Akhir-akhir ini sering kali beredar isu-isu panas di Indonesia. Ada beberapa kali isu yang menyebabkan internet diblokir dan membuat kita kesusahan dalam berkomunikasi. Mungkin kita bisa belajar dari demonstran Hongkong yang memanfaatkan mesh teknologi.

Demonstrasi di Hongkong sudah berlangsung beberapa bulan. Mereka menolak peraturan perundang undangan yang membuat warga Hongkong bisa diekstradisi ke Cina. 

Dalam perjalanannya, kebanyakan demonstrasi menjadi kreatif karena banyak demonstran yang berasal dari pemuda dan mahasiswa. Mulai dari cara menjinakkan gas air mata, memakai payung saat demo, menggunakan laser agar tidak dikenali CCTV, demontrasi tanpa pemimpin, dan menggunakan aplikasi Bridgefy, yaitu aplikasi kirim pesan tanpa menggunakan jaringan telepon dan internet. 

Hal ini mereka lakukan karena pemerintah Cina sering menyadap pesan mereka lewat we chat, bahkan mematikan akses telepon dan internet di tempat sekitar mereka demo.

Menurut artikel Forbes ini, kenaikan download aplikasi Bridgefy sekitar 3685% saat demonstrasi di Hongkong. Aplikasi ini bisa menghubungkan orang satu kota hanya dengan jaringan Bluetooth saja. Hal itu bisa terjadi berkat adanya Mesh Network. 

Mesh networking (topology) adalah salah satu jenis jaringan di mana setiap node di jaringan tidak hanya menerima atau mengirim data miliknya, tapi juga berfungsi sebagai relay untuk node yang lain. 

Yang artinya, HP pemakai bridgefy bukan hanya berfungsi menerima atau mengirim pesan, tapi juga buat pemancar untuk menyampaikan pesan orang lain karena terbatasnya jangkauan jaringan bluetooth tanpa bisa membaca pesannya kecuali si penerima karena pesannya telah dienkripsi.

Menurut penjelasan dalam website bridgefy juga bisa digunakan untuk menyebarkan informasi dari internet ke bridgefy node atau bridgefy node ke internet asalkan salah satu hp pemakai bridgefy terhubung dengan internet. Hal ini bisa dimanfaatkan misal seperti saat demo di Jakarta bulan Mei kemarin akses internet di Jakarta kota banyak yang terhambat maupun diblok.

Misal ada salah satu pemakai bridgefy yang berada di luar radius pengeblokan, maka hp tersebut dapat menyebarkan informasi dari internet ke pengguna bridgefy lain yang berada di dalam kota walaupun pengguna bridgefy di dalam kota hanya memakai bluetooth saja.

Bridgefy juga dapat menyimpan pesan terlebih dahulu ke hp yang memakai bridgefy sampai pemakai hp tersebut cukup dekat dengan pengguna bridgefy lainnya untuk diteruskan ke node bridgefy maupun ke orang yang tertuju asalkan sudah terdapat dalam range jangkauan bluetooth. 

Hal ini sangat bermanfaat karena mungkin pada tahap awal hanya sedikit orang yang mengetahui aplikasi ini, sehingga kadang pesan membutuhkan beberapa relay untuk sampai ke orang yang dikirim pesan. 

Teknologi ini lebih maju daripada teknologi radio yang harus menggunakan pemancar yang lebih kuat apabila ingin menyampaikan pesan lebih jauh. Dengan bridgefy, kita bisa menyimpan dulu pesan orang lain di hp kita dan melakukan perjalanan secara fisik sampai cukup dekat dengan pemakai bridgefy yang dituju maupun node lain yang mungkin lebih dekat kepada orang yang dituju.

Bridgefy juga bisa digunakan untuk mem-broadcast pesan secara massal ke semua orang di kontak yang memakai bridgefy maupun ke semua pemakai bridgefy di sekitar radius. Hal ini sangat berguna ketika mengoordinasi sebuah demonstrasi maupun untuk memberitahu kawanan untuk memberikan informasi dari depan maupun belakang barisan. 

Selain demonstrasi, hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membroadcast iklan maupun info kecalakaan maupun penutupan jalan, atau saat konser di mana biasanya jaringan tidak lancar karena terlalu banyak orang yang memakai.

Bridgefy memiliki teknologi yang bisa digunakan untuk membagikan posisi pengguna kepada pengguna lain. Teknologi ini bermanfaat untuk meminta pertolongan saat kondisi darurat, misal internet dan jaringan telepon mati dan terjadi bencana alam bisa digunakan untuk memberikan lokasi yang presisi kepada anggota penyelamat atau bisa dilakukan broadcast lokasi titik kumpul saat akan mengadakan suatu pertemuan dalam skala besar.

Hp android maupun apple bisa digunakan untuk memakai aplikasi bridgefy ini karena aplikasi ini berjalan di dua operation system tersebut. Ini memudahkan semua orang tanpa khawatir bisa menggunakan aplikasi ini dengan konsumsi batere yang irit karena menggunakan Bluetooth yang lebih hemat daya dibandingkan internet dari jaringan provider.

Kalau Anda tidak suka bridgefy atau mau punya cadangan aplikasi seandainya aplikasi bridgefy diblok dari google playstore maupun appstore, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi lain yang berfungsi mirip bridgefy, antara lain: Briar, FireChat, The Serval Mesh, Smart Mesh, Nick Ego, Signal Offline Messenger, Yo! dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Semoga di masa depan lebih banyak lagi aplikasi bersifat terdecentralized dan antisensor seperti bridgefy ini, mungkin dalam bentuk seperti Twitter, Facebook, Youtube maupun aplikasi transaksi keuangan seperti bitcoin dengan memakai mesh network sehingga pemerintah tidak membatasi hak warganya dalam bersuara dan mendapatkan berita maupun bertransaksi.