Desainer Grafis itu apa sih? Apa itu nama pekerjaan? 

Halo temen temen semuaa! Kalian pernah denger nggak sih kalimat pertanyaan di atas? Hmm, kayanya sering banget ya diucapin sama masyarakat awam. Okaii, sebelum mengenal desainer grafis kita perlu tahu lebih dulu apa arti dari desain grafis. 

Apakah zaman sekarang ada yang belum mengetahui desain grafis? Desain grafis itu merupakan bentuk penyampaian visual yang digunakan untuk memberi pesan atau informasi seefisien mungkin menggunakan media gambar. 

Dalam seni grafis, tulisan juga dianggap gambar karena hasil dari abstraksi simbol yang dapat didengar. Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul “New Kind of Printing Calls for New Design” yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.

Pada dasarnya, desain grafis terbagi jadi 2 jenis, yaitu menggunakan jenis grafis bitmap atau jenis grafis vektor.

 Untuk jenis grafis bitmap sendiri sistemnya adalah dengan pengumpulan banyak titik-titik warna hingga menjadi suatu gambar atau visual. Jenis grafis ini mementingkan banyaknya jumlah titik-titik warna, jadi semakin banyak jumlah titik-titik warna akan membuat desainmu terlihat lebih tajam, sedangkan pada jenis grafis vektor sistemnya dengan mengombinasikan garis dengan titik sehingga membentuk bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi.

Sementara itu di lain sisi, jenis grafis seperti bitmap atau vektor memliliki perbedaan yang cukup signifikan dengan jenis desain grafis sebelumnya.

Vektor ini terbentuk dari garis dengan ukuran penyimpanan file yang kecil, hasil gambar lebih jelas saat diperbesar dan kualitas tidak bergantung pada banyaknya pixel. Sedangkan untuk bitmap ini terbentuk dari titik dengan ukuran penyimpanan file yang besar, hasil gambar tidak jelas saat diperbesar dan kualitas bergantung pada banyaknya pixel.

Dalam pemilihan jenis grafis, saya pribadi lebih suka menggunakan jenis grafis vektor karena sudah dijelaskan bagaimana keunggulannya. Akan tetapi ini bukanlah suatu takaran mutlak untuk desainer lain. Kembali lagi kepada desainernya, mungkin beberapa desainer sudah nyaman menggunakan jenis grafis bitmap

Pemilihan jenis bitmap atau vektor pada hasil akhirnya tidak terlalu perlu diperdebatkan karena pada akhirnya keduanya akan menghasilkan produk visual yang sama sama menarik dan indah. Desain grafis sendiri punya beberapa macam fungsi, antara lain bisa digunakan untuk promosi logo perusahaan, vektor karakter, poster, brosur, dan masih banyak lagi.

Nah… Setelah mengetahui jelas tentang apa itu desain grafis, jenis, dan juga fungsinya, bagaimana menurut kalian tentang perkembangan desain di negara kita? Seiring berjalannya waktu, perkembangan desain grafis pada industri 4.0 di Indonesia terbilang cukup pesat. 

Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan maupun industri yang menggunakan logo dalam memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Selain itu, program studi pada perkuliahan dan kursus desain grafis sekarang semakin banyak tersedia berbanding lurus dengan meningkatnya peminat di bidang ini.

Nah… Pesatnya permintaan dan kebutuhan pada desain grafis ini memicu orang orang di  luar sana yang belum mendapat pekerjaan atau ingin mencari kerja sampingan tertarik oleh hal ini. Mereka semua ingin mengetahui lebih tentang desain grafis dan menjadikan ladang bisnis mereka sendiri. 

Jadi, yang mengerti desain grafis bukan hanya orang yang berpendidikan atau kursus khusus tentang desain saja. Apalagi sekarang desain grafis dapat diakses atau dibuat melalui device mobile atau yang biasa kita dengar dengan HP

Dengan device mobile ini memberikan hasil yang tidak kalah bagus dengan hasil yang dikerjakan di komputer atau PC. Namun, hanya beda di kelengkapan yang dimiliki media komputer atau PC.

Untuk desainer grafis yang baru saja menginjakkan kakinya pada dunia desain grafis sebaiknya belajar menggunakan device mobile yang lebih praktis dan simple. mengetahui bagaimana menyenangkannya device mobile untuk mendesain, supaya rasa suka pada desain lebih meningkat. 

Saya sendiri sudah merasakan bagaimana hasil jika menggunakan device mobile, hasil juga tidak kalah keren. Saya mempunyai rekomendasi beberapa aplikasi untuk mendesain grafis, antara lainnya: 

Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDraw dan ClipstudioPaint pada PC. Serta Ibis PaintX, Infinite design, Autodesk Skecthbook, dan Medibang paint untuk teman-teman desainer grafis yang menggunakan HP.

Pada Zaman Industri 4.0 sering dibutuhkan jasa untuk mendesain grafis. Antara lain penggunaannya digunakan sebagai desain produk, media promosi, desain motion grafis dan lain lain, maka dari itu akhir-akhir ini sangat marak bermunculan desainer grafis dadakan.

Nah itulah beberapa penjelasan bahwa jika kita terampil dalam hal desain grafis akan terlihat keren dan berwawasan teknologi digital. Jadi, semua orang bisa menjadi desainer grafis di zaman sekarang. 

Jangan takut desain pertamamu jelek, karena saya yakin, tidak ada percobaan pertama yang sempurna. Maka dari itu tugas kita selanjutnya ialah perbanyak mencoba hingga desain kita terlihat sempurna, (atau paling tidak 98% nyaris wkwk). 

Sekarang temen-temen udah tau kan seberapa manfaatnya belajar desain grafis? Jadi, Kuy! Nunggu apalagi?! Ayo install dan jalankan aplikasinya sekarang untuk menjadi bagian dari desainer grafis dipaling up to date tahun 2020!