Rasa cinta? siapa yang tak kenal dengan perasaan seperti ini. Cinta selalu hadir dalam kehidupan manusia kapan pun dan di mana pun berada tanpa adanya permintaan. Perasaan yang memberikan kebahagiaan kepada setiap orang yang mengalaminya. 

Perasaan cinta bebas dirasakan oleh siapapun. Rasa cinta dapat diberikan dalam bentuk apapun tergantung bagaimana seseorang tersebut mengartikannya. Rasa cinta sulit dipahami, karena setiap manusia memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan perasaan tersebut.

Semua orang pasti memiliki sosok yang penting dalam hidupnya, seseorang yang memberikan rasa cinta penuh. Rasa cinta akan semakin erat terlihat di dalam keluarga, karena cinta dapat tumbuh dari kasih sayang dan sering terbiasa bersama. 

Bagi anak perempuan cinta pertamanya adalah sosok yang kerap disapa ayah, bapak, papa atau abah. Berbagai macam sebutan terlontarkan untuk memanggil sosok laki-laki yang hebat tersebut. 

Ayah akan memberikan kasih sayang dan rasa cinta yang tak pernah tergantikan untuk anak perempuannya. Melalui sosok ayah, anak perempuan mampu mengembangkan kemampuan dan bakatnya untuk terus belajar dan berusaha.

Kerja keras yang dilakukan seorang ayah untuk keluarga memberikan motivasi bagi anak perempuannya agar dapat hidup mandiri dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

Ayah dengan senantiasa menerima keluh kesah seorang wanita yaitu perempuan kecilnya. Tak heran jika kalimat “Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya” kerap muncul sebagai ungkapan rasa syukur dan kagum atas pengorbanan ayahnya.

Setiap anak perempuan selalu menganggap ayahnya sebagai cinta pertama. Pria pertama yang mengajari tentang kasih tanpa pamrih, melindungi sepenuh jiwa, dan membimbing dengan hati. Sosok yang jarang terlibat, namun senantiasa diharapkan keberadaannya.

Siapa sangka ayah ialah sosok yang hebat dan tak kenal lelah. Sosok pria pertama yang hadir dalam hidup anak perempuannya, menyambut dengan antusias atas kehadiran anak perempuannya ke dunia untuk memulai kehidupan. Sosok yang mampu mengerti perasaan putrinya tanpa harus dijelaskan.

Ayah, sosok yang tak akan membiarkan siapa pun melukai hati putrinya, sehingga tak heran jika ayah menjadi satu-satunya pria yang tak akan pernah tega menyakiti hati anak perempuannya. Ayah tidak pernah mengharapkan apapun atas pengorbanannya.

Teringat saat aku duduk di bangku tk, dengan telaten beliau mengawasiku hingga tidak ada yang berani melukaiku atau membuatku menangis. Ayah selalu menjadi garda terdepan apabila ada yang berani menyakitiku.

Mungkin saat kecil kerap sekali mendengar sebutan “anak mama” untuk anak-anak yang dimanja oleh mamanya. Namun, karena kedekatanku dengan ayahku sampai-sampai aku mendapat julukan “anak bapak”.

Beliau selalu mengajakku bersenang-senang, berkeliling kota solo, juga tidak lupa selalu mengingatkan untuk beribadah. Setiap kata demi katanya selalu hangat. Ayahku adalah sosok yang lembut, walaupun kadang sesekali keras, namun aku tau maksud dari kerasnya tersebut demi kebaikan anak perempuannya.

Peran ayah bagi seorang anak perempuan sangatlah berarti, karena dengan beliau maka anak perempuan akan menjadi mengerti arti berjuang dalam hidup, arti saling mengasihi, arti saling menyayangi dan arti saling mencintai.  

Ayah mengemban tanggung jawab yang besar baik di dunia maupun di akhirat, seorang ayah tidak akan mengeluh dan akan selalu menjadi sosok yang kuat dalam keluarga. Ayah dapat menjadi motivasi untuk terus berusaha agar kelak putrinya menjadi orang yang sukses.

Senyumnya  bukti keikhlasan dan semangatnya, keringatnya bukti perjuangan dan kerja kerasnya. Mungkin aku belum menjadi anak perempuan yang baik untuk ayahku. Namun, bagaimanapun itu, bagiku ayahku tetap menjadi ayah yang terbaik, tidak ada sosok laki-laki yang dapat menggantikan beliau.

Cara ayah menyayangi anak perempuannya pastilah berbeda dengan cara laki-laki lain menyayangi kekasihnya. Ayah selalu memiliki cara tersendiri untuk membuat anak perempuannya senang dan bahagia. Kasih seorang ayah seperti inilah yang tak akan bisa ditandingi oleh lelaki mana pun.

Ayah adalah orang yang paling mencintai, peduli, dan berusaha memenuhi segala keinginan dan kebutuhan putrinya. Ayah adalah pria pertama bagi putrinya yang mau menerima sisi baik dan buruknya dalam senang maupun sedih.

Hal tersebut yang membuat diriku sebagai anak perempuan menjadikan ayah sebagai cinta pertamaku. Namun, justru Allah lebih cinta ayahku <3.

Rindu, tak khayal jika rindu dirasakan oleh diriku sang anak perempuan. Kehilangan sesosok ayah bagaikan kehilangan organ-organ penting tubuh. Aku yakin, ayah sebenarnya tidak ingin meninggalkanku. Namun, panggilan sang kuasa memang harus diterima.

Kita semua memang milik Allah, dan kepada Allah kita kembali. Aku percaya bahwa Sang Kuasa telah memiliki rencana indah dibalik semuanya.

Selamanya ayah akan hidup. Sampai kapan pun ayah akan tersimpan rapih disini, di dasar hatiku yang paling dalam, karena sosok ayah adalah salah satu anugerah terbaik yang pernah hadir di rumah dan kehidupanku.