Mungkin kamu adalah tipe orang yang sangat sulit untuk mencari waktu luang, baik itu untuk liburan maupun untuk menonton film yang mana biasa dilakukan sebagai media penghilang rasa penat.

Dengan sulitnya mencari waktu tersebut, bahkan kamu juga hampir tidak memiliki waktu untuk menyenangkan diri sendiri, seperti halnya pergi ke Bioskop.

Mengingat zaman makin canggih, meskipun kamu tidak bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke Bioskop, kamu masih tetap bisa menikmati berbagai macam film dengan memanfaatkan sebuah Internet.

Sudah terdapat banyak sekali situs download film yang bertebaran dan bisa kamu kunjungi satu per satu untuk diunduh film yang nantinya akan kamu tonton. Berikut list situs tersebut:

1. IndoXXI

IndoXXI ini merupakan situs download film Indonesia yang masih terbaik untuk bisa dijadikan sebagai pilihan ketika kamu hendak mendownload film. Seluruh koleksi film yang ada di IndoXXI ini benar-benar terlengkap dan juga ter-update pula.

Meskipun di dalamnya rata-rata film dari luar, tetapi mereka juga kerap kali melakukan update terkait film Indonesia-nya. Juga, pada setiap film yang tercantum atau tersedia di IndoXXI, mereka selalu memberikan keterangan terkait film tersebut, baik itu rating, sinopsis, dan sebagainya.

2. DuniaFilm21

DuniaFilm21 ini awalnya adalah salah satu situs paling terkenal di Internet sebelum akhirnya berganti nama menjadi DuniaFilm21. Kamu pasti tahu Ganool, kan? Nah, itulah asal muasalnya situs download film Indonesia ini.

DuniaFilm21 ini bukanlah hanya menyediakan film-film Indonesia ataupun Hollywood, melainkan kamu juga bisa menemukan film Anime, K-Drama, dan lain-lain. Situs ini itu sudah terpercaya sejak tahun 2009, di mana mereka selalu menyediakan link download yang bahkan baru tayang di bioskop.

Namun, sejak diganti nama, situs download film Indonesia satu ini tidak populer seperti dulu. Karena, banyak orang-orang tidak mengetahuinya.

3. Suka Movie

Suka Movie adalah salah satu situs download film Indonesia lainnya yang bisa kamu coba kunjungi. Pada situs ini, terdapat banyak sekali film Indonesia dengan berbagai macam genre yang bisa kamu cari, mau itu aksi, komedi, horor, dan yang lainnya.

Namun, bukan hanya film Indonesia saja, kamu juga bisa menemukan film Asia, Box Office, dan juga TV series yang selalu update setiap saat.

Bahkan, di sini juga kamu bisa mendownload film Battle of Surabaya yang memang agak sulit untuk dicari.

4. Indonesia Movie 21

Situs download film Indonesia satu ini sesuai dengan namanya. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam film Indonesia terbaik yang bisa kamu unduh secara gratis.

Juga, kamu bisa menemukan berbagai genre dan juga berbagai film lawas sampai terbaik yang mungkin sudah jarang ditemukan saat ini. Memang karena lengkapnya film Indonesia yang tersedia, maka sudah tidak aneh jika situs ini sangat ramai dikunjungi pengunjung.

5. Elsha Film

Elsha Film ini menyediakan berbagai macam judul film Indonesia dari yang lawas sampai terbaru dengan dipilihkan kualitas film terbaik untuk kamu tonton atau download agar lebih nyaman di mata.

Selain dari itu, cara download film dari situs Elsha Film juga terbilang sangat mudah. Karena itulah yang menjadi kelebihan dari situs download film Indonesia satu ini, tidak ribet dan kualitasnya pun bagus.

Itulah beberapa situs download film Indonesia yang bisa kamu coba kunjungi dan download untuk kamu tonton suatu waktu. Atau mungkin situs-situs di atas juga bisa jadi acuan untuk menemukan film-film terbaru yang kemungkinan besar tidak kamu ketahui sebelumnya.

Untuk kategori Film Indonesia sendiri, sebenarnya sudah banyak mengalami kemajuan. Menurut saya sendiri, kemajuan perfilman Indonesia ini di saat film The Raid 1 dan 2, di mana bekerja sama dengan Sony dari Jepang membuat dunia Film Indonesia banyak kembali digemari oleh penduduk Indonesia, termasuk dari luar negeri.

Apalagi banyak sekali pemain film alias aktor Indonesia sudah bisa bermain dengan para pemain dari Amerika, seperti Yayan Ruhian, Iko Uwais, dan masih banyak aktor laga Indonesia menyambangi kancah internasional, maka patut kita dukung.

Meskipun sebenarnya ada beberapa situs pilihan lain, seperti halnya Hooq, Iflix, dan sebagainya. Tapi untuk dapat mengunduh filmnya, kamu diharuskan berlangganan terlebih dahulu. Maka dari itu, kami hanya mencantumkan situs-situs di atas saja.

*Tulisan ini dibuat oleh team Kalimat.id.