Kabupaten Bandung Barat, lebih tepatnya di area Bendungan Saguling menjadi destinasi wisata geografi yang menarik sehingga dapat dikunjungi saat Anda mempunyai waktu luang yang tepat ditambah lagi di area sana dapat menikmati beberapa pilihan destinasi tetapi satu kesatuan dalam satu kawasan.

Wisata geografi menjadi aset untuk kemajuan pariwisata dalam jangka panjang, sesuai dengan konsep sustainable tourism. Kabupaten Bandung Barat menjadi lokasi paling tepat untuk Anda yang menyukai wisata geografi. Sanghyang heuleut disertai sirtu island menjadi lokasi yang menjual dimensi geografi.

Destinasi yang dimaksud adalah Sanghyang Kenit, Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek Bandung Purba, Sanghyang Heuleut dan masih banyak lagi, akan tetapi di sini penulis berfokus pada destinasi Sanghyang kenit yang diwarnai dengan indahnya sirtu Island di Bendungan Saguling.

Menuju lokasi Sanghyang kenit Anda harus memasuki kawasan perusahaan PT. Indonesia Power dan tidak usah khawatir mengenai birokrasi karena di depan gerbang tersedia satpam yang berjaga sehingga siap menyambut wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di area destinasi Bendungan Saguling.

Untuk memudahkan terhadap akses menuju ke lokasi destinasi dapat menggunakan google maps yang dijamin akurat terhadap lokasi destinasi sanghyang heuleut maupun sirtu Island. Untuk waktu tempuh menuju ke sana memerlukan waktu sekitar 1 Jam perjalanan apabila perjalanan dimulai dari Kota Bandung menuju area destinasi sanghyang heuleut atau sekitarnya.

Tak lupa di sana terdapat Tour Guide yang handal untuk memandu anda dan memberikan informasi mengenai Sangkiang Helet yang disertai dengan nilai edukasi yang diberikan saat guideing berlangsung.

Memiliki dimensi geografi yang beragam membuat Sanghyang Heuleut menunjang Gua yang terhubung dengan destinasi lainya, hal tersebut menjadi satu kesatuan yang menimbulkan keunikan di setiap bagian-bagianya. Apabila Anda menyukai wisata extreme di sana terdapat area untuk menyelam dengan kedalaman 2 meter sehingga dapat melihat lebih dalam mengenai potensi keindahan geografisnya.

Apabila merasa bosan dengan walking tour di daerah sana, Anda dapat merasakan wisata bahari yang alam sediakan. Dengan bermodalkan perahu karet dan River Ban dapat membantu Anda untuk dapat merasakan kenikmatan selama berwisata di sana. Tidak usah khawatir mengenai penunjang kebutuhan saat berwisata. Disana terdapat fasilitas yang cukup mumpuni seperti lahan parkir, toilet, mushola, kantin yang cukup nyaman saat digunakan.

Saat semuanya hampir rampung di Sanghyang heuleut, Anda bisa berlanjut ke atas menuju lokasi Sirtu Island. Memerlukan waktu sekitar setengah jam membuat Anda bisa beristirahat dulu di dalam mobil sambil menuju ke daerah sana.

Setelah tiba di Bendungan Saguling Anda akan memasuki kawasan sirtu Island, di sana Anda dipandu oleh tour guide handal yang merupakan warga lokal di daerah sana. Konsep menikmati sirtu Iceland dengan perahu yang telah tersedia di sana membuat daya tarik tersendiri buat Anda penikmat ekowisata. Keindahan sirtu Iceland menjadi dampak dari letusan gunung purba Bandung yang ditandai dengan banyaknya bebatuan berbentuk gua-gua di beberapa tempat di Bendungan Saguling.

Adanya perahu di sirtu Island menjadi syarat mutlak untuk menunjang wisata di area Bendungan, perahu yang terbuat dari kayu dijamin aman untuk digunakan oleh wisatawan, terlebih lagi saat menggunakan perahu para wisatawan harus memakai pelampung sehingga rekreasi di area Bendungan atau sirtu Island dijamin aman untuk keselamatan.

Terdapat banyak dimensi geografi terletak di sana, penemuan fosil gajah dan tanduk kijang menjadi tanda bahwa di sana memiliki beberapa peninggalan dari masa purba ribuan tahun yang lalu. Hal tersebut menjadi nilai sejarah penting bagi negara Indonesia.

Keberadaan gua-gua klasik membuat keunikan dan apabila kita melewati gua tersebut. Keunikan terdapat pada suara seperti suling apabila ada air masuk kedalam gua tersebut dan hal itu akan terdengar saat kita melintasi area gua dengan perahu.

Terlepas dari fosil-fosil di area sirtu Island, di Bendungan Saguling juga terdapat penangkaran ikan yang menjadi tempat produksi di mana ikan tersebut di export ke berbagai daerah di nusantara.

Ikan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan karena di sana Anda dapat memberi makanan ikan dengan sumber makanan telah disediakan di tempat penangkaran. Lebihnya lagi Anda dapat menikmati minuman kopi sambil menikmati keindahan sirtu Iceland dan akan terasa lebih indah apabila menjelang malam karena matahari akan mulai terbenam sehingga langit senja mulai terlihat. Bukan hanya ikan saja yang terdapat di area penangkaran tersebut, ada juga udang air tawar yang menarik apabila kita beli secara langsung di sana, kenapa? karena harga yang relatif sangat murah sekitar Rp.80.000/Kg.

Jadi destinasi wisata seperti sanghyang kenit serta sirtu island dapat menjadi alternatif buat Anda para wisatawan yang menyukai wisata di alam, wisalah olahraga dan wisata edukasi. Waktu luang kalian dapat digunakan saat berwisata di Kabupaten Bandung Barat yang akan berdampak pada pengalaman yang menarik dan dapat mengubah pola pikir.