Setiap orang pasti memiliki planning dalam catatan jurnal keseharian, dan pasti terbesit dalam pikiran rancangan-rancangan yang ingin dicapai, serta apa yang ingin dicapai harus sesuai dengan apa yang diharapkan, dan lebih lagi La Budda sesuai dengan target, it so pasti, terutama menjelang pergantian tahun.

Hari, tanggal, bulan, bahkan tahun pun berganti, dan juga kalender pun berganti pada lembar ataupun slide baru. Memang hal biasa, lalu, ketika usia bertambah apakah mau hidup dijadikan hal yang biasa? Dan lebih lagi, hidup tidak berganti lembar atau slide dan tetap saja seperti kalender tahun kemarin? Do you want?

Awan hitam tidak akan bisa menghalangi langit selagi matahari masih bisa bersinar. Apakah kamu mau tetap saja seperti situasi tahun kemarin atau mau melakukan perubahan, melangkah, dan memulainya? Semua itu tergantung pada diri sendiri. Terutama sikap!

Berubah, dimulai dari sekarang! 

Waktu memang terus berputar, selalu bergerak, dan tidak pernah akan bisa di replace kembali. Maka dari itu manfaatkan waktu sebaik mungkin, jangan jadikan hidupmu sia-sia. Seperti sabda Rasulullah Saw:

“Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu luangmu sebelum sibukmu dan hidupmu dan sebelum matimu. “ (HR.Nasai dan Baihaqi).

Maka seharusnya ada perubahan dalam diri kita. Jangan stagnan saja. Sehingga diusia senja nanti kita tidak akan menyesal. Faktanya banyak orang yang menyesal dikemudian hari perkara tidak memanfaatkan waktu dengan baik diusia muda. Ingat! Waktu tidak bisa setel kembali. Emang jam beker / arloji?. Ketika tahun berubah maka apa yang harus berubah dalam diri kita? Perubahan yang utama adalah perubahan dari cara berpikir kita. Sebab, disitulah letak utama agar kita bisa berubah. Yakni cara berpikir.

Banyak orang mengatakan bahwa dia sudah mengubah pola pikirnya, tapi nyatanya sikap, ucapan, maupun perbuatannya belum juga berubah. itu artinya tidak ada yang berubah dalam dirinya. Maka niatkanlah pada diri kalian bahwa saya harus melakukan perubahan besar dalam cara berpikir saya supaya kehidupan saya berubah menjadi jauh lebih baik,dan saya percaya Allah pasti meridhoi.

Terus melangkah, dan jangan pernah mundur

Perjalanan hidup tak selamanya berjalan dengan lurus, pasti akan ada rintangan yang akan menghalanginya. Hidup memang butuh perjuangan. Bagaimanapun getirnya perjuangan hidup yang dijalani harus kamu lakukan dengan senyuman. Kamu perlu melakukan persiapan matang ketika ingin meraih sesuatu. Misalkan, kamu ingin menjadi pengusaha sukses, kamu harus berjuang agar apa yang kamu impikan itu tercapai. Tujuan hidup memang sangatlah penting. Jangan hidup tanpa tujuan. Karena jika kamu tak punya tujuan maka kamu tidak akan memiliki semangat untuk menjalani hidup ini. Karena apa? Karena hidup itu memang untuk mencapai suatu tujuan. Dengan adanya tujuan itu akan membuat hidupmu lebih terarah sehingga akan lebih mudah dalam menggapai mimipi-mimpi besarmu.

Jangan pernah ragu dalam menjalani hidup ini. Jangan katakan “mungkin” karena itu hanya akan membuatmu ragu. Katakan dalam hati bahwa “aku bisa” karena dengan ini akan menjadi kekuatan yang memberikan keyakinan diluar sadar, bahwa sesuatu yang berat dan sulit sekalipun bisa dilalui dengan mudah melalui kata itu. Sementara, keraguan hanya akan membuat dirimu lebih sulit dalam menggapai kesuksesan.

Hadapi hidup ini dengan pantang menyerah sehingga apapun yang terjadi jangan pernah mundur. Setiap rencana besar itu pasti banyak halangan besar yang akan menimpamu. Tantangan ini harus kamu taklukkan untuk untuk membuat mimpimu menjadi kenyataan. Jika kamu memutuskan untuk mundur , artinya kamu kalah dan gagal. Sifat pemenang akan selalu maju dan berjuang dengan sekuat tenaga. Dia tidak akan memilih mundur sebelum pertandingan walaupun dia tahu bahwa lawannya bukan lawan sembarngn yang akan sulit untuk dikalahkan.

Memulainya!

tentang rencana hidup membuat seseorang fokus pada tujuan utama. Dalam menggapai cita-cita hidup sangat penting mempunyai rencana. Segala hal akan lebih berhasil bila sebelumnya memiliki rencana. Dengan memiliki rencana akan membuat kehidupan lebih teratur dan terarah karena adanya tujuan. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa sampai sekarang, banyak orang yang kurang peduli dengan kehidupannya sendiri. Bahkan, banyak orang yang justru terinspirasi dari semboyan 'hidup mengalir seperti air'.

Hal itu berarti seseorang hanya sekadar hidup tanpa menyadari ke mana air mengalir, ke sungai yang tenang, air terjun, atau pembuangan limbah pabrik. Itulah mengapa, penting untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab dan mulailah memiliki rencana hidup.

Ketika rencana telah tersusun segera laksanakan. Lakukan dengan cara terbaik, jikalau melakukan kesalahan maka segera perbaiki, jangan kau tunda untuk melaksanakan apa yang telah kau rencanakan. Mulailah segala rencanamu dengan penuh keyakinan, jangan sampai ada keraguan, karena itu hanya akan menghambat rencana mu.