Mencari kos impian bisa dibilang susah-susah gampang. Penginnya sih fasilitas lengkap, tapi apa daya dana pas-pasan. Giliran dapat yang pas di kantong, penampakan kosnya rada suram. Hadeh

Sebab, bagaimanapun juga kos merupakan rumah keduamu. Kamu akan tinggal di sana dan pastinya membutuhkan kenyamanan. So, buat kamu yang sedang pusing mencari kos-kosan, simak terlebih dahulu 4 tips berikut!

1. Lakukan Survei!

       Langkah pertama ialah melakukan survei! Cobalah lempar pertanyaan ke media sosial untuk tahu gambaran kos-kosan di daerah yang kamu cari. Selain itu, cari juga lewat aplikasi pencari kos seperti Mami Kos. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mendapat informasi harga sewa, lokasi, gambar huniannya, hingga nomor pemiliknya.

Sedangkan, bagi mahasiswa baru kamu bisa minta tolong ke senior atau panitia ospek guna membantumu. Cara ini akan jauh lebih mudah karena mereka sudah punya banyak referensi kos-kosan di sekitar kampus.

Dengan begitu, kamu bisa ikut melihat keadaannya secara langsung! Mengecek kondisi kebersihan kamar, fasilitas. hingga lingkungannya.

Soalnya kalau hanya mengandalakan foto saja kadang kala bisa timbul rasa kecewa jika realitanya enggak sesuai ekspektasimu. Maka ada baiknya kamu lakukan survei secara langsung saja!

2. Pertimbangkan Soal Bujet

Setelah melakukan survei dan mendapat banyak referensi maka selanjutnya adalah mempertimbangkan besaran bujet! Berapa bujet yang kamu sediakan? Tentu saja harga kos-kosan bervariasai. Banyak faktor yang memengaruhinya. Mulai dari luas kamar, fasilitas, hingga strategis atau tidak lokasinya.

Kalau memang memiliki uang yang lebih dan sangat mempertimbangkan kenyamanan. Maka kamu bisa menyewa kos-kosan dengan fasilitas yang lebih lengkap. Misalnya dilengkapi AC, kamar mandi dalam, plus dapur pribadi.

Akan tetapi, apabila uang yang kamu miliki pas-pasan. Kamu bisa mengakalinya dengan menyewa kamar yang lebih kecil atau minim fasilitas. Oh iya, berbagi kamar dengan teman juga bisa jadi sebuah win-win solution!

Biasanya uang sewa dibayarkan tiap bulan sekali atau satu tahun sekali tergantung bagaimana kesepakatannya. Kalau kamu memilih membayar per bulan sekali tentu akan lebih murah ketimbang per tahun. 

Sedangkan kalau per tahun, sekalinya membayar enggak perlu lagi deh kepikiran soal uang sewa. Hanya saja selama setahun itu kamu enggak bisa pindah. Banyak plus minusnya ya bestie!

3. Fasilitasnya Gimana Ya?

       Selayaknya rumah, kos juga perlu didukung fasilitas menunjang. Tentu saja kenyamanan menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih kos-kosan. Walaupun sebenarnya, kembali lagi kepada besaran bujet yang dimiliki. Namun paling tidak, beberapa fasilitas tetap harus diperhatikan. Misalnya kamar mandi dan WiFi.

Kalau kamu seorang mahasiswa atau pegawai kantoran yang banyak membutuhkan akses  internet, pastinya keberadaan WiFi penting sifatnya. Dengan pertimbangan, menggunakan paket data internet akan jauh lebih banyak memakan biaya.

Begitupun dengan kamar mandi. Mungkin buat kamu yang harus berangkat pagi-pagi dan enggak punya cukup waktu untuk menunggu giliran mandi, maka keberadaannya jadi sangat penting. 

Oleh karena itu, pilihlah kamar kos dengan kamar mandi dalam. Kalau tidak, pastikan kamar mandi di kos-kosan tersebut enggak hanya satu atau dua sehingga tak membuang banyak waktu untuk urusan mandi.

Jangan lupa juga soal kelengkapan isi kamar! Apakah kos yang disewa telah menyediakan kasur, lemari, meja, kursi, dsb atau kamu mesti mengisinya sendiri? Sebab, kalau kamu menyewa ‘kos kosongan’ maka perlu membeli perabotannya bukan? Well, pikir matang-matang dulu!

4. Perhatikan Soal Aturan Kos-kosan!

   Setiap kos-kosan punya aturan berbeda-beda. Maka, hendaknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada pemilik kos tersebut. Harapannya, kamu paham dan enggak akan melanggar aturan yang ada. Enggak mau kan sampai diusir ibu kos apalagi warga sekitar!

Aturannya pun boleh dibilang standar, seperti pada umumnya. Ada yang menerapkan jam malam. Artinya, kamu harus balik ke kos sebelum jam tertentu. Lewat dari itu biasanya gerbang sudah dikunci nih. Mau enggak mau numpang dulu deh ke kosan teman.

Giliran nginep di kosan teman, eh suruh bayar. Karena ada juga yang melarang teman untuk ikut nginep. Kalaupun boleh, biasanya disuruh ikut membayar meski cuma semalam. 

Bisa Rp50.000, Rp25.000, macam-macam tarif harganya. Jadi, jangan sampai kamu dimusuhi teman gara-gara dibilang pelit. Wong nyatanya aturannya begitu!

Selain itu, biasanya kos-kosan juga melarang membawa tamu lawan jenis. Kalau ini kita semua tahu dong alasannya. Makanya kalau kamu punya pacar atau teman lawan jenis, cukup bertamu di ruang tamu saja yes.

Namun jangan salah, ada juga lo kos-kosan bebas! Jadi, kamu bebas bawa teman, keluarga, pacar, tetangga, atau neneknya tetangga sekalipun juga boleh. Penghuninya punya kebebasan dan fleksibilitas penuh. Mau pulang jam 3 pagi? Tenang! Namanya juga kos bebas, yang penting jangan telat bayar sewanya!

Itulah 4 tips mendapatkan kos-kosan impian. Pokoknya, makin banyak kamu survei dan dapat referensi kos-kosan akan makin mudah pula dalam mempertimbangkan pilihanmu. Sesuaikan juga dengan bujet yang dimiliki. Dengan demikian, kamu enggak merasa terbebani soal uang sewa.