SDCC adalah singkatan dari San Diego Comic Con, sebuah acara hiburan multi genre dan konferensi komik tahunan yang diadakan di San Diego Convention Center, San Diego, California.

Awalnya didirikan dengan nama Golden State Comic Book Convention pada tahun 1970 oleh beberapa komikus asal San Diego (Shel Dorf, Richard Alf, Ken Krueger, and Mike Towry), dan kemudian mengganti namanya menjadi San Diego Comic Book Convention.

Karena banyak orang yang hobi menyingkat nama, akhirnya acara ini dikenal dengan beberapa nama yang lebih singkat seperti San Diego Comic-Con, SDCC, atau hanya Comic-Con.

Awalnya, SDCC hanya menampilkan komik, film-film bergenre fantasi atau sci-fi (science fiction), acara televisi, dan pop art lainnya yang tidak jauh berbeda.

Kini SDCC juga meliputi budaya pop dengan skala yang lebih besar dan elemen-elemen hiburan lainnya dalam semua genre, seperti horror, animasi, anime, manga, mainan, permainan kartu populer, video games, webcomics, dan novel fantasi. Bahkan menurut Forbes, SDCC dianggap sebagai konvensi budaya pop terbesar di dunia.

Lebih dari 100.000 penggemar berkumpul di San Diego Convention Center, tempat acara diadakan untuk Comic-Con perayaan budaya popular yang  diadakan selama empat hari pada Kamis, 21 Jul 2022 sampai Minggu, 24 Jul 2022. Acara yang dihadiri banyak orang dengan mengenakan kostum ini merupakan ajang pamer untuk proyek film dan TV yang sangat dinanti.

Pada saat pandemi, banyak perilisan, acara, dan konvensi hiburan lainnya yang juga telah ditunda maupun dibatalkan. Acara-acara penting seperti Festival Film Cannes hingga Entertainment Electronic Expo dibatalkan atau ditunda perhelatannya.

Setelah pandemi berakhir, antisipasi terhadap konvensi tahun ini sangat tinggi karena ini akan menjadi yang pertama kalinya sejak tahun 2019 diadakan secara langsung, karena dampak dari pandemi Covid. Pada tahun 2019, acara tersebut membawa sekitar $150 juta ke dalam ekonomi lokal,

Selama beberapa dekade, Comic-Con telah menempatkan San Diego di peta internasional, menyatukan penggemar buku komik, cosplayer, dan penggemar budaya pop di seluruh dunia.

Di utara San Diego, Los Angeles County, tingkat risiko komunitas juga dinaikkan menjadi "tinggi" pada hari Kamis lalu. Para pejabat telah memperingatkan bahwa jika levelnya tetap "tinggi" selama dua minggu berturut-turut, mereka akan mengembalikan mandat masker dalam ruangan.

Pejabat federal juga telah memperingatkan bahwa subvarian Omicron yang sangat menular memicu gelombang baru infeksi, infeksi ulang, dan rawat inap, setiap orang Amerika harus berbuat lebih banyak untuk melindungi diri mereka sendiri dari virus corona, termasuk mengenakan masker.

Penyelenggara mengatakan mereka mengharapkan lebih dari 135.000 orang di acara tersebut.  Selain mewajibkan peserta mengenakan masker, peserta juga harus memberikan bukti vaksinasi, atau tes virus corona negatif yang diambil dalam 72 jam sebelumnya.

“Harapan kami pada musim gugur mendatang akan memungkinkan pertemuan publik yang lebih besar. Acara ini memungkinkan organisasi untuk menyoromi semua elemen hebat yang membuat Comic-Con menjadi acara yang begitu populer setiap tahun,” ujar Comic-Con International dalam pengumuman penyelenggaraan San Diego Comic-Con.

Polisi San Diego dan Departemen Penyelamatan Kebakaran telah memberikan sumber daya tambahan untuk memastikan keamanan pengunjung baik di dalam maupun di luar Pusat Konvensi.

Para penggemar mengharapkan untuk melihat cuplikan pertama Black Panther: Wakanda Forever, sekuel blockbuster 2018, serta akan ada panel untuk serial TV Lord of the Rings dan prekuel Game of Thrones House of the Dragon.

Trailer House of the Dragon sudah menjadi trending di social media, serial 10 episode yang dibintangi Matt Smith dan Emma D'Arcy sebagai anggota keluarga Targaryen yang dilanda konflik, akan dirilis di HBO pada bulan Agustus.

Puncak terbesar dalam acara Comic Con berada di  hari  Sabtu, dan tahun ini, akan ada panel pada film-film yang akan datang termasuk film petualangan aksi Black Adam, yang dibintangi Dwayne 'The Rock' Johnson, serial TV HBO House of the Dragon, dan Sandman Netflix berdasarkan novel grafis Neil Gaiman yang diakui secara kritis.

Acara terbesar diharapkan menjadi panel dari Marvel. Studio film dan TV belum mengumumkan proyek masa depan mana yang akan ditampilkan. Para cosplayer datang dari berbagai daerah, ada yang perorangan, tak sedikit juga yang hadir sebagai anggota komunitas.

Bagian yang menarik dari kompetisi Comic Con adalah bagaimana penggemar didorong untuk datang dengan pakaian cosplay serba unik mereka untuk mendapatkan hadiah kostum terbaik serta mendapatkan kesempatan memenangkan uang tunai bahkan piala pada hari terakhir berlangsungnya acara.

Dalam festival ini juga akan ada sejumlah panel dan acara yang lebih kecil, serta sesi penandatanganan dan kios merchandise. Baik secara langsung atau virtual (San Diego Comic-Con 2020), Comic-Con adalah langkah yang disambut baik dari terutama selama pandemi dan kesempatan bagi penggemar buku komik untuk menjalin ikatan hobi mereka bersama.