Digitalisasi teknologi pun juga dapat memberikan efek yang positif dan negatif terhadap kegiatan ekonomi perusahaan jika digunakan dengan baik. Lantas, mengapa banyak tingkat pengangguran ketika digitalisasi teknologi berkembang pesat? Apakah mereka masih tidak terbiasa dengan teknologi, atau malas untuk beradaptasi dengan keadaan yang sekarang?.

Kebanyakan mereka sudah menyerah dengan mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat, ditambah dengan niat, usaha dari seseorang tersebut untuk melakukan suatu perubahan. Sehingga digitalisasi teknologi pada perusahaan jasa menjadi faktor utama dalam meningkatkan tingkat pengangguran.

Secara Umum, Digitalisasi teknologi adalah suatu keadaan teknologi yang memiliki dampak terhadap aktivitas kita maupun aktivitas suatu perusahaan.

Menurut Gartner.com, digitalisasi sebagai “penggunaan teknologi digital untuk mengubah sebuah model bisnis dan menyediakan pendapatan baru dan peluang-peluang nilai yang menghasilkan; ini adalah sebuah proses perpindahan ke bisnis digital.”

Digitalisasi teknologi bisa membawa suatu perubahan terhadap aktivitas – aktivitas seperti perekonomian, keamanan, dan lain-lain. Sehingga, aktivitas yang dilakukan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar, karena dari digitalisasi teknologi tersebut dapat membuat suatu pelaku kegiatan tersebut dapat melakukan secara lancar.


Digitalisasi teknologi memiliki berbagai macam yang memiliki ciri khas digitalisasi tersebut. Seperti digitalisasi teknologi yang di mana tenaga manusia secara tidak langsung tidak digunakan lagi, terlebih lagi akan digantikan dengan teknologi yang sudah sangat maju. Karena teknologi yang sudah sangat maju dapat bekerja secara sendiri untuk melakukan suatu aktivitas perusahaan, seperti perusahaan jasa yang secara perlahan sudah menggunakan metode ini.


Sehingga digitalisasi teknologi tersebut memiliki dampak yang lumayan besar untuk suatu perusahaan, terutama perusahaan jasa yang notabene lebih menggunakan digitalisasi teknologi seperti SiCepat.

Dampak digitalisasi teknologi dapat berupa positif dan negatif tergantung dari sudut pandang tersebut. Namun secara tidak langsung memiliki dampak negatif yang lumayan banyak untuk suatu perusahaan jasa, misalkan. Perusahaan jasa saat ini sudah menggunakan digitalisasi teknologi untuk membantu kegiatan perusahaan mereka dengan cepat.


Lalu dampak tersebut juga akan terasa sampai kegiatan ekonomi perusahaan yang di mana kegiatan tersebut bisa mencakup secara luas. Dengan adanya digitalisasi teknologi dapat memberikan efek bagus terhadap kegiatan ekonomi perusahaan seperti lancarnya aliran keuangan perusahaan ketika dipindahkan ke suatu tempat tanpa adanya hambatan. Sehingga, kegiatan ekonomi tersebut akan berjalan secara mulus tanpa khawatir akan hambatan suatu masalah.



Digitalisasi tersebut juga memiliki dampak terhadap kegiatan ekonomi perusahaan yang di mana kegiatan tersebut bisa mencakup secara luas. Dengan adanya digitalisasi teknologi dapat memberikan efek bagus terhadap kegiatan ekonomi perusahaan seperti lancarnya aliran keuangan perusahaan ketika dipindahkan ke suatu tempat tanpa adanya hambatan.

Namun, kegiatan ekonomi perusahaan pasti memiliki dampak yang tidak bagus ketika menggunakan teknologi tersebut secara tidak benar. Teknologi dapat dimanipulasi apalagi teknologi yang menyambung terhadap suatu kegiatan ekonomi  perusahaan. 

Kegiatan ekonomi tersebut bisa saja digambarkan dengan beberapa masalah seperti masalah software suatu perusahaan yang dapat mengganggu kegiatan ekonomi perusahaan tersebut.

Seperti contohnya penggelapan dana terhadap suatu perusahaan yang di mana pelaku akan manipulasi data keuangan suatu perusahaan tersebut. Secara tidak langsung, digitalisasi teknologi juga memberikan celah yang luas untuk para pelaku untuk melakukan kegiatan illegal tersebut. 

Maka dari itu perusahaan sudah mengembangkan keamanan cyber agar tidak terjadi pembobolan software mereka untuk memanipulasi data perusahaan yang di mana akan memberikan efek permasalahan jangka Panjang.

Dengan adanya digitalisasi teknologi memberikan dampak yang buruk seperti meningkatnya pengangguran. Dari meningkatnya pengangguran, banyak juga yang menjadi faktor kenapa terjadinya hal tersebut, seperti Tidak diterimanya di lapangan kerja, kehidupan ekonominya yang belum mencukupi, dan ketinggalan zaman seiring teknologi maju yang membuat manusia banyak menjadi pengangguran. 

Faktor – faktor tersebut bisa terjadi karena orang tersebut tidak memiliki keinginan yang maju, tidak mau beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi yang baru, dan ekonominya bisa saja tidak cukup untuk kehidupan. Faktor tersebut bisa menjadi faktor utama mengapa terjadinya pengangguran yang di mana teknologi sudah berkembang sangat pesat seperti zaman sekarang, oleh karena itu kita harus bisa beradaptasi dan menggunakan teknologi dengan baik dan benar.


Pengaruh digitalisasi teknologi terhadap pengangguran sangat besar. Orang yang tidak bisa menggunakan teknologi dengan baik dapat mengganggu karir pekerjaan mereka yang di mana teknologi sangat dibutuhkan dan bisa digunakan dengan baik oleh diri kita sendiri. 

Selain itu, orang yang tidak bisa menggunakan teknologi rata – rata mereka tidak mengerti cara menggunakan teknologi, contoh sederhananya seperti menggunakan Handphone. Sehingga mereka merasa bahwa teknologi lah yang menghambat diri mereka sendiri.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa digitalisasi teknologi bisa memberikan dampak positif dan negatif. Karena teknologi sekarang ini sedang berkembang pesat, maka secara tidak langsung kita harus bisa beradaptasi dengan teknologi yang berkembang pesat. 

Kehidupan ekonomi dan suatu perusahaan juga sangat bergantungan dengan teknologi yang dimana jika mereka tidak mengikuti perkembangan, maka mereka akan gagal. Sehingga mereka selalu mengikuti perkembangan zaman guna untuk menjalankan suatu perusahaan mereka.