Negeri sahmura yang dulunya damai sejahtera. Perbedaan dianggap biasa, karena mereka sadar perbedaan adalah aset yang paling berharga. Tak pernah ada kontra hanya karena beda. Berbeda ras, suku, pandangan, agama bahkan budaya.

Hah! sayang, sekarang aku tak mengerti sama sekali dimana aku berada. Gambaran tentang tempat yang dulu ku tinggali bukan tempat yang seperti ini. Tempat yang dulu membuat netra tak berkedip karena dewana. Tetapi tempat itu kini tampak kelam penuh dusta.

Di sekolah kita diajarkan Bahwa Indonesia adalah negeri yang rukun, toleransi, santun, dan ramah dengan sesama. Namun di televisi putra-putri kita melihat berita kekerasan, hanya berbeda pendapat berujung saling melapor, politikus debat kusir dengan kata satir, saling mencerca hanya karena berbeda cara, dan melakukan kejahatan atas nama agama.

Ini tempat apa? Sungguh apa yang diajarkan dan dihafalkan di sekolah, sangat tak sesuai dengan apa yang disaksikan oleh mata.

Sebenernya apa yang  direncanakan? Siapa di belakang sana yang sedang bermain peran? Dan apakah benar hal ini akan berujung keretakan?

Siapapun kalian. Entah yang punya jabatan ataupun pengangguran. Yang benar-benar punya power atau hanya sok-sokan.

Yang dengan tanpa dosa melontarkan hinaan walau dibalut rapi dengan candaan. Serta yang ringan tangan, saling pukul hanya karena berbeda pandangan.

Stop! Untuk kalian yang suka mencari pembenaran, yang berniat menyatukan namun faktanya sekadar menyatakan, yang suka mencari hingga membuat permasalahan.

Masih banyak orang-orang mengeluh karena mendengar perutnya yang berisik. Maka jangan lakukan itu hingga membuat rakyat terusik.

Kembalikan muruah Indonesia. Dimana cendala dan hukaman saling bersuka ria. Dimana terlontar dorongan dan saran untuk perbaikan, bukan untuk menjatuhkan.

Kembalikan muruah Indonesia. Yang tak pernah kaget akan perbedaan, hingga satu sama lain duduk bersama menyaksikan sinar rembulan.

Kembalikan muruah Indonesia. Bahwa kita sebagai pemuda, harus membuktikan kepada adik-adik dan para penerus bangsa. Teori yang mereka pelajari di atas meja, akan kita buat sesuai dengan realita.

Bersama majukan Indonesia, jangan lempar isu tanpa data dan berbuatlah yang terbaik untuk negeri tropis yang mempesona.

Menjadikan perbedaan sebagai aset berharga bangsa Indonesia

Bait-bait yang saya tulis di atas adalah kegelisahan pribadi ketika melihat Indonesia saat ini. Surga dunia yang selama ini kita tempati, seakan sudah tak berdamai lagi. Bagaimana tidak, dulu perbedaan di Indonesia begitu dihargai, namun sekarang perbedaan adalah senjata tajam untuk peperangan. 

Perdebatan di kalangan elit, terlebih di televisi bukan untuk memecahkan permasalahan melainkan mematikan lawan. Padahal, banyak dari mereka yang di belakang panggung berkawan atau bahkan menjalin kerjasama dalam perusahaan. 

Mungkin itulah sebabnya kalangan bawah juga melakukan demikian. Mereka mengira tokoh-tokoh yang ditampilkan adalah pahlawan, sehingga harus mereka tiru sebagai panutan. 

Padahal perbedaan di Indonesia sudah ada sejak zaman dulu dan seharusnya kita berbangga akan hal itu. Dari semua perbedaan ada hal yang paling penting yaitu "kemanusiaan". Manusiakanlah manusia, jangan kalian berlaku semena-mena hanya karena beda. 

Oleh karena itu, saya ingin mengajak bahwa kita harus menjadikan perbedaan sebagai aset bangsa Indonesia. Saya ingin membawa kalian untuk mengeksplor negeri kita. Agar kalian sadar bahwa, selain perbedaan pendapat, perbedaan pilihan pemimpin, Indonesia juga banyak mempunyai perbedaan-perbedaan lain. Beda bahasa, suku, agama dan budaya yang justru menjadi aset berharga. Semua perbedaan itu bersatu dalam sebuah bingkai keberagaman. 

Mengeksplor Indonesia

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang berintelektual namun enggan mengeksplor negaranya sendiri dan memilih keluar negeri. Apakah hal ini salah? Tentu tidak, namun karena hal ini mereka yang keluar negeri menganggap negara yang dikunjungi lebih indah, lebih baik dan lebih kaya ketimbang Indonesia. 

Padahal sebenarnya, mereka yang kurang mengenal negara mereka sendiri. Dengan tidak mengenal negara sendiri, juga menjadi salah satu sebab mengapa Indonesia begitu terpolarisasi dan lebih memilih menyerang satu sama lain. Ketika mereka sadar betapa kaya nya Indonesia, saya yakin mereka akan lebih menghargai sesama. 

Mari kita eksplor Indonesia, oke dibandingkan dengan negara lain tentu Indonesia memiliki banyak kelebihan yang harus diunggulkan dan dibanggakan. Di Indonesia terdapat banyak keberagaman yang begitu bervariasi serta unik. 

Dalam bidang seni, Indonesia mempunyai banyak keunikan yang diakui dunia, seperti tari saman dari Aceh, tari lengger dari Jawa Tengah, dan tari tor-tor dari Medan. Itu hanyalah seklumit tari yang ada di beberapa daerah.

Selain mempunyai keanekaragaman dalam bidang seni tari, terdapat pula bidang lainnya, seperti bidang seni sastra, seni pertunjukkan, seni suara dan lain sebagainya. 

Letak geografis Indonesia juga sangat menguntungkan, secara astronomi Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT yang menyebabkan Indonesia berada pada garis khatulistiwa dan menerima sinar matahari sepanjang tahun.

Dengan letak geografis ini, Indonesia mempunya banyak sekali flora dan fauna di setiap daerahnya yang berpotensi tidak akan tumbuh jika ditanam di daerah lain atau negara lain. Misalnya tanaman asli Indonesia yaitu Edelweiss Jawa.

Tanaman ini hanya tumbuh pada daerah yang dingin, seperti dataran tinggi atau pegunungan. Bunga ini dapat ditemukan di Gunung Gede, Pangrango, Papadayan, dan Rinjani. 

Maka disini letak geografis sangat berpengaruh. Saat ini, Edelweiss
Jawa kiat berkurang populasinya. Hal ini dikarenakan masyarakat yang memetik dengan sembarangan tanpa mau mengembangbiakkannya. Dengan demikian, masyarakat perlu untuk terus melestarikannya agar tidak punah serta dapat dilihat sampai pada generasi selanjutnya.


Budaya lokal Indonesia juga sangat beranekaragam. Budaya di setiap
daerah mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Mulai dari
sistem kekerabatan, etika pergaulan, pakaian adat, rumah adat, tari tradisional, alat musik tradisional, senjata tradisional, bahasa dan dialek, instrumen dan lagu daerah, ilmu pengobatan, serta kuliner. Hal ini merupakan daya tarik bagi masyarakat luar untuk mengunjungi Indonesia.

Banyak warga negara lain yang ingin mempelajari mengenai keanekaragaman yang ada di Indonesia dan kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga akan hal tersebut.


Dengan adanya berbagai keanekaragaman yang ada, maka sebagai warga negara yang baik, kita perlu untuk mengeksplore Indonesia setiap waktu. Dimulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu lalu diikuti dengan yang ada di daerah lain. 

Selain mengeksplore, kita juga perlu untuk selalu melestarikan keanekaragaman yang ada agar tidak punah atau hilang. Dari sini kita akan paham, betapa berharganya sebuah perbedaan dan betapa indahnya tempat kelahiran kita. 

Dengan begitu, tentu kita tak akanmengolok-olok budaya lain, melainkan mengeksplor dan mempelajarinya. Dari situlah rasa kemanusiaan serta nasionalisme akan berkobar dan berkibar. Hal itu akan berdampak kepada bagaimana cara kita menghargai sesama manusia, menghargai pendapat yang berbeda, menghargai pilihan yang berbeda dan lain sebagainya. Kita harus selalu ingat, kita ada di dalam rumah yang sama yaitu "Indonesia".