Siapa dari kalian yang bangun pagi-pagi untuk menonton kartun di televisi supaya tidak ketinggalan? Siapa dari kalian yang tidak pernah bosan menonton kartun walaupun ada yang ceritanya diulang-ulang? Saya termasuk dari itu, bahkan saya bangun pagi hanya untuk menonton televisi waktu kecil.

Televisi mungkin merupakan media pengalih yang paling berkesan untuk membuang kepenatan. Ketika saya masih kecil saat masih taman kanak-kanak maupun sekolah dasar, saya adalah seorang fanatik televisi dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk duduk di depan televisi. Berikut ini beberapa tayangan kartun di televisi yang tidak boleh ketinggalan waktu kecil :

1. Avatar: The Legend of Aang

Kartun animasi Avatar: The Legend of Aang ini diciptakan oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko. Kartun ini menceritakan tentang seorang pengendali udara terakhir yang dapat menguasai atau mengendalikan empat elemen sekaligus yaitu elemen udara, air, bumi, dan api supaya bisa menghentikan kekejaman Negara Api. Orang tersebut adalah Aang yang dinobatkan sebagai Avatar. Selain dapat menguasai empat elemen, Avatar juga dapat berkomunikasi dengan arwah-arwah. Kartun tersebut kemudian menceritakan petualangan Avatar dan teman-temannya yaitu Sokka, Katara, Toph Beifong, Zuko, Appa, dan Momo. 

Kartun Avatar: The Legend of Aang di Amerika Serikat lebih dikenal dengan judul Avatar: The Last Airbender. Kartun ini pernah ditayangkan di televisi Indonesia yaitu di Global TV (sekarang GTV) tetapi sekarang sudah tidak pernah ditayangkan lagi.

2. SpongeBob SquarePants

SpongeBob SquarePants diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut. Animasi ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat. 

Kartun ini menceritakan spons laut berwarna kuning dan juga berlubang-lubang yang bernama SpongeBob SquarePants. SpongeBob tinggal dalam sebuah rumah nanas di kota Bikini Bottom di bawah lautan Samudera Pasifik. Karakter-karakter yang lain yaitu Squidward Tentacles (seekor gurita), Patrick (bintang laut merah muda), Tuan Krabs (pemilik Krusty Krab), Sandy (seekor tupai) dan lain-lain.

SpongeBob SquarePants adalah kartun yang sampai saat ini masih ditayangkan di televisi Indonesia. SpongeBob SquarePants pada awalnya ditayangkan di Lativi (sekarang tvOne) kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV (sekarang GTV) dan masih ditayangkan hingga saat ini.

3. Dora the Explorer

Dora the Explorer merupakan kartun animasi yang diciptakan oleh Chris Gifford, Valerie Walsh Valdes, dan Eric Weiner. Kartun animasi ini menceritakan petualangan seorang anak perempuan bernama Dora bersama dengan monyetnya bernama Boots. Keduanya menjelajah untuk membantu seseorang untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Mereka biasanya diarahkan oleh peta yang jika tidak digunakan disimpan di ransel Dora.

Selain peta, ransel Dora berisi berbagai hal yang diperlukan untuk penjelajahan mereka. Ada tokoh yang sering menghambat perjalanan Dora dan Boots yaitu Swiper, seekor rubah. Jika ia mendapat kesempatan, pasti untuk mengambil hal-hal yang diperlukan Dora pada saat penjelajahan.

Animasi ini sangat dianjurkan untuk anak kecil karena akan menambah pemahaman dan informasi dari setiap penjelajahan Dora. Kartun ini pernah ditayangkan di Global TV (sekarang GTV) namun sekarang penayangannya sudah dihentikan.

4. Doraemon

Kartun animasi Doraemon dikarang oleh Fujiko F. Fujio. Kartun animasi ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari Nobita yang pemalas dan robot kucing dari abad ke-22 yang bernama Doraemon. Doraemon dikirim untuk membantu Nobita agar menjadi orang sukses dan tidak menyusahkan keturunannya di masa depan.

Doraemon memiliki sebuah Kantong Ajaib (Kantong Empat Dimensi) yang berisi alat-alat ajaib dari masa depan. Ketika Nobita mendapat masalah biasanya Nobita akan merengek-rengek kepada Doraemon untuk mengeluarkan sebuah alat ajaib yang bisa menyelesaikan masalah Nobita, tapi kadang-kadang Nobita menggunakannya untuk bertindak terlalu jauh dan mengacuhkan saran atau perintah Doraemon.

Tokoh-tokoh lain yang ada di animasi Doraemon yaitu Dorami, Shizuka Minamoto, Giant, Suneo Honekawa dan lain-lain. Kartun Doraemon saat ini ditayangkan di RCTI sampai sekarang. 

5. Chalkzone

Kartun animasi ini diciptakan oleh Bill Burnett dan Larry Huber yang diproduksi oleh Frederator Studios untuk Nickelodeon dan berasal dari Amerika Serikat. Kartun ini pernah ditayangkan di pertelevisian Indonesia seperti Global TV (sekarang GTV), NET TV, dan RTV.

Tokoh utama dalam kartun ini adalah seorang murid sekolah dasar yang bernama Rudy Tabootie. Rudy Tabootie memiliki sebuah kapur ajaib yang memungkinkannya masuk ke ChalkZone atau “Zona Kapur”. Semua gambar atau tulisan yang ditulis dengan kapur dan dihapus akan memasuki dunia kapur, di mana gambar akan hidup bergantung pada isi pikiran si penggambar. 

Rudy bisa memasuki dunia kapur karena ia memiliki kapur ajaib yang bisa menghubungkan antara dunia kapur dan dunia manusia. Kapur ajaib juga memungkinkan Rudy untuk menciptakan apa pun yang ia gambar jika ia menggambarnya di dunia kapur.

Saat berpetualang di dunia kapur Rudy bersama sahabatnya yang bernama Penny Sanchez dan juga makhluk berwarna biru yang Rudy ciptakan ketika Rudy berusia 8 tahun yaitu Snap. Tokoh-tokoh lain di kartun ini yaitu Biclops, Skrawl, Ratu Rapsheeba, Cranier, dan lain-lain.