Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, manusia pun tidak bisa luput dari penggunaan gadget. Gadget dianggap sangat penting sebagai sarana untuk membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti untuk berkomunikasi, membaca buku, menonton film, bermain, dan bahkan untuk melakukan transaksi keuangan. 

Menurut istilah Gadget berasal dari bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia gadget berarti peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis secara spesifik yang dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. 

Sebagian besar orang salah dalam mengartikan bahwa smartphone merupakan sebutan lain dari gadget. Sedangkan yang benar yaitu smartphone merupakan salah satu jenis dari gadget, yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat dunia. Selain itu laptop dan netbook juga termasuk dalam jenis-jenis gadget yang penggunanya tidak kalah banyak dengan pengguna smartphone.

Nah setelah kita mengetahui terkait pengertian dan jenis-jenis gadget secara umum. Sesuai dengan judul pada artikel ini, kita akan mengetahui terkait apa saja dampak dari penggunaan gadget secara berlebihan atau yang sering kita sebut "kecanduan gadget" terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

Siapa sih yang tidak kenal gadget seiring maraknya gadget di era digital ini? Pasti setiap kalangan dari anak-anak bahkan sampai kalangan lanjut usia pun mengetahui apa itu gadget dan fungsi dari gadget tersebut. Tak heran jika setiap orang pasti memiliki dan selalu membawa smartphone di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Dari perkembangan teknologi digital inilah yang membuat semua orang terutama anak-anak tidak dapat terlepas dari gadget. Sehingga anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus dari orang tua agar dapat terhindar dari dampak negatif perkembangan teknologi digital sekarang ini.

Terkait dengan dampak positif perkembangan teknologi digital. Ada beberapa dampak positif untuk anak-anak dalam penggunaan gadget, diantaranya sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan kemampuan anak untuk dapat berpikir kreatif. Dampak positif tersebut dapat terjadi karena seiring dengan kemajuan teknologi digital. Terdapat banyak aplikasi yang bermunculan yang dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri pada anak, sehingga dapat mengasah kemampuan berpikir anak untuk melakukan kreativitas.

2. Untuk membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Dengan memanfaatkan penggunaan game sesuai dengan usia anak tersebut.

3. Sebagai sarana edukasi. Dengan memanfaatkan penggunaan internet dan aplikasi pada gadget sebagai penunjang dalam pembelajaran anak. 

4. Memudahkan untuk berkomunikasi antara orang tua dan anak ketika berada di tempat yang berbeda.

Selain dampak positif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi digital, tentu saja di lain sisi terdapat beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget tersebut. Diantaranya sebagai berikut:

1. Penggunaan gadget secara berlebihan akan mengakibatkan permasalahan dalam penglihatan. Berawal dari sakit kepala karena mata lelah hingga menyebabkan mata minus.

2. Kecanduan terhadap gadget yang dapat berdampak pada kesehatan mental. Sering kita jumpai kecanduan sudah terjadi dari usia dini. Contohnya orang tua yang selalu membiasakan anaknya untuk menonton kartun dari gadget dengan tujuan agar anak tidak mudah rewel. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kecanduan akan gadget di usia dini. 

3. Menghambat tumbuh kembang anak. Sering kali anak tidak rewel ketika diberikan gadget. Namun hal tersebut dapat menghambat perkembangan anak. Karena anak akan asik dan fokus pada dunianya sendiri dengan gadget tersebut, sehingga sulit untuk dapat berinteraksi dengan orang dan lingkungan sekitarnya.

4. Permasalahan untuk postur tubuh pada anak. Sering kali posisi anak ketika menggunakan gadget adalah membungkuk. Sehingga pertumbuhan tulang pada usia anak-anak akan terhambat dan akan berakibat pada postur tubuh yang tidak ideal.

5. Anak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat negatif.

Setelah mengetahui terkait dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan gadget. Selanjutnya kita akan membahas terkait ciri-ciri seseorang yang mengalami kecanduan gadget, diantaranya sebagai berikut:

1. Keasyikan menggunakan gadget hingga lupa waktu. Biasanya terjadi karena anak-anak bermain game.

2. Anak menjadi gelisah ketika tidak menggunakan  gadget walaupun hanya beberapa saat saja.

3. Anak menjadi kurang fokus sehingga sulit untuk diajak komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dan dengan lingkungan sekitar.

4. Anak akan bersikap lebih emosional. Berbeda dengan anak-anak yang tidak kecanduan terhadap gadget.

5. Tidak mau melakukan aktivitas lainnya, seperti berolahraga dan bermain selain dengan menggunakan gadget.

6. Karena keasyikan bermain gadget akan menjadikan anak tidak dapat fokus terhadap pelajaran sekolah.

Selain ciri-ciri dari kecanduan gadget, adapun dampak yang akan terjadi pada anak ketika kecanduan terhadap gadget, diantaranya sebagai berikut:

1. Kurangnya rasa peka dan empati kepada lingkungan sekitaranya. Karena anak akan terlalu asyik dengan dunianya sendiri.

2. Kurangnya sikap moral. Karena biasanya anak yang kecanduan gadget mempunyai emosional yang tinggi, sehingga ketika diberikan kritik dan saran pasti selalu membantah.

3. Mudah terserang penyakit. Karena pola tidur dan pola makan tidak teratur akibat dari bermain gadget tidak mengenal waktu.

4. Mendapatkan nilai yang buruk. Karena selalu bermain gadget sehingga tidak fokus terhadap pelajaran di sekolah.

Untuk meminimalisir kecanduan gadget pada anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orang tua, diantaranya sebagai berikut:

1. Membatasi secara ketat terkait jadwal penggunaan gadget pada anak. Seperti anak dapat menggunakan gadget ketika weekend saja.

2. Mengawasi dan mendampingi anak ketika menggunakan gadget. Agar terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

3. Menciptakan lingkungan positif yang nyaman dan aman untuk bermain tanpa gadget agar tidak terlalu sering bermain gadget.

4. Meluangkan waktu untuk bermain dan belajar dengan anak tanpa menggunakan gadget atau berinteraksi dengan anak secara langsung.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget akan membawa dampak positif ketika benar dalam menggunakannya. Namun, apabila tidak dibatasi oleh orang tua secara berkepanjangan gadget akan membawa dampak negatif dan kecanduan gadget pada anak-anak. 

Sehingga seiring dengan perkembangan teknologi peran orang tua sangatlah penting dalam mengawasi dan menuntun anaknya untuk menggunakan gadget secara positif, mengingat anak-anak kelak akan menjadi penerus bangsa ini.