Bangtan Sonyeondan atau terkenal dengan nama BTS adalah Boy Band yang berasal dari korea selatan dan memiliki anggota sebanyak 7 orang yang di bentuk oleh Big Hit Entertaiment. BTS resmi debut di korea selatan pada tahun 2013 dengan single “No More Dream”.

Nama grup yang semakin menjulang tinggi dan memiliki banyak prestasi tidak lain dari lagu-lagu yang mereka ciptakan. Setiap lagu yang mereka bawakan membuat banyak orang khususnya perempuan menjadi sangat terposana. Bukan hanya karena visual atau ketampanan mereka, namun lagu-lagu mereka yang memiliki arti sangat mendalam khusunya untuk anak muda.

Sekarang simak yuk, apa saja lagu BTS sebagai motivasi?

Lagu pertama yang termasuk memotivasi anak muda adalah “No More Dream”. Lagu ini di rilis pada tahun 2013. Berikut penggalan lirik dari lagu tersebut:

“Apakah itu kau, yang pernah kau impikan? Siapa yang kau lihat di cermin? Aku harus mengatakannya, Pergi ke jalanmu, Bahkan jika kau hidup untuk satu hari, Lakukan sesuatu, Singkirkan kelemahanmu”

Dalam arti lagu tersebut ditujukan untuk anak muda yang memiliki banyak mimpi tetapi, tidak melakukan apapun untuk mengejar mimpi itu. Anak muda yang selalu menganggap dirinya lemah untuk mengejar mimpi yang seakan-akan tidak akan terwujud. Lagu tersebut mendorong kita sebagai anak muda untuk mengejar mimpi kita yang tertanam tanpa rasa takut dan yang akan tumbuh dengan kerja keras.

Lagu kedua yang termasuk dalam memotivasi anak muda adalah “Tomorrow”. Lagu ini di produseri oleh salah satu anggota BTS sendiri yaitu Min Yonggi (suga). Berikut penggalan lirik lagu tersebut:

“jalan yang harus kulalui masih panjang, tapi mengapa aku berlari di tempat?, aku berteriak frustasi tetapi udara yang kosong menggema, aku harap hari esok akan berbeda dari hari ini, aku hanya berharap”

Dalam lagu ini BTS menyuruh kita untuk tidak menyerah dalam keadaan apapun. Mimpi yang terus berjalan namun tidak menemukan titik capai. Mengharapkan hari esok yang lebih baik dari sekarang. Lagu tersebut mengisyaratkan untuk kita yang ingin mencapai mimpi tapi tetap berdiam di tempat yang sama hanya karena taku mimpi itu gagal tetapi, BTS menyuruh kita untuk tidak menyerah.

Lagu ketiga yang memotivasi adalan “Intro: Never Mind”. Lagu yang juga di produseri oleh Min Yonggi (suga). Berikut penggalan lirik lagu tersebut:

“Apapun yang orang-orang katakan, aku hanya hidup sebagaimana yang aku inginkan, dipandu oleh keinginanku sendiri”

Dalam lagu ini sudah jelas bahwa kita sebagai manusia yang memiliki banyak mimpi atau keinginan terkadang banyak penghalang untuk kita meraihnya. Banyak orang yang meremehkan kemampuan kita apalagi seorang perempuan yang selalu di caci maki hanya karna mereka menempuh sekolah tinggi. Untuk kita semua yang bermimpi dan ingin mewujudkannya. Berusaha keraslah untuk dirimu sendiri dan katakan kepada orang-orang bahwa “saya berharga karena itulah saya meraih mimpi saya”.

Lagu keempat BTS yang dapat Memotivasi adalah “Dope”. Lagu ini yang paling hits pada tahan 2015 dalam album The Most Beautiful Moment”. Berikut penggalan lirik dari lagu tersebut:

“karena kami berapi-api. Lebih tinggi lebih tinggi. Aku harus mencapainya, aku harus mencapainya”

Dalam lagu ini mengisahkan tentang kita yang memiliki banyak tujuan dan harus mencapainya dengan kerja keras. Lagu ini menyuruh kita untuk tidak melepaskan mimpi kita dan harus berani untuk mencapainya. Mimpi yang ditanam dalam diri kita dan kita sendirilah yang harus menumbuhkannya.

Ada banyak lagu lainnya yang dapat memotivasi anak muda untuk meraih mimpinya dan tidak memperdulikan apapun yang dikatakan oleh orang lain. Semua orang memiliki mimpi yang berbeda-beda dan cara untuk mewujudkannya pun berbeda-beda.

Kita hanya perlu berani dan menunjukkan apapun kemampuan kita karena semua orang lahir dan memiliki kemampuan masing-masing. Apapun yang kita lakukan untuk meraih mimpi kita lakukanlah dengan jujur dan tidak merugikan orang lain.

Lagu-lagu BTS ini memiliki banyak target seperti anak SMP yang selalu kebingunan dalam memilih sesuatu dan emosi yang kurang stabil, untuk anak SMA yang sulit menentukan tujuan mereka, dan untuk Mahasiswa yang selalu merasa khawatir karena takut mimpi mereka gagal.

BTS mengajarkan kita untuk terus maju dan memilih mimpi kita sendiri. BTS juga mengatakan bahwa mencintai diri sendiri dan peduli kepada diri sendiri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kita selalu berfikir bahwa hidup ini berharga. Jadilah apapun yang kalian inginkan dan jangan pernah peduli dengan perkataan orang lain yang membuat kita lemah dan berpaling dari tujuan kita.

Dunia hanya bertahan sekali, karena itulah kita sebagai manusia berhak untuk melakukan apapun yang kita inginkan seperti meraih mimpi yang sejak kecil kita inginkan. Jadilah seseorang yang peduli terhadap orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Bagaimana dengan mimpimu? Apa yang kamu inginkan? Kejarlah itu dengan semangat.