Matematika merupakan mata pelajaran wajib dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Disisi lain masih banyak siswa menganggap matematika menjadi mata pelajaran yang paling ditakuti, karena matematika pelajaran yang sulit. 

Padahal, belajar matematika bisa sangat bermanfaat dalam kehidupan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita terus berlatih perhitungan matematika dasar tanpa menyadarinya. Perhitungan uang kembalian setelah berbelanja, perhitungan yang letak rumah, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan belajar matematika juga sangat melatih otak untuk berfikir secara logis dalam memecahkan suatu permasalahan, dan juga melatih kecermatan dan ketelitian. Lalu bagaimana cara jitu untuk belajar matematika ?

Berikut ini cara jitu belajar matematika agar dapat membangun rasa ingin tahu dan semangat dalam pelajaran matematika:

1. Mengubah Pemikiran atau mindset bahwa matematika itu sulit dan membosankan 

Singkirkan pemikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan karena dinilai abstrak. Sangat penting untuk mengubah pola pikir Anda dan meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu sederhana dan mudah dipahami. 

Saran-saran positif tentu memotivasi saya untuk belajar matematika, dan saya tidak mudah menyerah ketika menemukan mata pelajaran yang sulit. Juga, jangan lupa bahwa Anda perlu belajar matematika juga, karena sebagian besar aspek kehidupan menggunakan matematika sebagai dasar.

2. Buat suasana belajar menjadi menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman pasti akan meningkatkan konsentrasi Anda saat belajar matematika. Temukan suasana baru di kedai kopi, perpustakaan, ruang kerja bersama, atau bahkan belajar di luar ruangan. 

Jika tidak bisa keluar rumah, Anda bisa meningkatkan semangat belajar dengan membuat kamar dan meja belajar Anda serapi dan senyaman mungkin.

3. Pahami rumus, bukan menghafal rumus

Banyak orang merasa sulit mengerjakan matematika karena mereka menghafal rumus dan tidak memahami rumus. Dengan mencoba memahami rumus tersebut, otak Anda akan berpikir dan mengetahui bagaimana Anda mendapatkan rumus tersebut, sehingga dapat memahami dan menemukan solusi meskipun jenis masalahnya dibalik. 

Jika Anda paham akan rumusnya dan akar dari permasalahan yang ingin Anda selesaikan pasti Anda dapat menyelesaikan/memecahkan permasalahan matematika yang ingin Anda selesaikan.

4. Buat catatan rumus dengan rapi dan jelas

Cara jitu keempat adalah menuliskan rumus dengan rapi dan jelas di buku catatan favorit Anda. Ada penelitian yang menyatakan bahwa mencatat dapat melatih daya ingat karena materi yang diperoleh diolah menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri. 

Proses pembelajaran yang sukses bisa dibilang lebih efektif karena tidak perlu membolak-balik halaman. Untuk membuat catatan Anda lebih indah dan menarik secara visual, Anda dapat menggunakan spidol atau stabilo warna-warni, stiker atau gambar yang sesuai, dan font yang menarik di awal judul.

5. Selalu mencoba mengerjakan soal dengan teratur

Memahami materi saja tidak cukup untuk secara aktif menangani masalah matematika. Hal ini karena Anda harus secara teratur mengerjakan pertanyaan sampel, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Memecahkan masalah beberapa kali memungkinkan Anda untuk berlatih memecahkan masalah yang berbeda untuk formula tertentu.

Selain itu, Anda dapat melihat seberapa baik Anda memahami materi yang Anda pelajari. Berlatih dan memecahkan banyak masalah sering akan memastikan bahwa Anda siap dengan menyelesaikan permasalahan hidup. berhentilah mengeluh atas banyaknya soal dan mulai mengerjakan. kita harus aktif melatih kemampuan kita menyelesaikan masalah, agar ketika bertemu masalah apapun kita dapat menyelesaikannya dengan baik.

tipsnya adalah mengerjakan tugas saat pelajaran masih segar dalam ingatan, misalnya tugas langsung dikerjakan saat setelah kelas atau di hari yang sama. kerjakan dengan detail, perlihatkan setiap langkah penyelesaian masalah yang kamu lakukan.

6. Cari trik untuk mengerjakan soal

Matematika biasanya merupakan mata pelajaran yang malas karena proses perhitungannya yang rumit dan memakan waktu. Sebenarnya, ada cara mudah untuk belajar matematika dengan mengetahui banyak trik berhitung cepat yang bisa Anda praktikkan untuk mempermudah proses berhitung. 

Ada banyak jenis trik seperti ini, mulai dari menghitung perkalian dan pembagian menggunakan tangan dan tabel hingga menghitung permutasi. Temukan banyak tips menghitung seperti ini dari guru matematika Anda di sekolah atau online.

7. Jangan takut salah

hal yang membuat matematika terasa sulit adalah takut salah. dalam pembelajaran matematika siswa sering sekali merasa takut karena bisa mendapatkan nilai yang tidak memuaskan atau akan dimarahi oleh orang tua atau orang-orang di sekitarnya.

dengan memperbaiki kesalahan Anda akan mengalami pengalaman langsung pembelajaran yang memberikan pengalaman lebih. di mana kesalahan dan solusinya akan terus diingat dibanding dengan hanya mengerjakan soal dan meniru contoh yang benar.

8. Jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman

Saat menghadapi masalah soal yang rumit, jangan menghadapinya sendiri atau merasa stres. Ketika Anda menemukan pertanyaan yang macet, selalu ada solusi untuk bertanya kepada guru Anda atau mendiskusikannya dengan teman Anda untuk mendapatkan saran dan solusi baru untuk masalah yang sebelumnya tidak diketahui.

Nah, beberapa trik dan tips di atas semoga dapat membantu Anda untuk memotivasi dalam belajar matematika.