Mahasiswi
1 bulan lalu · 91 view · 3 min baca menit baca · Kesehatan 20219_49415.jpg

Bola Mata Kuning, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata adalah salah satu dari lima indra yang ada di tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk melihat, maka ia dinamakan sebagai indra penglihatan. Setiap insan dianugerahi oleh Tuhan sepasang bola mata. 

Mata bersifat sangat sensitif terhadap benda-benda yang dapat mengganggu penglihatan. Mata hanya dapat melihat jika adanya cahaya. Namun cahaya juga akan menjadi pengganggu mata jika ia melebihi atau kurang dari kadar yang diperlukan oleh mata.

Mata memiliki beberapa bagian. Bentuk mata adalah bulat, sehingga yang terlihat pada wajah hanyalah bagian permukaannya saja. Setidaknya ada 13 komponen bagian mata yang tersusun. Yakni sklera, koroid, retina, bintik kuning, bintik buta, saraf optik, vitreous humor, lensa, aqueous humor, pupil, iris, kornea, dan otot mata.

Mata bekerja mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Melalui yang disebut dengan daya akomodasi, lensa mata mampu meneruskan informasi visual benda yang diterima retina menuju ke otak. Bahkan, mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna.

Karena mata merupakan organ yang paling sensitif manusia, maka mata sering kali mendapat berbagai macam masalah dan penyakit. Apalagi di zaman modern ini, sangatlah sulit untuk menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyebab yang menjadikan kesehatan mata berkurang tanpa disadari. Berikut faktor-faktor penyebab bola mata yang putih menjadi kuning:

1. Polusi

Polusi merupakan pencemaran lingkungan yang menyebabkan turunnya kualitas udara sehat. Bercampurnya udara dengan zat-zat ataupun energi yang jahat dapat mengancam kesehatan makhluk hidup.


Debu dan asap sangatlah mengganggu sistem pernafasan manusia. Bahkan tercatat sekitar tujuh juta orang meninggal karena polusi udara setiap tahunnya. Apa lagi mata yang merupakan indra sensitif manusia.

Mata yang terpapar debu atau asap akan merusak mata. Struktur debu yang kasar jika masuk ke mata maka sering kali kita menggosok mata. Namun ternyata reaksi tersebut adalah penyebab dari rusaknya bagian sklera mata sehingga mata menjadi kuning.

Walaupun asap memiliki struktur yang lebih halus, jika terpapar ke mata dapat pula menjadikan bola mata putih anda menguning tanpa anda sadari. Maka janganlah kerap langsung menggosok mata anda jika kemasukan debu atau asap.

2. Sinar Radiasi

Anda sering menggunakan HP/Smartphone, Laptop atau Komputer? Atau anda sering menonton TV? Kurangilah kebiasaan buruk anda tersebut. Banyak yang tidak tahu banwa hp, laptop, tv dan komputer memiliki radiasi yang tinggi yang dapat merusak mata.

Ketika anda sering menggunakan barang-barang tersebut, maka mata anda yang terpapar sinar radiasi tinggi akan mudah lelah. Dan akan merugikan anda dalam jangka waktu yang panjang.

Mata lelah akan sangat buruk bagi kesehatan mata tersebut. Karena dapat merubah warna mata anda menjadi kuning bahkan menjadikan mata sehat anda terkena penyakit rabun dekat ataupun jauh.

3. Kurang Tidur atau Stres


Mata menguning juga dapat disebabkan jika anda tidak cukup tidur atau anda sedang stres. Ketika seseorang sedang memiliki banyak fikiran atau stres maka akan mempengaruhi pola tidur mereka.

Ketika anda tidak cukup tidur, maka akan merusak fungsi hati untuk mebuang racun (toxin) yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, manusia harus menghindari begadang. Manusia normal harus tidur antara 7-8 jam dalam sehari.

4. Kurang Asupan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berguna untuk membentuk sistem penglihatan yang baik. Kekurangan vitamin A dapat merusak fungsi penglihatan mata. Vitamin A dapat ditemui pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati. Oleh karena itu, jika anda ingin menjaga kesehatan mata, maka cukupkanlah mengkonsumsi vitamin A sehari-hari.

5. Sering Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Bagi anda yang sering berada atau bekerja di luar ruangan, maka berhati-hatilah. Karena selain polusi mengganggu sinar matahari juga tidak bagus bagi kesehatan tubuh anda.

Selain kulit, mata juga berbahaya jika terpapar sinar ultraviolet dari matahari secara langsung, apalagi jika tidak pakai pelindung. Dapat menyebabkan sampai kepada kebutaan.


Jika bola mata putih anda sudah terlanjur menguning, berikut tips untuk kembali memutihkannya. Dengan menggunakan bahan-bahan berikut secara rutin, maka akan dapat mengembalikan warna putih pada bola mata anda:

1. Daun sirih

Ambil beberapa helai daun siri lalu bersihkan. Setelah itu rebus daun sirih sampai mendidih. Setelah mendidih salin air tersebut ke dalam sebuah wadah dan biarkan hingga ia dingin. Setelah dingin anda dapata meneteskannya ke mata anda. Untuk hasil maksimal, anda dapat mencelupkan mata anda ke dalam wadah yang berisi air daun sirih tersebut.

2. Jus kentang dan mentimun

Bersihkan kentang dan mentimun dengan takaran yang sama lalu blender sampai halus. Lalu kompreskan mata anda dengan jus kentang dan mentimun tersebut dengan menggunakan kapas. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel Terkait