Al-Azhar Cairo PLG
2 bulan lalu · 111 view · 3 menit baca · Kesehatan 77985_60614.jpg

Buah Kecil Manfaat Besar

Di zaman sekarang, kebanyakan orang mengonsumsi obat herbal demi menciptakan sebuah lekuk tubuh yang sempurna. Namun, tanpa kita sadari hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan kita. Tahukah anda bahwa ternyata ada sebuah makanan kecil/ringan yang sangat mudah dijumpai dan bila dikonsumsi tidak mengganggu kesehatan dan tetap menjaga bentuk badan tetap ideal?

Makanan yang dimaksudkan ialah Blueberry. Ya, Bluberry merupakan salah satu buah yang banyak mengandung anti oksidan, vitamin C, serat, mineral dan masih banyak lagi. 

Blueberry sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya kesehatan. Untuk itu, kita harus dan wajib mengetahui apa saja manfaat buah bluberry bagi kehidupan sehari-hari terutama di bidang kesehatan. 

Blueberry berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Ada sekitar 50 spesies blueberry, baik yang ditanam maupun tumbuh liar dengan berbagai varietas yang tumbuh di berbagai negara bagian di Amerika dan Kanada. Blueberry sekarang tersebar juga di Asia dan Australia.

Banyak orang hanya mengenal beberapa jenis buah berry, padahal keluarga buah berry terdiri dari beberapa jenis. Buah berry mengandung sejuta khasiat yang diperlukan bagi tubuh. Sayangnya kurangnya pengetahuan masyarakat akan jenis - jenis buah berry dan khasiatnya membuat buah ini kurang dilirik. 

Di Indonesia sendiri, buah beri yang dijual dalam bentuk segar adalah strawberry, sedangkan sisanya kebanyakan dijual dalam bentuk manisan, dried, atau frozen. Buah beri apa yang jadi favorit atau paling sering anda konsumsi? Jangan bilang cuma strawberry, karena ternyata buah beri ini ada banyak macamnya. Apa saja jenis buah beri? Berikut berita lengkapnya.

Strawberry adalah jenis buah beri yang paling sering dikonsumsi dan digemari di seluruh dunia, karena rasanya yang manis. Buah strawberry pertama kali ditemukan di Chilli, Amerika. Warna dari strawberry ini merah cerah dengan bentuk seperti segitiga terbalik dengan ujung tumpul, dan memiliki bintik-bintik hitam yang memenuhi bagian luarnya. 

Dagingnya padat dan berair, sehingga rasanya sangat segar. Dari segi nutrisi, buah strawberry mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan serat yang pastinya baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Blueberry merupakan jenis buah beri yang berasal dari negara Amerika Utara dan tumbuh di area sub-tropis. Bentuk dari blueberry ini bulat kecil dengan ciri memiliki mahkota di bagian ujung buahnya. Untuk warnanya sendiri sesuai dengan namanya, yaitu biru tua dengan rasa manis dan asam yang kuat. 


Selain rasanya yang enak, blueberry juga memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, blueberry juga rendah gula, jadi cocok dimakan sebagai camilan.

Blueberry bisa dimakan sebagai buah meja, dijus, diblender dengan buah lain, atau sebagai campuran es krim, kue, salad, sereal, yoghurt, es krim, panekuk, muffin, roti, taburan kue, atau dibuat selai, jelly, dan buah kering.

Buah ini pun termasuk salah satu buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hal ini dibuktikan berdasarkan studi penelitian, bluberry ternyata memiliki kandungan antioksidan lebih banyak ketimbang sayur dan buah. Selain itu bluberry juga dapat memperbaiki sel sel dalam tubuh.

"Blueberry mengandung paling tidak, 15 jenis antioksidan berbeda yang melindungi, tiap sistem di dalam tubuh," ujar ahli gizi Michelle Babb, penulis buku Anti-Inflammatory Eating Made Easy. 

Menurut Harju buah blueberry ini termasuk ke dalam salah satu makanan superfood. Superfood ialah sekelompok makanan yang kebanyakan termasuk sumber makanan nabati. Dan ternyata bluberry termasuk dalam salah satunya.


 "Disebut superfood karena tingginya kandungan senyawa polifenol, antioksidan dan anti radang yang bantu lawan demensia dan perbaiki suasana hati Anda," jelas Harju. Blueberry juga baik untuk penurunan berat badan. 

Namun walaupun ia menjadi bagian dari makanan superfood, tetap saja buah ini menjadi rekomendasi para ahli untuk mereka yang sedang ‘mengencangkan perut’ .


Sama seperti blueberry, raspberry juga berasal dari Amerika Utara dan cocok tumbuh di area sub-tropis. Raspberry  memiliki bentuk segitiga tumpul yang dipenuhi dengan bulatan-bulatan kecil berwarna merah yang bergerombol dan berongga di bagian tengahnya. Dari segi rasa, raspberry ini manis dan asam, tapi tidak sekuat blueberry.

Meski begitu, raspberry memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding blueberry. 

Raspberry kaya akan vitamin C, serat, zat besi, magnesium, dan juga kalium. Meski begitu, raspberry ini bisa memicu alergi, jadi sebelum mengonsumsi raspberry, pastikan kita tidak memiliki riwayat alergi ya.

Buah berbentuk lingkaran kecil dan berwarna unik ini memang tak begitu populer di telinga orang Indonesia. Padahal sebenarnya buah buahan ini menyimpan sejuta manfaat. Sepantasnya kita beralih dari obat-obat herbal ke sesuatu yang lebih alami. Karena pada kenyataannya, sesuatu yang dihasilkan secara alami  akan terlihat lebih natural serta awet. 

Artikel Terkait