Ini tentang kesuksesan.Ya, kesuksesan memang selalu menjadi parameter seseorang dalam menjalani kehidupan. Bila kita sering mengeluh karena tidak bisa sukses seperti “mereka” maka kita telah menutup pintu masuk menuju kesuksesan kita sendiri.

Lantas apa ukuran kesuksesan itu? Uang? Ataukan  segala yang berbau material lainnya?

Seringkali kita merasa mengapa mereka bisa tapi kita tidak. Hal ini dikarenakan kita salah dalam melihat bidang yang kita geluti dan mestinya kita kuasai. Kita seringkali mengekor ketika ada seseorang yang sukses di bidang tertentu yang malah dengan itu kita justru menjerumuskan diri kita sendiri dalam kegagalan.

Kita tidak mau melihat kedalam diri kita sesungguhnya sehingga kita tidak tahu kemampuan apa yang kita miliki untuk kita lakukan dan bisa berkontribusi terhadap orang lain dengan kemampuan yang kita miliki itu.

Kita salah menilai kemampuan diri kita, bahwa mereka yang sukses itu adalah orang orang yang memang ahli di bidangnya. Dan kita seringkali mengikuti jejaknya dengan jalan memilih bidang yang sama, sudah pasti kita hanya akan terus di belakangnya. Yang terjadi adalah keputusasaan yang mendera kita karena kesuksesan itu terasa jauh untuk kita  raih.

Hargailah kemampuan dan ketrampilan apa yang kita punya. Dan berusahalah untuk memasarkan yang kita punya agar bisa bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita.

Marilah mencoba untuk bersikap fair terhadap diri kita. Apa yang kita bisa dan apa yang kita mampu tentunya itulah yang membuat jalan kita untuk sukses. Tinggal kita apakah kita bisa mencari dan memanfaatkan itu untuk berguna pada orang lain.

Tentunya ada syarat syaratnya seseorang untuk sukses di bidang yang ia kuasainya, yaitu antusiasme (passion)   di bidang yang ia mampu serta komitmen untuk menggelutinya itulah syarat utamanya.

Tidak ada sukses yang dieroleh dari kebetulan belaka. Semua yang sukses adalah mereka yang memang ahli dan punya passion di bidangnya. Dan satu yang pasti kemampuannya atau ketrampilannya yang dimiliki itu berguna atau bisa dimanfaatkan banyak orang. Setidak tidaknya mereka adalah inspirasi berkat ketekunan dan kerja kerasnya.

Ada beberapacontoh orang orang sukses dengan bidang yang sama sekali tak terbayangkan orang misalnya sukses jadi tukang servis, jadi juragan pecel, jadi illustrator dan masih banyak bidang lainnya. Bob Sadino, Hermawan Kertadjaya, Chaerul Tanjung, Pak Puspo, dan Andrea Hirata, adalah nama nama yang berhasil mencari peluang di tengah bisnis mainstream yang ada.

Ada satu garis lurus yang sama di antara mereka bahwa mereka adalah orang orang yang Mencintai dan Menggilai bidang yang ia tekuni. Mereka semua mulai dengan rasa cinta pada kegiatan yang ia tekuni. Gairah yang luar biasa terhadap bidang yang ia pilih adalah kunci seseorang menjadi ahli.

Ada karena kecintaanya pada memasak membuat ia sukses dengan berjual makanan. Pada awalnya mereka tidak berfikir bahwa apa yang mereka lakukan akan berhasil, tapi kecintaan itulah yang membuatnya bertahan karena mereka melakukan apa yang mereka suka.

Teringat apa yang dikatakan J.K Rowling, penulis Novel  Harry Potter, bahwa  kecintaan pembaca saat membaca novelnya tak bisa mengalahkan rasa sukanya saat menuliskannya. Ia bahkan mengatakan bahwa ia menulis itu untuk menghibur dirinya sendiri.

Seorang illustrator atau seniman lukis juga demikian mereka adalah para pecinta dan maniak dengan apa yang dilakukannya. Mereka tidak pernah berpikir bahwa lukisan atau gambarnya akan laku atau tidak tapi mereka terus menjalaninya dengan penuh gairah yang besar.

Mulailah  untuk melihat kemampuan sesungguhnya diri Anda, apa yang kamu bisa. Saya yakin bahwa setiap orang punya ketrampilan yang berbeda beda karena semua orang punya bakat bawaan yang berbeda pula.

Syarat utamanya adalah mencintai apa yang kita bisa dan tidak merasa kecil karena kemampuan kita tidak popular atau ngetren. Buatlah tren   dengan gairah yang besar untuk menjalaninya. Berbagilah baik cara maupun produk yang Anda punya dengan orang lain. Dengan berbagi kita bisa membuat apa yang kita punya dikenali lebih banyak orang lain.

Untuk menjadi sukses tak perlu harus mengekor atau mengikuti bidang yang sama dengan bidang yang membuat  kesuksesan orang lain tapi kita harus meneladani bagaimana cara mereka menggeluti bidangnya hingga bisa sukses seperti itu.

Di sinilah kita  bisa aplikasikan cara cara mereka ke dalam cara kita menggeluti bidang keahlian yang kita jalani.

Jalan kehidupan seseorang tak kan pernah sama namun satu yang pasti tujuan mereka dan kita adalah sama yaitu untuk memperoleh akhir yang baik dan bisa member manfaat pada orang lain. Bukankah kebahagiaan dan kesuksesan itu diukur dari seberapa besar kita dapat bermanfaat bagi orang lain.

Jalani bidang yang Anda geluti dengan antusias dan jangan pernah berputus asa. Dan selalu berusahalah untuk bermanfaat bagi orang lain dengan apa yang kita jalani. Itulah sebenar benarnya kesuksesan. Bagaimana?