Hallo Sobat garden, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik dan sehat-sehat ya...

Sobat garden, kira-kira masih ingat nggak nih saat awal-awal masa pandemi? Masa dimana pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang harus ditaati oleh masyarakat guna pencegahan penularan wabah Covid-19. Beberapa kebijakannya diantaranya yaitu aktivitas yang harus dilakukan dari rumah, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan protokol kesehatan lainnya.

Kalau diperhatikan, saat itu berkebun adalah kegiatan positif yang menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi waktu luangnya, baik dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua. Banyak orang yang semula tidak suka berkebun tiba-tiba menjadi gemar menanam berbagai jenis tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman pangan. Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam untuk memberikan kesan keindahan dan kecantikan. Sedangkan, tanaman pangan adalah tanaman yang ditanam untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan manusia, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kira-kira itu hanya sekadar tren atau masih menjadi hobi yang tetap ditekuni masyarakat ya, Sobat? Kalau saya perhatikan, di daerah saya masih banyak orang yang tetap melakukan kegiatan ini. Begitu pun dengan ibuku, beliau selalu rajin menengok tanaman-tanamannya. Walaupun, kadang hanya untuk menyiram tanaman atau memotong daun-daun yang sudah kering. Sebenarnya apa sih manfaat yang kita dapatkan dari berkebun? Eits tenang sobat, berkebun itu banyak manfaatnya. Jadi, tidak hanya sekadar kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. Beberapa manfaatnya yang kita dapat dari berkebun sebagai berikut.

Pertama, berkebun sebagai sumber kebahagiaan. Siapa sih yang nggak bahagia melihat tanamannya berbuah banyak, berbunga warna-warni, dan tentunya tumbuh dengan sehat. Banyak sekali jenis tanaman hias yang ada saat ini, mulai dari tanaman yang daunnya bermotif hingga tanaman yang berbunga warna-warni. Jika tanaman-tanaman itu dirawat dan ditata dengan rapi dapat memberikan kesan indah pada pekarangan rumah. Tidak hanya memberikan kesan indah saja, tetapi juga akan membuat rumah terasa lebih asri dan sejuk. Dengan begitu, dapat membuat suasana hati kita senang dan lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Dengan kita melihat banyak tanaman hijau, maka pikiran kita akan lebih positif dan jauh lebih produktif.

Kedua, berkebun bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tanpa kita sadari bahwa menghirup udara segar di pagi hari dapat membuat pikiran menjadi terasa rileks dan lebih santai. Sambil berkebun kita bisa sekaligus berjemur di bawah paparan sinar matahari karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang dan imun tubuh. Kegiatan sederhana seperti menanam tanaman, menyirami tanaman merupakan sebagian kecil dari kegiatan berkebun yang dapat meningkatkan kebugaran pada tubuh karena tubuh lebih sering bergerak dan mengeluarkan keringat, juga dapat membakar kalori pada tubuh.

Ketiga, berkebun dapat menambah pengetahuan. Dengan berkebun, mau tidak mau mendorong kita untuk mencari berbagai informasi mengenai tanaman yang kita tanam, seperti jenis tanaman yang kita tanam, cara merawat tanaman yang kita tanam, tempat yang cocok untuk tanaman yang kita tanam, manfaatnya, pantangan-pantangannya, dan lain-lain. Kita bisa dapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber dengan mudah. Salah satuya yaitu melalui internet. Kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi tersebut melalui buku-buku mengenai berkebun. Tanpa kita sadari pengetahuan kita telah bertambah.

Keempat atau untuk yang terakhir, berkebun sebagai solusi sumber pangan bagi keluarga. Sumber pangan yang diperoleh dari hasil berkebun sendiri adalah suatu kebahagiaan tersendiri. Walaupun, harus menunggu sedikit lama untuk masa panen. Tetapi, kita juga bisa menanam tanaman jangka pendek yang hanya membutuhkan watu kurang lebih sebulan untuk masa panen dan biaya yang tidak cukup besar misalnya cabai, sawi, kangkung, bayam, dan lain-lain. Dengan menanam sayur-sayuran dan buah-buahan sendiri, kita bisa mendapatkan sumber pangan yang segar dan terjamin kualitasnnya. Juga dapat mengurangi belanja harian. Apalagi, saat harga sayur-sayuran dan buah-buahan sedang melonjak. Kita juga dapat berbagi hasil panen kepada saudara, teman, atau tetangga sehingga berkebun tidak hanya menjadi solusi mendapatkan sumber pangan tetapi juga sumber pahala.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang diperoleh dari berkebun, mulai dari sumber kebahagian hingga sumber pangan, apakah sobat jadi tertarik untuk berkebun? Semoga berkebun ini tidak berhenti sebagai tren saja ya, melainkan  sebagai kegiatan atau hobi yang tetap ditekuni oleh masyarakat yang membawa banyak manfaat. Berkebun ini tidak harus dilakukan di lahan yang luas, tetapi bisa di pekarangan rumah yang luasnya terbatas tanpa harus menanam di tanah secara langsung. Melainkan, bisa dengan menggunakan pot plastik, keranjang plastik, polybag, barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai yang dihias supaya lebih menarik dan lain-lain. Salam semangat berkebun, Sobat garden!