Peneliti
1 tahun lalu · 74 view · 3 min baca · Hiburan 38377_46459.jpg

Dapat Kaos Keren? Terima Kasih, Qureta!

Di sela-sela hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya, di sore itu, dua hari yang lalu, tiba-tiba saya mendapat pesan melalui email dari Redaksi Qureta. Awalnya penasaran juga pesan apa gerangan yang dikirim Qureta. Ketika saya buka dan membaca pesannya, ternyata semacam bentuk apresiasi atas tulisan-tulisan saya yang dimuat di Qureta selama ini. Alhamdulillah.

Apresiasi ini adalah penghargaan dan perhatian Qureta yang luar biasa bagi saya. Sekaligus, bagaimana redaksi Qureta menyapa dan menjalin komunikasi dengan penulis-penulisnya, dan ini adalah bentuk motivasi dan sugesti bagi saya untuk terus semangat menulis, berkarya, berbagi dan menginspirasi.

Karena, jujur saja, saya kadang-kadang dirundung rasa malas, dihinggapi rasa tidak mood, berada pada kebuntuan ide dan menurunnya gairah saya untuk menuangkan gagasan dalam sebuah tulisan.

Padahal, sejak kenal dan bergabung dengan Qureta, minat, hasrat dan gairah saya untuk menulis sangat menggebu dan menyala-menyala. Saya merasakan bahwa menulis itu gampang-gampang susah.

Dibilang gampang, ternyata susah juga. Dibilang susah, ternyata tidak juga. Menulis memang harus dibiasakan. Semakin sering menulis, maka akan merasakan semakin mudah juga menulis itu.

Saya akui bahwa saya banyak belajar dari Qureta tentang banyak hal, terutama sekali berkaitan dengan dunia literasi, paham keagamaan dan semangat keberagamaan yang moderat (atau boleh jadi liberal, tidak apa-apa) dan mencerahkan, toleransi terhadap keberagaman, atau misalnya selaras dengan pemikiran Cak Nur, khususnya tema tentang keislaman, keindonesiaan dan kemodernan, yang memang saya suka, dan seterusnya, yang tampaknya menjadi flatform Qureta itu sendiri.

Karena, menurut saya, dan ini bukan sekadar pujian dan penilaian subyektif saya terhadap Qureta, tetapi terus terang memang Qureta adalah salah satu dari sekian website yang ada di dunia daring, yang sudah memberikan ruang berkelas yang begitu luas dan leluasa, menyenangkan, nyaman dan halalan thayyiba untuk menuangkan ide dan gagasan, terutama bagi penulis pemula seperti saya ini, apalagi adanya proses sensor dan sunting yang ketat lebih dulu untuk sebuah tulisan, apakah ia laik untuk dimuat dan dipublikasikan.

Inilah kelebihan dan keistimewaan Qureta dengan website yang lain. Tentu saya sangat berterima kasih atas perhatian dan apresiasi Redaksi Qureta ini. Qureta memang sangat luar biasa.

Maju terus dan sukses selalu untuk Qureta dalam membangun, mengembangkan, dan merawat tradisi literasi untuk kebebasan berekspresi, berbagi informasi dan inspirasi, demi ikut mencerdaskan bangsa.

Ditambah lagi, Qureta membuat semacam terobosan dengan adanya program kuliah virtual, Kuliah Qureta, dengan mengandeng dan menghadirkan tokoh-tokoh atau dosen-dosen yang mumpuni di bidang masing-masing, dalam lintas kajian dan keilmuan. Ini tentu semakin menambah nilai tambah, semakin membuat semarak, dan menguatkan keberadaan Qureta yang memang beda dari website-website yang ada.

Dengan begitu, ini artinya bahwa ibarat rumah, Qureta adalah rumah yang semakin nyaman dan membuat betah bagi penghuninya untuk tetap tinggal berlama-lama di rumah Qureta, rumah peradaban dan keilmuan ini.

Ke depan, saya tetap yakin bahwa rumah Qureta ini akan menjadi lebih megah, besar dan menarik di belantara dunia daring dan mampu berkompetisi dengan rumah-rumah website lainnya. Karena di dalamnya ada orang-orang hebat, kreatif dan berwawasan luas.

Lengkapnya, inilah bunyi pesan yang dikirim Redaksi Qureta kepada para penulis, terutama yang masuk daftar 50 penulis terfavorit dan terproduktif---salah satunya saya---di Qureta melalui email tersebut :

Hallo, Muis Sunarya.

Terima kasih atas kontribusi Anda di Qureta. Sebagai bentuk apresiasi, kami akan mengirimkan kaos Qureta untuk Anda. Mohon kirimkan alamat lengkap Anda serta informasikan kepada kami ukuran kaos yang biasa Anda pakai.

Salam hangat,

Lewat surel ini kami mengundang Anda untuk kembali menulis di Qureta. Anda juga bisa mendaftar di Kuliah Qureta yang menyajikan beragam mata kuliah yang bisa Anda nikmati.

Teruslah menulis dan menginspirasi.

Redaksi Qureta

Yang jelas, jujur, kaosnya bagus. Asik saya dapat kaos keren!

Tapi tentu bukan sekadar hadiah kaosnya, walaupun saya pasti sangat suka juga kaosnya, melainkan lebih daripada itu, adalah bentuk apresiasi dan perhatiannya, kesediaan untuk menyapa saya dan menyemangati saya untuk terus tetap kembali menulis di Qureta setelah agak lama saya vakum, memang. Saya menyambutnya dengan senang hati, itung-itung semacam tantangan. []

Artikel Terkait