangat mencari pendidikan terbaik untuk buah hati tercinta!!