74214_98282.jpg
Ilustrasi: pxhere.com
Wisata · 5 menit baca

Cara Memilih Ransel Punggung yang Tepat

Pemilihan ransel punggung memiliki peranan penting dalam setiap perencanaan perjalanan. Jika ransel tersebut terlalu besar, maka kamu akan mengangkat beban berlebih yang tidak perlu. Bahkan sering kali kamu tidak dapat memasukkan ranselmu ke kabin pesawat.

Sedangkan jika terlalu kecil, bisa saja kamu tidak dapat memasukkan semua kebutuhanmu ke dalamnya. Material ransel juga penting, jika salah maka bisa saja isi ranselmu basah karena embun maupun terkena air hujan secara langsung.

Ada banyak pilihan ransel punggung yang tersedia di luar sana, namun karena pilihannya terlalu banyak, kadang bisa membuat kita kebingungan.

Sebenarnya ada studi ilmiah tentang bagaimana cara memilih tas carrier terbaik untuk travelling. Saya sendiri menghabiskan waktu berjam-jam sebelum kukuh membeli tas pertama di toko. Dan jerih payah ini tidak sia-sia, terbukti dengan ransel punggung tersebut mampu bertahan sampai 8 tahun. 

Faktanya memang saya berencana membeli ransel baru, namun alasan satu-satunya karena pihak bandara menghilangkan tas yang saya miliki. Untung saya memiliki asuransi perjalanan yang melindungi saya dari resiko kehilangan bagasi sehingga mendapat ganti rugi yang setimpal sesuai dengan klaim yang saya buat.

Namun tetap saja, tas carrier tersebut memiliki banyak memori yang sebenarnya jauh di atas nilai ransel itu sebenarnya.

Kembali lagi, ada banyak ransel punggung di seluruh dunia untuk dapat kamu beli. Saya sudah mencoba cukup banyak ransel selama 8 tahun hobi travelling di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Saya akan membantu kamu menyimpan banyak waktu meneliti sendiri apa saja kriteria ransel terbaik yang dapat kamu miliki. Jadi saat kamu melihat sebuah merek yang memiliki sejumlah kriteria yang disebutkan dibawah ini, kamu dapat langsung membelinya karena tas tersebut luar biasa dan akan terjamin tahan lama.

Kriteria yang perlu kamu perhatikan dalam memilih tas ransel terbaik.

Ransel terbaik, yang akan dapat bertahan selama bertahun-tahun, memiliki semua karakteristik di bawah ini, yang akan membuatnya kuat, tahan lama, dan melindunginya dari air hujan.

  • Material yang tahan air

Ransel kamu tidak perlu 100% anti air, kecuali jika kamu melakukan hiking selama berhari-hari secara berkelanjutan. Pastikan ransel yang kamu miliki terbuat dari material semi-waterproof, jadi isi tasmu nantinya tidak basah karena embun atau hujan rintik-rintik. Beberapa memiliki pelindung khusus seperti jas hujan yang dapat kamu pakaikan dan lepas jika tidak diperlukan.

Coba cari material yang tidak akan basah untuk waktu yang lama atau cepat kering. Saya biasanya mencari bahan tas yang tebal namun tetap ringan. Material serat nilon sangat bagus. Seringkali saat kamu naik gunung, udara akan menjadi sangat lembab dan terkadang akan hujan lebat, namun karena ransel saya terbuat dari material yang kuat, isi tas saya tidak pernah basah karena hal ini.

  • Resleting yang bisa dikunci

Pastikan setiap kantung memiliki resleting dengan dua kepala resleting, sehingga kamu dapat mengunci keduanya menggunakan gembok kecil ataupun kunci lainnya. Kamu dapat mencari kunci yang memiliki kriteria TSA (Transportation Security Administration), di mana pihak bandara dapat membuka dengan mudah kunci tanpa menghancurkan gembok yang kamu miliki, sehingga mereka dapat mengecek isi ransel dengan mudah saat di bandara. 

Ada banyak gembok berlisensi TSA di supermarket seperti Giant dan Carrefour, jadi memang tidak sulit untuk dibeli.

  • Banyak kantung yang tersedia

Ransel yang bagus haruslah memiliki banyak kantung untuk penyimpanan berbagai jenis barang. Dengan begini, banyak jenis barang dapat dipisahkan sehingga kita tidak kesulitan untuk menemukan masing-masing barang yang kita perlukan. 

Apalagi saat kamu mendaki gunung, jangan sampai kerepotan mencari P3K, snack dan minuman karena kamu membeli ransel satu kompartmen yang tidak memiliki kantung tambahan.

  • Rangka dalam

Kebanyakan ransel punggung hari ini memiliki rangka dalam, artinya, memiliki rangka yang tidak kelihatan dari luar. Bagaimanapun, sebenarnya masih tersedia tas carrier yang memiliki rangka luar dengan rangka tambahan yang sangat panjang. Saran saya, jangan beli tipe tas seperti ini.

Selain karena kamu akan lebih sulit untuk berjalan apalagi di Indonesia yang memiliki banyak pohon dan semak, pilihan ransel dengan rangka internal jauh lebih cerdas karena ukuran yang cocok dengan kontur dan lingkungan wilayah Indonesia.

Dan tas dengan ransel dalam juga memiliki bobot yang lebih ringan selain pastinya lebih kuat karena terbuat dari serat karbon atau plastik khusus yang nyaman saat diletakkan di balik punggungmu.

Sebagian besar beban yang kamu bawa akan menekan bagian pinggang dan otot bahu secara kuat sehingga kamu akan lebih baik untuk memilih strap/tali ransel yang memiliki busa khusus. Busa ini haruslah cukup tebal dan kokoh sehingga dapat mendukung beban dan mendistribusikannya ke bagian tubuh yang lain.

Tali bahu dan pinggang haruslah dapat diatur dengan mudah sehingga kamu dapat mengikatnya cukup rapat dengan tubuhmu. Ini akan berpengaruh pada kenyamanan saat kamu travelling nanti.

Apakah ukuran ransel penting?

Salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan kepada Backpacks Asia adalah tentang ukuran ransel. Semua orang ingin tahu berapa ukuran yang paling bagus untuk mereka. Sekali lagi saya perjelas, tidak ada ukuran yang lebih baik dari pada ukuran yang lain.

Yang paling penting adalah ransel yang harus kamu beli itu cocok dengan tubuh kamu, dan bisa jadi ransel yang cocok berukuran 40 liter atau 60 liter. Jika ranselmu terlalu besar atau terlalu kecil, beban ransel tidak dapat tersalurkan secara proporsional dan akan mengakibatkan sakit di bagian pinggangmu atau bahkan bisa membuatmu jatuh saat menanjak dan menuruni bukit.

Yang penting adalah ransel yang memiliki sedikit ruang lebih saat kamu menempatkan seluruh barang yang kamu bawa untuk travelling. Jika sebuah ransel memuat semua barang yang kamu butuhkan, memiliki sedikit saja ruang kosong untuk peralatan lain, dan nyaman saat dipakai, maka ransel itu memiliki ukuran yang pas sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Pabrik pembuat ransel juga sudah mengeluarkan ukuran pinggang dan ukuran lingkar dada yang tepat sesuai dengan yang kamu butuhkan, namun saya menyarankan kamu untuk mencoba ransel tersebut secara langsung terlebih dahulu.

Saat kamu berada di toko ransel, mereka pasti akan memiliki contoh beban seberat 15 kilogram untuk dimasukkan ke dalam ransel sehingga kamu dapat merasakan kenyamanan di saat mengangkat beban tersebut.

Sangat penting untuk mengingat ini: semakin besar tas yang kamu bawa, semakin sulit untuk dapat kamu bawa-bawa ke kabin pesawat. Setiap bagasi yang diperbolehkan kebanyakan memiliki ukuran sebesar 56 cm x 36 cm x 23 cm, di mana sudah termasuk pegangan bagasi dan juga roda. Jika tas yang kamu bawa masih lebih kecil dari ukuran tersebut, biasanya dapat diloloskan tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut.

Berapa banyak budget untuk satu ransel?

Harga ransel banyak bergantung pada ukuran, material bahan dan juga merek dari ransel tersebut. Tas carrier kebanyakan berada di rentang Rp 450 ribu sampai Rp 6 juta. Untuk kriteria seperti kita bahas tadi, juga banyak dijumpai pada ransel dengan harga Rp 800 ribu, namun jika kamu memiliki budget lebih, akan lebih baik untuk membeli ransel dengan harga Rp 3 juta.

Jika harga sebuah ransel sudah mencapai Rp 4 juta, saya agak tidak setuju karena biasanya ransel dengan rentang harga seperti ini akan memiliki ukuran yang lebih besar, lengkap dengan peluit keamanan, busa tambahan dan material lainnya yang sebenarnya dengan budget Rp 3 juta saja saya yakin sudah cukup memuaskan dan memberikan kebutuhan kamu.

Membeli sebuah ransel untuk perjalanan kamu akan menghabiskan banyak waktu dalam memilihnya, karena kamu juga harus mengetes banyak ransel yang benar-benar pas dengan punggungmu.

Dengan mengikuti banyak aturan yang kita bahas sebelumnya, seharusnya akan memberikan pencerahan dan inspirasi bagi kamu untuk memilih ransel gunung yang paling cocok. Semoga ransel kamu dapat bertahan lama sampai 8 tahun seperti milik saya juga sahabat traveller.