Menulis bagian untuk menambah ilmu dan pengalaman yang terus mengalir. Terutama ide dan pikiran bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, tentunya berbagi juga kepada pembaca hasil karya tulis yang kita sajikan.

Dalam kegiatan menulis ada saat nya kita mengalami titik kejenuhan atau membosankan, itupun tergantung individu masing-masing dimana letaknya situasi jenuh dan bosan tersebut.

Kata bingung diatas adalah lebih kepada mengajak kepada semua pembaca bahwa pada dasarnya, menghadapi situasi bingung bisa dijadikan tulisan.

Banyak alasan yang menyebabkan bingung mau menulis tentang apa, bisa saja tidak ada waktu, kehabisan ide, sibuk bekerja, sibuk usaha atau bisnis, dan lain sebagainya.

Kebingungan terjadi karena tidak ada konsep dalam menulis, tidak ada tujuan, tidak ada kerangka atau outline tulisan, dan lainnya. Hal tersebut bisa dijadikan untuk membuat perencanaan atau catatan dibuku kecil, sehingga tidak ada yang membuat kita bingung dan membosankan.

Bila kita menentukan tujuan yang jelas dalam menulis baik setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali, pasti tidak mengalami kesulitan.

Beranekaragam tujuan orang menulis seperti memang hobi menulis jadi tiap hari mereka menulis, menulis menjadi mata pencaharian, menulis akan menghasilkan karya buku, atau memang pekerjaannya sebagai penulis seperti wartawan, jurnalis, dan lain sebagainya.

Fenomena dalam menulis biasanya takut tulisan banyak kesalahan, tulisan tidak enak dibaca oleh orang lain, tulisan putus ditengah jalan, takut ditolak media online, dan  banyak juga keraguan sehingga akhirnya tidak mulai menulis.

Solusi sederhana adalah coba menulis diganti dengan mencatat di smartphone atau dibuku masing-masing, karena persepsi menulis dengan mencatat akan berbeda. Persepsi menulis pasti ingin lebih bagus, menarik, dan enak dibaca.

Sedangkan persepsi mencatat adalah sama kegiatannya menulis juga namun untuk agenda pribadi dan tidak dilihat oleh orang lain, dengan demikian bila konsisten mencatat lama kelamaan bisa menjadi pintar menulis dengan asumsi catatan disalin menjadi tulisan.

Analisanya adalah untuk menyakinkan biar tidak bosan dan tidak bingung menulis, hendaknya ikut pelatihan menulis, mempunyai rekan atau sahabat literasi atau sesama penulis.

Mempunyai juga mentor menulis tempat bertanya bila ada kesulitan, group whatsapp atau telegram penulis untuk sharing dan minta feedback, dan lain sebagainya.

Bingung dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah "Hilang akal atau tidak tau apa yang akan dikerjakan".

Artinya bisa juga pemikiran loncat-loncat, mengerjakan yang lain sedangkan yang ini belum selesai, sudah mengerjakan yang lain, pikiran akan mengerjakan sesuatu namun tidak bergerak bahkan tidak dikerjakan, dan situasi lainnya.

Sisi lain bingung bisa dikatakan juga dengan ragu dan bimbang, sulit untuk memulai tulisan, kendala merangkai kata menjadi kalimat dan tulisan kurang bagus. Untuk memudahkannya agar tidak bingung, berikut solusinya :

Tentukan Tujuan Utama :

Tujuan merupakan magnet yang akan menggerakkan dan mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang hubungannya dengan menulis. Sama halnya seperti kita ingin mempunyai uang, pastinya mencari pekerjaan yang bisa menghasilkan uang.

Motivasi ini mengedepankan kita untuk terus menulis dengan menghasilkan karya tulis yang bermanfaat bagi pembaca atau orang lain. Sehingga apapun hambatannya dihadapi dengan enjoy, karena sudah mempunyai tujuan yang jelas.

Sisi lain tujuan utama bisa saja menghasilkan uang sebagai pendapatan bulanan, bisa juga kerja sama dengan media online yang setiap hari mendapat imbalan uang, dan lain sebagainya.

Tetapkan Kerangka Tulisan :

Kerangka tulisan atau outline sebagai landasan untuk tetap bertahan menulis. Membangun komitmen dan konsistensi dalam menulis dengan menentukan tema tulisan yang akan ditayangkan.

Buatkan program secara tertulis baik melalui buku, smartphone maupun laptop dengan isinya judul tulisan dalam jangka waktu tertentu. Bisa saja rencana tulisanya dalam satu Minggu, dua Minggu atau dengan waktu satu bulan.

Cara mudah mengukur adalah kembali ke tujuan utama bahwa pada dasarnya menulis itu harus ada rencana biar tema tidak melebar jauh. Yang paling penting judul tulisan didalam rencana membuat kita semangat untuk menulis setiap hari.

Kumpulkan Ide Brilian :

Menggali ide yang tersembunyi yang tidak dipikirkan oleh orang lain melalui kecerdasan dan memori otak. Hal ini bisa kita lakukan dengan menganalisa dalam setiap judul yang kita tulis, sesuai dengan kerangka tulisan.

Mencari ide tulisan dengan seluas-luasnya bisa melalui bacaan buku pavorit, nonton televisi, perjalanan hidup, lingkungan sekitar, dari media sosial, dan lain sebagainya.

Bisa juga menganalisa fenomena atau kejadian atau peristiwa tertentu seperti alam, hukum, politik, ekonomi, sosial, wisata, pendidikan, kesehatan, pemerintah, dan masih banyak yang lainnya bisa dijadikan gagasan yang cemerlang.

Dengan demikian mau menulis tentang apapun jika sudah mempunyai 3 poin atau solusi diatas. Tentunya lebih mudah mencari bahan untuk dijadikan tulisan. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi kepada semua pembaca.