Legal Officer
2 tahun lalu · 517 view · 5 menit baca · Kuliner caribou.jpg
Sumber gambar: food.detik.com

Caribou Coffee
Kafe Yang Sangat Nyaman Buat Ngobrol Berjam-jam

Caribou Coffee adalah franchise kafe yang berasal dari Minessota, Amerika. Seperti Starbucks yang juga berasal dari Amerika hanya berbeda kota, Seattle. Kini, Caribou Coffee membuka cabang di daerah Senopati Jakarta.

Pertama kali ke Caribou, saya iseng beli cappuccino. Kesan pertama mengecewakan karena rasanya biasa saja. Saya tidak menemukan rasa kopi yang khas dan kuat pada cappuccino Caribou. Pada kesempatan kedua, baru saya menikmati menu dan suasananya.

Minuman dan Makanan

Setelah membaca menu, saya memesan kopi murni. Untuk menguji apakah kopi suatu kafe itu enak atau tidak, maka produk kopi murni mereka yang harus dicoba. Bukan produk kopi yang sudah ditambah susu seperti cappuccino dan lain-lain.

Menurut pelayannya, menu kopi yang spesial adalah Coffee Of The Day. Saya cukup beruntung hari itu mendapat promo Coffee Of The Day. Ukuran kopi saya dinaikkan dari small (Rp.21.000,-) ke medium (Rp.23.000,-), gratis. 

Coffee of The Day-nya lumayan kuat. Menu kopi ini sesuai dengan kutipan di Caribou “Life is short, stay awake for it”, sangat kuat terasa . Menu Coffee Of The Day yang menyajikan obsidian dark roast sangat cocok diminum pagi hari saat kita membutuhkan konsentrasi tinggi. Walaupun  jenis obsidian dark roast  ini tak menyajikan keharuman dan kekayaan rasa kopi.

Merasakan Coffee of The Day, saya  jadi penasaran  jenis biji apa yang dipakai. Pelayannya hanya menyebut obsidian dark roast. Saya coba kejar apa jenis biji kopinya. Apakah robusta atau arabika. Lalu berasal dari mana biji kopi iitu. Apakah Arabika Gayo atau Flores Bajawa, misalnya. Namun pelayannya hanya kembali mengulangi jawaban yang sama.

Saya juga mencoba menu Personalized and Handcrafted Brew dengan jenis kopi Sumatra Samosir Batak Medium Roast (Rp. 26.000,-). Katanya ini salah satu menu kopi terlaris selain Obsidian. Jika memesan menu ini, kita harus menunggu lebih lama. Proses membuatnya saja 4-5 menit. Kopi akan diproses manual di depan kita.

Metode yang dipakai adalah dengan menggunakan Pour Over, Chemex dan French Press. Barista akan mengajak ngobrol selama proses pembuatan. Kita bisa tanya lebih dalam apa beda jenis-jenis kopi yang tersedia. Barista juga akan menerangkan beda hasil metode yang dipakai.

Saya memilih French Press atas rekomendasi barista. Menurut barista, French Press menghasilkan kopi yang lebih pekat dibanding Pour Over dan Chemex. Proses menunggu jadi tidak membosankan bagi yang tertarik tahu seluk beluk kopi.

Selain Obsidian dan Sumatra Samosir Batak Medium Roast yang saya pesan, mereka menyajikan Java Mocha Medium Roast, Day Break Morning Blend Light Roast dan Caribou Blend Medium Roast. Caribou juga menjual biji-biji kopi tersebut yang telah dibakar atau dalam bentuk bubuk jika kita tidak memesan minuman jadi.

Untuk makanan, saya pesan Steak Sandwich (Rp.56.000,-) karena itu menu yang paling banyak dipesan, menurut pelayannya. Pesanan kedua saya adalah Lamb Kafta karena menyajikan isi daging yang berbeda. Jika Steak Sandwich menyajikan daging sapi, Lamb Kafta menyajikan daging kambing, persis seperti namanya. Cukup unik ada daging kambing yang disajikan dalam bentuk sandwich.

Steak sandwich-nya biasa saja. Berisi keju, bawang Bombay dan daging panggang yang dilapisi roti hot dog gandum. Isinya kelihatan enak. Namun sayangnya tidak terasa (atau memang tidak ada?) saus BBQ enak. Padahal sajian yang menggunakan nama "steak" dan berisi daging panggang akan lebih lezat jika dilengkapi saus BBQ.

Lamb Kafta (Rp.48.000,-) berisi tomat, bawang bombay, daging kambing dan menurut pelayannya dilengkapi keju kambing. Rotinya sangat lembut. Kata pelayannnya mereka pakai roti Focaccia. Bawang bombaynya terasa manis. Mayones dan kejunya lembut, berbeda dari keju umumnya.  

Jika anda tidak punya masalah makan daging kambing, Lamb Kafta layak coba dibandingkan Steak Sandwich. Steak Sandwich lebih terkesan kasar. Rotinya, roti hot dog gandum kasar. Daging sapi panggangnya pun disayat tipis kasar. Sedangkan Lamb Kafta terasa lebih lembut. Baik tekstur daging kambing, roti, mayones maupun kejunya.

Tempat

Caribou menyediakan tempat yang sangat nyaman. Baik sendiri maupun ramai-ramai. Ada beberapa sudut tempat duduk di Caribou yang berada di pojokan. Sudut tersembunyi sangat sesuai jika kita mau menyendiri.

Ada pula meja panjang dan sofa yang cocok buat rapat maupun nongkrong ramai-ramai. Saya melihat beberapa orang sedang kerja serius membuka laptop. Dua sampai tiga kelompok orang terlihat sedang rapat di sini.

Di depan sudut membuat Personalized and Handcrafted Coffee terdapat tempat duduk yang memungkinkan kita menikmati kopi sambil mengamati proses pembuatannya. Ada pula tempat outdoor di balkon lantai atas. Jika anda perokok atau mau minum kopi sambil menikmati angin, tempat ini nyaman sekali.

Caribou menyediakan ruangan khusus yang dapat dipesan. Ruangan itu terdiri dari meja dengan delapan kursi berhadap-hadapan. Ada lampu gantung, dan lukisan di situ. Jika kita perlu ruangan rapat  serius yang terpencil dari orang banyak, ruangan di lantai atas tersebut cukup sesuai digunakan.

Harga

Rentang harga makanan dan minuman Caribou berkisar antara Rp.10.000,- sampai Rp.56.000,-. Freshly Baked Bagels dihargai dari Rp.10.000,- sampai Rp.15.000,-.  Menu Sandwich tersedia dari harga Rp. 40.000,- hingga Rp.56.000,-.

Menu Coffee dihargai dari rentang Rp.21.000,- hingga Rp.45.000,-.  Menu Signature yang bisa dipesan hot, iced atau blended dihargai dari kisaran Rp.50.000,- sampai Rp.60.000,-. Caribou menyediakan pula menu Kids yang merentang dari harga Rp.35.000,- sampai Rp.42.000,-.

Menu Classics yang dapat dipesan panas atau disajikan dengan es, dihargai dari rentang harga Rp.28.000,- sampai Rp.56.000,-. Menu Classics diantaranya terdiri dari Americano,Latte, Mocha, Capuccino, Chai Tea Latte dan Hot Chocolate.

Menu non kopi lain diantaranya adalah Tea, Apple Blast dan Blended. Apple Blast ukuran small hingga large disajikan dari harga Rp.45.000,- sampai Rp.55.000,-. Menu teh yang disajikan antara lain adalah green tea lemonade dan earl grey. Sajian teh terentang dari harga Rp.20.000,- sampai Rp.41.000,-.

Sedangkan menu Blended terdiri dari Fruit & Yoghurt Smoothie  yang diantaranya berisi white peach berry, strawberry banana dan mango orange key lime. Menu ini berkisar dari Rp.41.000,- sampai Rp. 55.000,-.

Menu Personalized and Handcrafted Brew yang disajikan dengan pilihan metode Pour Over, Chemex dan French Press dihargai sama, Rp.26.000,-. Kisaran harga yang tertulis di sini adalah harga per tanggal 3 Juni 2016.

Kesimpulan

Caribou, tempat ngopi ideal kelas menengah sampai kelas atas. Menu makanan, kisaran harga, lokasi strategis dan ketersediaan ruangan yang dapat dipesan menunjukkan Caribou memang mengincar segmen pasar kelas menengah sampai kelas atas.

Untuk menu kopi dan makanan, Lamb Kafta dan menu Personalized and Handcrafted Brew terutama jenis Sumatra Samosir Batak Medium Roast dengan metode French Press yang saya pesan, patut dicoba. Bila diringkas, kedua menu itu terasa lebih lembut dan harum dibandingkan Steak Sandwich dan Coffee of The Day jenis Obsidian.

Caribou tempat yang sangat nyaman untuk rapat, nongkrong sendirian sampai ngobrol berdua bersama sahabat atau pasangan. Menu-menunya memang elegan untuk business meeting sampai kencan dengan pasangan. Jika kita mau menghabiskan berjam-jam ngopi sambil ngobrol dan browsing internet, Caribou tempat yang memuaskan kita.