Sebagai mahkota kepala, rambut pastilah nggak boleh luput dari perhatian semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Rambut, selain berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari panasnya sengatan matahari dan dinginnya suhu, memegang fungsi penting juga untuk menunjang penampilan.

Dengan berbagai model rambut, warna rambut, panjang rambut, penampilan seseorang akan terlihat semakin memukau sehingga menjaga kesehatan rambut menjadi suatu kegiatan yang cukup urgen. Begitu juga untuk perempuan yang berhijab. Meski tak memperlihatkan sehelai rambut pun, tetap harus dirawat, ya, supaya sehat.

Sayangnya, sering kali muncul masalah pada rambut seperti kerontokan. Tidak sekali dua kali terjadi, ketika menyisir rambut sekali, eh, rontok satu. Ketika menyisir rambut dua kali, eh, rontok dua. Ketika menyisir rambut sebanyak n kali, bisa-bisa rambutnya habis tak tersisa, nih. Karena rambut rontok, tingkat kepercayaan diri seseorang dapat menurun, loh!

Akar masalah dari kerontokan rambut ada berbagai macam, loh. Kerontokan rambut dapat menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan. Sedangkan penyebab rambut rontok yang paling sering ditemui adalah stress dan keturunan. Frekuensi terjadi rontoknya rambut karena faktor keturunan berbanding lurus seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Ketika stres, seseorang menjadi banyak pikiran sehingga ketahanan rambut dapat berkurang. Apalagi kalau ditambah stres memikirkan banyaknya gumpalan rambut yang tertinggal di sisir, huhu. Ada juga, nih, kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu kerontokan rambut seperti menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah, terlalu kencang saat mengikat rambut, dan sebagainya.

Tren Keramas Pakai Kopi  

Berbagai cara ditempuh seseorang untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Ada yang melakukan diet, mengonsumsi suplemen dan obat-obatan, melakukan perawatan rambut, hingga melalui perawatan medis yang pastinya memerlukan biaya yang besar. 

Nah, beberapa waktu yang lalu, muncul sebuah video di aplikasi TikTok yang membawakan alternatif solusi untuk kerontokan rambut. Video tersebut menghadirkan kombinasi antara sampo dan kopi yang digunakan untuk keramas. Tak disangka-sangka kombinasi tersebut membuahkan hasil.

Video tersebut langsung viral dan membuat banyak orang mencobanya karena bahan yang digunakan pun terjangkau harganya dan mudah didapatkan. Tak hanya viral di TikTok, loh, video tersebut juga menyita perhatian dari warga Twitter dan menjadi bahan perbincangan di sana. Apa sobat-sobat juga pernah nonton videonya?

Rambut yang semula rontoh parah kini mulai menunjukkan adanya perubahan. Hal yang dirasakan oleh penggunanya adalah rambut menjadi tidak mudah rontok, menjadi halus, dan lebih mudah untuk diatur. Bahkan ketombe juga ikut berkurang. Wow, bukan sulap bukan sihir! Hal ini tentu saja sangat didamba-dambakan oleh seseorang yang memiliki masalah kerontokan.

Sebenarnya kandungan apa, sih, yang dimiliki kopi sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut? Sempat mengira ini hanyalah sugesti pemakainya karena masih terkejut dan tidak percaya dengan hasilnya. Masih speechless, kopi nggak cuma buat diseduh aja ternyata.

Rahasianya, nih, di dalam kopi ada antioksidan tinggi yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut, mencegah penguapan air berlebih, dan meregenerasi rambut menjadi sehat. Kopi yang diaplikasikan sebagai scrub pada rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut. Hal ini memberikan hasil kulit kepala yang bersih juga rambut tumbuh lebih cepat, kuat, dan tebal.

Resep Rahasia yang Efektif

Nah, buat yang penasaran, nih, ada cara yang cukup efektif untuk memanfaatkan kopi saat keramas. Bahan yang digunakan cukup sampo dan kopi kemasan tanpa gula. Yuk, segera persiapkan dan nanti dicoba, ya, dengan mengikuti langkah-langkah berikut!

Pertama, basahi rambut terlebih dahulu. Kemudian tuang sampo secukupnya dan beri kopi dengan takaran 1:1 atau sampo lebih banyak daripada kopi. Kemudian gosok hingga berbusa dan usapkan pada rambut kepala secara merata. Setelah itu bilas hingga bersih. 

Lalu keramas menggunakan sampo sekali lagi untuk memastikan tidak ada kopi yang tertinggal. Setelah itu, bilas hingga bersih. Bila diinginkan, gunakan conditioner untuk hasil yang lebih maksimal. Mudah sekali, bukan?

Tentu hasil tiap orang berbeda-beda dan penggunaan kopi ini ada efek samping yang harus diperhatikan. Jika terlalu sering digunakan, kopi dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala sehingga disarankan untuk keramas menggunakan kopi seminggu sekali saja.

Sebenarnya trik keramas menggunakan kopi sudah ada sejak lama. Nah, selain itu ada hal yang perlu diperhatikan juga antara lain rajin membersihkan rambut, menghindari kebiasaan yang dapat merusak rambut, memberi nutrisi dan perawatan yang tepat pada rambut, dan mengonsumsi makanan yang sehat.  

Menjaga dan merawat rambut dapat ditempuh dalam berbagai cara. Itu tadi adalah salah satu alternatif mengatasi rambut rontok dengan menggunakan duet antara kopi dan sampo. Sangat sayang apabila tidak dicoba, mengingat terjangkaunya bahan dan mudahnya cara pengaplikasiannya. Dijamin nggak bikin dompet menangis, deh!