Wabah COVID-19 telah dinyatakan sebagai epidemi global dan BNPB telah menyatakan darurat nasional. Berhubungan dengan itu, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah untuk mencegah juga mengurangi penyebaran virus corona

Kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia adalah dengan menerapkan community ataupun work distance from home (WFH) bagi pegawai negeri dan swasta. Kebijakan ini memiliki banyak implikasi untuk beragam bidang, termasuk pendidikan.

Menteri Pendidikan & Kebudayaan yang bernama Nadiem Anwar Makarim menyebarkan surah edaran tentang penyelenggaraan pendidikan di masa darurat Covid-19 pada 24 Maret lalu, salah satu kebijakannya adalah dengan melaksanakan program pembelajaran online. Dengan begitu, tidak akan ada komunikasi tatap muka antara guru dan siswa.

Kerja sama guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat penting dalam menjamin perkembangan proses belajar bagi peserta didik. Melalui proses pembelajaran online, guru perlu fokus pada pembelajaran online siswa, termasuk guru bimbingan dan pendampingan.

Selama pandemi, sumber stres ialah berita tentang Covid-19 serta sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah. Karena itu, masyarakat perlu berhati-hati dalam membaca berita. Berita yang dibaca harus berasal dari sumber yang terpercaya karena semakin maraknya berita palsu. Informasi yang tersedia harus dipilih serta dipertimbangkan dengan matang. 

Mencari informasi dari sumber terpercaya merupakan satu-satunya solusi, tidak mudah untuk memercayai berita yang menyebabkan lebih banyak kekhawatiran dan kecemasan. Karena percaya pada berita palsu dapat menyebabkan kecemasan. Kecemasan adalah salah satu penyebab utama stres.

Masa muda adalah masa rentan mengalami stres, siklus tanpa akhir yang penuh konflik dan penderitaan mental. Penyesuaian dapat memengaruhi kesehatan mental remaja seperti depresi dan stres. Biasanya, stres adalah gejala umun dari respons dan koordinasi, dalam arti bahwa cara kita bereaksi terhadap masalah stres.

Depresi itu sendiri dapat mengambil berbagai bentuk tergantung pada gejala orang yang terkena. Beberapa penyebab stres yang paling umun yakni: masalah pekerjaan, ujian, masalah rumah, penyakit, kurang tidur serta lainnya.

Depresi adalah kata yang membingungkan karena ada begitu banyak perspektif yang berbeda. Dalam pengertian umun, stres adalah gejala umun dari responsivitas dan koordinasi, dalam arti bahwa respons stres, yang mungkin atau mungkin tidak ada pada orang yang bersangkutan, mungkin benar atau tidak.

 Depresi itu sendiri dapat bervariasi tergantung pada gejala individu. Ketika ada ketidakmampuan, akan ada stres.

Selain itu, stres bisa mengakibatkan masalah kesehatan dan emosional yang serius. Menemukan cara untuk mengatasi stres ialah bagian penting dari menjaga diri sendiri. 

Berolahraga secara teratur agar tetap sehat adalah salah satu cara untuk mengurangi stres. Olahraga teratur bisa membantu Anda mengatasi stres, bahkan depresi (Astari, 2009).

Berolahraga dalam dosis yang cukup bisa meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Hormon ini bisa meningkatkan mood, yang membantu mengatasi serta mencegah stres. 

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan beta-endorfin yang melawan hormon stres yang beredar di dalam tubuh. Menemukan kelegaan dan merasa baik setelah berolahraga.

Ada banyak sumber stres, serta untuk mengelola stres dengan benar, perlu mengerti penyebab stres, sumber stres, serta mengerti akar penyebabnya. Stres terjadi sebab faktor internal dan eksternal. 

Meskipun beberapa peristiwa mungkin terdaftar sebagai perceraian, bencana alam, kehilangan, reaksi orang mungkin berbeda dalam kekuatan dan kemampuan mereka untuk mengatasi stres.

Menurut Lazarus dan Folkman, coping dengan stres adalah proses di mana orang mencoba untuk mengatur jarak antara kebutuhan (baik kebutuhan individu dan lingkungan) dan sumber daya yang mereka gunakan untuk sepenuhnya memenuhi mereka. 

Secara umun, tekanan bisa diatasi dengan melaksanakan transaksi dalam lingkungan di mana hubungan transaksional ilah proses yang dinamis.

Olahraga yang cukup bisa membantu mengurangi stres Anda. Olahraga membantu Anda untuk tetap sehat, menambah energi serta stamina, menenangkan pikiran, dan membuat Anda tidur nyenyak. Olahraga sangat baik untuk tubuh dan pikiran.

Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, strok, serta diabetes. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan mental serta bisa mengurangi risiko depresi, menunda timbulnya demensia, serta membangun mood.

Siswa yang mengandalkan media digital sering melakukan banyak pekerjaan, terlihat duduk di gang atau bermain di taman bermain dengan teman lainnya. Oleh karena itu, untuk memastikan anak tidak hanya menikmati permainan elektronik yang dapat mengatasi masalah psikologis anak, perlu diciptakan bentuk hiburan dan hiburan alternatif bagi anak. 

Permainan harus memiliki daya tarik bagi anak untuk bermain dan dapat membuat anak senang dan termotivasi untuk memainkannya.  

Referensi :                                      

Asri, N., & Lely Octaviana, E. S. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 53. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5213

M Fauzi Hasibuan, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Coid-19. BIBLIO COUNS: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 21–27.

Moh Muslim. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.