Di-cover belasan artis tanah air seperti Syakir Daulay, Sabyan Gambus, Via Vallen, Ria Ricis, Anisa Rahman, Andre Taulany, Aviwkila dan artis-artis ternama lainnya, lagu ini berhasil jadi top trending di YouTube dan capai jumlah hashtag sebanyak 35,1 ribu di Instagram.

Lagu viral ini pun turut mengundang sejuta rasa penasaran dari berbagai kalangan. Bagaimana tidak? Liriknya yang indah dan ringan, serta nada lagunya yang lembut mendayu punya daya tarik lebih bagi para pendengarnya.

Erdian Aji Prihartanto atau Anji contohnya. Dalam kanal YouTubenya, Dunia Manji, musisi kawakan 41 tahun ini bicara tentang artis muda Indonesia, peraih trending nomor satu atas lagu Aisyah tersebut. Ya siapa lagi kalau bukan Syakir Daulay.

Usai menonton video Syakir, Anji awalnya mengira bahwa lagu itu miliknya, karena ditulisnya dengan official music video.

Namun, setelah Anji melihat detail deskripsi cover lagu Sabyan yang juga menyanyikan lagu Aisyah Istri Rasulullah, Anji makin dibuat penasaran, hingga pada akhirnya Anji memutuskan untuk mencari kebenaran tentang sumber lagu tersebut.

Ternyata lagu yang sedang viral itu merupakan lagu asal Negeri Jiran, Malaysia. Dalam video terpisah, akhirnya Syakir Daulay mengonfirmasi bahwa lagu itu memang bukan miliknya. Ia mengklarifikasi kalau lagu itu pun sudah mendapat izin dan lisensinya telah ia beli, sebelum dinyanyikan kembali.

Lagu Aisyah dirilis pada Mei 2017 lalu oleh Projector Band di bawah naungan label Media Asia Production (Map) Music, tepatnya asal Kuala Kubu Bharu, Selangor Malaysia. Awal dirilis video klip Aisyah hanya ditonton 436 ribu kali, jauh berbeda dengan sekarang yang sudah mencapai angka 35 jutaan viewers.

Faktanya lagi, sebenarnya lagu tersebut aslinya bukanlah berjudul Aisyah Istri Rasulullah, melainkan Aisyah a.k.a Satu Dua Tiga Cinta Kamu. Liriknya pun bukanlah tentang keromantisan rumah tangga Nabi dan Aisyah istrinya, tapi bercerita tentang pria yang patah hati setelah dibohongi wanita pujaannya, sampai hubungan yang putus nyambung.

Lagu tersebut diaransemen dan diadaptasi liriknya oleh Hasbi Haji Muh Ali atau Vitaminbie yang lebih dikenal sebagai Mr Bie, yang merupakan pendakwah sekaligus penyanyi asal Malasiya. Dengan konsep Islami, lagu Aisyah kembali dirilisnya lewat YouTube pada Agustus lampau di tahun yang sama dengan penyanyi aslinya.

Lagu yang awalnya bermelodi sedih dan penuh rasa kecewa, kini memiliki melodi yang lembut menyentuh dan penuh ceria. Katanya, lagu itu didedikasikannya untuk istrinya yang bernama Aisyah juga.

Berikut lirik lagu Aisyah sebelum diubah:

Mula-mula mula ku happy
Tiba-tiba dia sakitkan hatiku
Tak apalah terima kasihlah jadi kekasihku

Satu, dua, tiga ku cintamu
Kau hanya satu menjadi kekasihku
Berjanjilah padaku sayangku
Kau akan setia

Aisyah, jangan ragu-ragu dengan cinta ini
Jangan kau ragu-ragu ku jadi kekasihmu
Percaya padaku
Ku akan jadi yang terbaik untuk cintamu

Aisyah, aku sayang kamu aku rindu kamu
Tidur malamku sentiasaku mimpikan kamu
Kau hanya milikku untuk selamanya

Aku sayang, ku rindu aku cintamu

Berikut lirik lagu Aisyah setelah diubah:

Mulia indah cantik berseri
Kulit putih bersih merahnya pipimu
Dia Aisyah putri Abu Bakar
Istri Rasulullah

Sungguh sweet Nabi mencintamu
Hingga Nabi minum di bekas bibirmu
Bila marah Nabi kan bermanja
Mencuit hidungnya

Aisyah..
Romantisnya cintamu dengan Nabi
Dengan baginda kau pernah main lari-lari
Selalu bersama hingga ujung nyawa
Kau di samping Rasulullah

Aisyah…
Sungguh manis oh sirah kisah cintamu
Bukan persis novel mula benci jadi rindu
Kau istri tercinta ya Aisyah Humairah

Hingga kini lagu Aisyah bukan hanya di-cover jutaan orang di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lainnya, yang menghadirkan berbagai versi dengan tampilan beragam bahasa, seperti bahasa Arab, Malaysia dan lainnya. Apakah kamu termasuk ke dalam yang mengcovernya?